6 Inspirasi Strategi Pemasaran Produk untuk 17 Agustus

15 Agustus 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1692341995.jpg

Bingung menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan produkmu? Kalau begitu, salah satu ide yang bisa kamu terapkan adalah mengaitkannya dengan perayaan yang sedang berlangsung. Misalnya saja, bulan Agustus nanti kamu bisa memulai kampanye marketing bertemakan kemerdekaan Indonesia. Memangnya, strategi apa saja yang cocok untuk merayakan HUT RI tersebut?

6 Contoh Strategi Pemasaran untuk 17 Agustus

Sebenarnya, ada banyak strategi marketing yang bisa kamu terapkan untuk merayakan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus nanti. Namun, agar kamu tidak bingung, berikut ini adalah beberapa contohnya:

1. Diskon spesial

Pertama, kamu bisa memberikan potongan harga atau cashback yang spesial untuk barang-barang tertentu. Barang yang mendapatkan potongan harga ini bisa berupa barang-barang yang umumnya dicari untuk merayakan kemerdekaan Indonesia. Contohnya adalah aksesoris atau produk fashion yang melambangkan kecintaan terhadap tanah air. Untuk yang memiliki toko online di e-commerce, kamu juga bisa memanfaatkan fitur flash sale untuk memberikan diskon ini.

Jika perlu, kamu juga bisa memberikan nominal diskon atau cashback yang unik. Misalnya saja, kamu bisa memberikan diskon sejumlah 17%, atau cashback Rp17 ribu. Tentu saja, kamu tetap harus mengutamakan keuntungan bisnismu daripada menggunakan angka unik tersebut.

2. Free gift dengan nominal pembelian

Ide marketing berikutnya yang bisa kamu terapkan adalah memberikan free gift pada setiap pembelian yang dilakukan pelanggan. Jika perlu, kamu juga bisa memberikan syarat berupa minimal nominal pembelian jika seseorang ingin mendapatkan free gift atau bonus tersebut. Bonusnya sendiri bisa kamu sesuaikan dengan budget yang tersedia, dan sesuai dengan kreativitasmu. Beberapa contoh yang gift yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi di antaranya adalah stiker, pin, atau bahkan voucher.

3. Gratis ongkos kirim

Untuk kamu yang mempunyai toko online, salah satu bentuk marketing yang cukup efektif adalah menawarkan gratis ongkos kirim pada pelanggan. Adanya program gratis ongkir ini pastinya akan membuat pelanggan lebih memilih untuk berbelanja di tokomu daripada di toko pesaing.

4. Voucher terbatas khusus 17 Agustus

Berikutnya, kamu juga bisa menerapkan strategi pemasaran berupa pemberian voucher terbatas untuk merayakan kemerdekaan Indonesia. Voucher ini bisa berupa potongan harga, cashback, atau bahkan gratis ongkir untuk barang-barang tertentu. Saat mengeluarkan voucher ini, gunakanlah jangka waktu yang sesuai dengan tujuan kampanyemu. Misalnya, kamu bisa membuat voucher ini hanya berlaku pada 17 Agustus saja, atau seminggu menjelang tanggal 17 Agustus tersebut.

5. Produk dan bundling spesial HUT RI

Bundling spesial kemerdekaan Indonesia juga bisa menjadi strategi pemasaran berikutnya untuk meningkatkan penjualan produkmu di bulan Agustus. Singkatnya, bundling adalah sebuah paket pembelian yang membuat pelanggan bisa lebih untung saat membeli paket bundling tersebut daripada harus membeli produknya satu per satu.

Saat merencanakan produk bundling, ada beberapa strategi yang bisa kamu terapkan. Misalnya saja, menggabungkan produk yang umumnya dibeli secara bersamaan, atau menggabungkan produk yang laris dengan produk yang kurang laku di tokomu.

6. Challenge khusus 17 Agustus

Ide marketing populer yang terakhir adalah mengadakan challenge untuk merayakan kemerdekaan Indonesia di media sosial. Misalnya saja, kamu bisa melakukan Instagram photo challenge yang mengharuskan peserta untuk mengunggah suatu foto terkait perayaan kemerdekaan Indonesia, dengan caption harapan untuk Indonesia ke depannya. Atau, kamu juga bisa membuat TikTok challenge yang mengharuskan peserta untuk merayakan kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan produk dari brand-mu.

Nantinya, kamu bisa memilih satu atau beberapa peserta dengan like terbanyak, atau yang kamu anggap untik untuk mendapatkan hadiah. Nah, hadiah ini sendiri bisa berupa hadiah langsung seperti barang elektronik dan produk dari brand-mu, atau voucher potongan harga dan cashback yang menarik.

Apapun strategi pemasaran yang akhirnya diterapkan, pastikan bahwa pelanggan benar-benar menangkap suasana kemerdekaan Indonesia dalam strategi tersebut. Misalnya untuk paket bundling, kamu bisa mengonsepnya dalam bentuk hampers, lengkap dengan berbagai macam aksesoris tematik seperti pita merah putih, atau serabut merah putih dari tali rafia.

Nah, kalau untuk aksesoris tersebut kamu membutuhkan tali rafia yang berkualitas tinggi dengan warna glossy, pakai saja tali rafia dari Laksana Mas Agung! Tidak hanya memiliki warna yang cantik, tali rafia ini juga diproduksi dari plastik daur ulang sehingga ramah lingkungan. Tertarik untuk membelinya? Kunjungi toko online Laksana Mas Agung di Shopee, Tokopedia, dan BukaLapak, atau website resminya, ya!