5 Tips Memilih Supplier Tali Rafia

22 September 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667287668.jpg

Bisnis tali rafia saat ini cukup diminati karena memiliki prospek bagus. Namun, untuk menjalankannya, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah memilih supplier yang tepat. Supplier dapat diartikan sebagai penyedia bahan baku untuk produksi, baik dalam bentuk perusahaan maupun individu.

Alasan mengapa perusahaan memerlukan supplier adalah untuk menjaga proses produksi sehingga ketersediaan barang terjaga dan berjalan baik. Buat kamu yang ingin mencari supplier tali rafia, ada baiknya simak lima tipsnya berikut ini.

1. Pastikan supplier menawarkan harga bersaing

Tips pertama yakni memastikan supplier menawarkan harga bersaing. Mengapa demikian? Harga bahan baku akan berpengaruh pula pada produk yang kamu tawarkan nantinya kepada pelanggan. Semakin tinggi harganya, produk yang dijual pun akan memiliki harga tinggi pula. Jika barang semakin mahal, bukan tak mungkin nantinya minat pelanggan semakin menurun.

Oleh karena itulah, pilih supplier yang menawarkan harga tepat. Selain itu, pastikan pula kamu sudah mempertimbangkan biaya dan harga lainnya. Misalnya biaya pengiriman dan transportasi, pemeliharaan barang, hingga pemeliharaan.

2. Cek kualitas produk

Selanjutnya, cek kualitas produk yang dimiliki oleh supplier. Bagi sebuah bisnis tali rafia, kualitas produk yang dijual kepada konsumen haruslah yang terbaik. Dari sini, bisa ditarik kesimpulan bahwa jika ingin produk terbaik, maka kamu pun harus mengecek juga kualitas produk dari supplier.

Jika kamu mendapatkan produk yang kurang baik dari supplier, ini tidak hanya mengganggu proses produksi. Lebih dari itu, kepercayaan pelanggan setia juga akan menurun. Apabila hal tersebut dibiarkan terus menerus, maka bukan tidak mungkin di kemudian hari pelanggan akan beralih ke kompetitor dan ini jelas akan merugikan bisnis tali rafia yang kamu jalankan.

3. Periksa konsistensi supplier

Saat mencari supplier tali rafia, jangan lupa mengecek seberapa konsisten penjual ini terhadap pelanggan mereka, terlebih jika kamu memerlukan tali rafia dalam jumlah banyak. Mengecek konsistensi supplier diperlukan untuk antisipasi jika sewaktu-waktu ada perubahan permintaan. Tak hanya itu, konsistensi juga bisa jadi tolok ukur seberapa cepat supplier dalam memasok bahan baku.

Ada sejumlah indikator untuk menilai apakah suatu supplier konsisten atau tidak. Misalnya saja dengan melihat ketepatan waktu pengiriman barang, kesesuaian produk yang diinginkan, jumlah produk, dan sebagainya. Sebab, jika tidak konsisten, hal itu akan menghambat proses produksi dari pelanggan. Akibatnya, distribusi dan aktivitas lainnya juga akan terkena dampaknya.

4. Kemudahan dalam mengakses produk

Supplier tali rafia yang baik biasanya akan memberikan kemudahan ketika pelanggan ingin melihat produk sampel. Hal itu untuk menjawab keraguan para pelanggan yang mempertanyakan kualitas produk, baik itu dari segi bahan baku yang digunakan maupun produk yang sudah jadi.

Cara lain untuk mengakses produk dengan mudah adalah dengan mengecek di website. Cobalah untuk mengecek website yang dimiliki oleh supplier tersebut dan cek pula barang-barang yang ditawarkan, termasuk spesifikasi produk, harga, hingga ketersediaan. Bila perlu, kamu dapat meminta katalog produk yang dimiliki. Mintalah penjelasan kepada supplier terhadap produk yang akan dibeli.

5. Ketersediaan layanan pelanggan

Selain hal-hal di atas, dalam memilih supplier bisnis tali rafia, pastikan ia memiliki layanan untuk pelanggan. Sebagai contoh, supplier wajib memiliki nomor yang bisa dihubungi untuk telepon maupun melalui layanan perpesanan, misalnya email dan WhatsApp.

Dengan adanya layanan tersebut, tentu akan memudahkan kamu untuk mengecek kondisi barang, menanyakan kapan barang yang akan dikirim, dan lain sebagainya. Begitu pula ketika ada keluhan atau masalah maupun ketidaksesuaian mengenai produk, kamu bisa menghubungi nomor tersebut untuk menanyakan permasalahannya. Semakin baik layanan pelanggan yang dimiliki, maka biasanya semakin baik pula reputasi suatu supplier.


Setidaknya lima tips di atas perlu kamu terapkan ketika memilih supplier tali rafia. Salah satu supplier tali rafia terbaik saat ini adalah Laksana Mas Agung. Dengan pengalaman lebih dari 40 tahun, Laksana Mas Agung terbukti sudah dipercaya oleh berbagai kalangan untuk penyediaan tali rafia dengan kualitas tinggi. Kekuatannya sudah tak diragukan, warnanya tidak mudah pudar, serta memiliki ukuran panjang yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Informasi lebih lanjut, bisa hubungi kami di sini!