5 Kerajinan Tangan dari Tali Rafia, Unik Banget!

17 Juni 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667195217.png

Siapa, sih, yang tidak tahu tali rafia? Bisa dikatakan tali rafia sudah menjadi barang yang erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Apalagi untuk mengikat benda-benda ringan, tali rafia sudah menjadi barang yang tidak asing lagi. Namun, tahukah kamu kalau tali rafia juga bisa menjadi kerajinan tangan?

Tali rafia adalah tali yang terbuat dari bahan plastik. Tali ini tak berbentuk benang sehingga tidak mudah putus. Idealnya, tali rafia digunakan sebagai pengikat sesuatu. Tak begitu banyak yang menyadari ada kerajinan tangan dari tali rafia. Kerajinan ini bisa saja kamu jual untuk pemasukan tambahan. Menarik, bukan? Yuk, simak cara membuat kerajinan dari tali rafia di bawah ini!

1. Kemoceng

Kerajinan dari tali rafia yang pertama adalah kemoceng. Kemoceng adalah alat pembersih rumah tangga yang sangat sederhana. Meski berukuran kecil, fungsinya dalam membersihkan debu tak perlu diragukan lagi. Alat pembersih ini biasanya terbuat dari kain, bulu, atau rafia. Kalau kamu memiliki alergi terhadap bulu, kamu bisa membuat kemoceng dari tali rafiamu sendiri!

Cara membuatnya pun sangat mudah! Kamu hanya perlu menyiapkan tali rafia secukupnya, batang kayu sepanjang 30 cm, gunting, sisir paku dan peniti. Setelah kamu menyiapkan alat dan bahan, kamu perlu memotong tali rafia sepanjang 20 hingga 30 cm. Buat seperti model rambut dan ikat dengan tali sepanjang 3 cm untuk pengikat kemoceng.

Siapkan kayu dan ikatkan dengan model rambut yang sudah kamu buat sebelumnya. Jangan lupa untuk merapikan bagian yang berantakan. Kamu bisa merapikannya menggunakan peniti agar serat rafia lebih halus.

2. Bunga

Kerajinan yang satu ini bisa digunakan sebagai pajangan di dalam rumah. Bahan dan cara membuatnya pun tak sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan gunting, kawat fleksibel atau batang, lalu siapkan rafia dengan warna berbeda. Misalnya, warna putih untuk kelopak dan hijau untuk daun.

Pertama-tama, kamu harus membuat bentuk bunga terlebih dahulu. Potong sepanjang 1 cm, lalu buat simpul tali di ujungnya. Buka dan renggangkan sampai ujung. Pegang dengan tangan kiri, lalu tekuk bagian yang dilebarkan. Tekan simpul dan buka sedikit bagian untuk membuat batangnya. Lipat dan putar bagian lebar, lakukan sampai habis. Beri tangkai dengan kawat yang sudah disiapkan dan bungkus dengan rafia hijau.

3. Topi papua

Pernahkah kamu melihat topi papua? Biasanya, topi ini berbentuk rumbai-rumbai. Jika kamu ingin berkreasi membuatnya, ternyata sangat mudah, lho! Siapkan tali rafia, gunting, dan juga jarum pentul untuk merapikan rumbainya nanti. Potong tali rafia menjadi 40-50 cm, buatlah sebanyak mungkin. Hubungkan setiap potongan dan ikat dengan tali lainnya. Rapikan dengan jarum yang sudah kamu siapkan agar seratnya lebih tipis. Lakukan terus sampai hasil maksimal.

4. Vas bunga

Kerajinan tangan dari tali rafia berikutnya adalah membuat vas bunga. Vas bunga ini bisa kamu sandingkan dengan bunga dari tali rafia yang sudah kamu buat.

Cara membuat vas bunga ini dibutuhkan ketelitian yang lebih, namun bukan berarti tidak mungkin. Persiapkan tali rafia, kertas duplex, bufalo, lem castol, dan juga gunting. Setelah itu, buat bingkai vas dari duplex. Jika kamu membuat vas yang besar, kamu perlu merekatkannya dengan lem castol. Penggunaan lem castol berbeda dari lem pada umumnya. Lem ini justru akan merekat kalau kering.

Setelah merekat, potong bufalo mengikuti pola yang kamu buat dengan kertas duplex tersebut. Potong kertas sesuai jumlah sisi. Pasangkan ke bingkai yang dibuat, kemudian lilitkan tali mengelilingi bingkai yang telah diikat dengan kertas bufalo. Saat melilitkan, kamu harus lebih teliti. Oleskan lem setiap kali kamu melilitkan anyaman. Setelah semua bagian sudah terlilit dengan tali rafia, maka vas bunga sudah selesai.

5. Dompet

Apa kamu sering merasa bosan dengan dompet yang itu-itu saja? Kamu bisa membuat dompetmu sendiri dari tali rafia, lho! Cuma dengan tiga bahan saja, yaitu rafia dengan warna pilihan, gunting, serta kertas. Gunakan tali rafia dan potong talinya sesuai dengan ukuran yang akan kamu inginkan, misalnya membuat dompet untuk ponsel sekitar 9 cm.

Ambil dua lembar kertas, lipat jadi dua, dan ikat menjadi beberapa petak atau sekop. Misalnya, ukuran dompet 9 cm kamu membutuhkan 33 petak. Hubungkan dua petak dengan dua kaki tali untuk petak baru sehingga ke-33 petak tersebut terhubung menjadi satu. Setelahnya, kaitkan sehingga menjadi satu dan membentuk dasar dompet. Potong sisa tali yang tersisa dan dompet pun sudah selesai.


Bagaimana? Menarik, bukan, membuat kerajinan tangan dari tali rafia? Gunakan tali rafia berkualitas agar kerajinan tanganmu tidak mudah rusak. Jika kamu membutuhkan tali rafia berwarna putih dengan kualitas baik, kamu bisa membeli Tali Mobil Putih di Laksana Mas Agung. Follow Instagram @laksanamas untuk tahu informasi lebih banyak mengenai tali rafia!