3 Kerajinan Tangan dari Tali Rafia Putih

22 September 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667284062.jpg

Tali rafia putih tidak hanya digunakan untuk mengikat benda tertentu. Namun, bisa juga dikreasikan menjadi kerajinan tangan yang menarik. Hal ini tidak terlepas dari karakteristik tali rafia yang cenderung elastis sehingga mudah dibentuk. 

Selain itu, bahan bakunya pun kuat dan warnanya tak mudah pudar, apalagi jika kamu menggunakan tali rafia putih berkualitas baik dari Laksana Mas Agung. Memangnya, apa saja kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan tali rafia putih ini? Berikut inspirasinya untuk kamu!

1. Alas Piring Rafia

Kerajinan tangan pertama yang bisa kamu buat adalah alas piring rafia yang begitu unik dan cocok untuk mempercantik dapur rumah kamu. Lebih mudahnya, yuk, siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu!

Bahan dan Peralatan

Beberapa bahan yang wajib dipersiapkan untuk alas piring rafia di antaranya adalah:

  • Kain perca
  • Lem
  • Gunting
  • Tali rafia
  • Kertas karton

Cara Pembuatan

Jika semua bahan peralatan sudah siap, saatnya mulai membuat kerajinan ini dengan langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan kertas karton secukupnya, jangan lupa beri tanda titik besar pada bagian tengahnya.
  2. Oleskan lem di permukaan karton, khususnya yang telah ditandai atau dilingkari tadi.
  3. Mulai rekatkan tali menjadi satu lingkaran pada bagian atas karton. Ini bisa kamu mulai di titik tengah.
  4. Isilah kotak yang ada dengan lingkaran tadi.
  5. Ketika lem mengering, kamu bisa memotong sisa dari karton dengan mengikuti lingkaran
  6. Buatlah hiasan khusus menggunakan kain perca. Lalu, tempelkanlah pada lingkaran di tali rafia tadi.

2. Bunga Mawar Putih

Tali rafia putih pun bisa kamu jadikan sebagai kerajinan tangan bunga mawar putih. Bunga mawar biasanya identik dengan kecantikan dan keindahan. Pembuatan bunga mawar putih dari tali rafia pun tidaklah sulit. Berikut bahan dan langkah-langkahnya yang perlu disiapkan:

Bahan dan Peralatan

Sebelum membuat bunga mawar putih, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan, antara lain:

  • Tali rafia putih, kamu bisa menambahkan warna lain seperti merah
  • Gunting
  • Kawat atau batang kecil yang kuat dan fleksibel atau mudah dibentuk maupun disesuaikan
  • Lem yang memiliki daya rekat kuat

Cara Pembuatan

Dalam pembuatannya, ada dua langkah yang harus dilakukan, yakni membuat bunga dan tangkainya. Berikut tahapan yang perlu Anda ikuti:

  1. Ambil tali rafia, lalu potong setidaknya 1 meter dan buatlah salah satu ujung simpulnya.
  2. Sebarkan tali rafia dari tali yang sudah diikat ke bagian ujung tali.
  3. Lakukan peregangan, lanjutkan dengan mencubit simpul menggunakan ibu jari dan telunjuk, tekuk talinya. Usahakan dalam proses ini, kamu mempertahankan lebar tali. Gunakan pula jari manis dalam menahan lebar tali ketika kamu menekuknya.
  4. Gulunglah tali, bentuk lingkaran maupun membuat simpul tali. Gulung tali tadi hingga gulungannya berbentuk bunga mawar.
  5. Ikatlah tali tadi dengan tali yang digunakan sebelumnya. Lanjutkan dengan meletakkan bunga mawar tali putih dengan lidi atau batang yang fleksibel dan sudah dililitkan kulit pohon.

3. Topi Berumbai

Kerajinan tangan ketiga yang bisa kamu buat dengan menggunakan tali rafia putih adalah topi berumbai. Inspirasi kerajinan tangan ini adalah topi tradisional yang biasa digunakan oleh masyarakat adat di beberapa kawasan di Indonesia, salah satunya Papua. Cara membuat dan bahan yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

Bahan dan Peralatan

Untuk membuat topi berumbai ini, bahan dan peralatan yang perlu kamu siapkan sangat sederhana. Kamu bisa mendapatkannya di toko yang ada di sekitar rumah, di antaranya adalah:

  • Tali rafia warna putih dan warna lainnya untuk aksesoris.
  • Kain atau bahan dari goni.
  • Pita yang bermotif etnik, dengan panjang setidaknya 5 cm
  • Busa hati
  • Karet elastis dengan panjang sekitar 10 cm

Cara Pembuatan

Setelah semua bahan tersebut lengkap, kamu baru bisa mulai proses membuat kerajinan tangan topi berumbai dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Busa hati dipotong dengan ukuran sekitar 60 x 7.5cm.
  2. Begitu juga dengan bahan atau tali goni, dipotong dengan ukuran sekitar 60 x 5cm.
  3. Pita etnik dipotong menjadi dua bagian.
  4. Untuk membuat tali rumbainya, kamu bisa gunakan kulit pohon dengan panjang 70 cm. Kemudian, potonglah tali rafia hingga 35 cm. Potong dengan ukuran sama sampai mendapatkan 50-70 helai.
  5. Jika sudah selesai, kamu bisa menyusun pola topinya.
  6. Tempelkanlah tali rafia putih yang sudah dipotong tadi dengan lem tembak. Jumbai direkatkan ke busa hati, kemudian ditutup kain goni. Setelah itu, ditutup pita etnik.
  7. Pasang karet yang elastis di bagian belakang. Tujuannya agar nyaman saat dipakai. Ikatkan karet dengan pola simpul mati dan tempelkan pada busa hati bagian belakang. Lipatlah sedikit dan rekatkan.

Bagaimana, cukup mudah, bukan, membuat kerajinan tangan dengan menggunakan bahan utama tali rafia putih? Kini kamu bisa membuat berbagai kerajinan keren tersebut dengan tali rafia putih dari Laksana Mas Agung.

Tali rafia Laksana Mas Agung terbuat dari bahan baku yang kuat dengan warna tidak mudah luntur. Hal itu akan membuat kerajinanmu lebih awet, lho! Klik di sini untuk mengetahui berbagai produk tali rafia berkualitas premium dari Laksana Mas Agung!