6 Life Hacks Menggunakan Tali Rafia, Bikin Hidup Kamu Lebih Mudah!

16 November 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1668560938.jpg

Apakah kamu pernah mendengar istilah ‘life hack’? Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, life hack adalah peretasan hidup. Life hacks ini sebenarnya merupakan sekumpulan tips cerdas untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. Namun, istimewanya adalah, kamu bisa menggunakan barang-barang sederhana di sekitar kamu yang mungkin tidak terduga. Kamu pun bisa jauh lebih hemat! 

Seperti halnya para hacker yang mampu memperkuat sistem informasi dan komunikasi, life hack sederhana menggunakan tali rafia berikut ini mampu mempermudah segala permasalahan di hidup kamu! Yuk, cek selengkapnya berikut ini!

1. Mengikat Plastik dengan Tali Rafia

Photo by Racoo_studio (Freepik)

Saat membuat es batu, biasanya kamu memasukkan air ke dalam plastik lalu mengikatnya. Namun, pernahkah kamu kesulitan mengikat plastiknya karena tidak ada sisa yang cukup panjang? Air yang sudah dimasukkan pun malah tumpah dan basah berceceran ke mana-mana. Beberapa orang akhirnya menggunakan karet gelang untuk mengikat plastiknya. Namun, bagaimana kalau tidak ada karet gelang sama sekali di rumah?

Kamu bisa coba trik life hacks mengikat plastik menggunakan tali rafia ini. Saat akan mengikat plastik, ambillah tali rafia yang cukup panjang. Masukkan ujung tali rafia ke dalam simpul plastik kamu. Kemudian, masukkan lagi ke lingkar simpul untuk pengunci.

Setelah itu, tarik tali rafianya. Voila! Plastik sudah terikat sempurna, rapi, dan ketat—tanpa karet gelang sama sekali! Bagi kamu yang punya usaha es lilin, es batu, es campur, dan sebagainya, wajib pakai life hacks ini!

2. Memperbaiki Sandal Putus

Photo by Freepik

Sandal lagi dipakai tiba-tiba putus memang merupakan momen yang bikin gemas banget! Tak perlu marah-marah dulu, kamu bisa memperbaikinya hanya dengan life hacks tali rafia saja. Agar lebih kuat dan menarik, buatlah kepangan dulu. Lalu, masukkan ujung-ujungnya ke lubang telapak sandal. Kemudian, bakar ujung-ujung simpul agar melekat kuat pada sandal.

3. Memotong Tali Rafia Tanpa Alat

Photo by M_photographer (Deposit Photos)

Pernah lihat kurir pizza yang memotong tali rafia hanya dengan satu hentakan tangan? Hal ini bisa terjadi bukan karena sang kurir yang sangat kuat, melainkan karena trik life hacks simpul tali rafia. Kamu pun bisa melakukannya, bahkan tanpa alat bantu sama sekali.

Cara memotong tali rafia tanpa alat adalah dengan membuat simpul pada tali rafia. Pertama, tekuk tali rafia tepat pada bagian yang ingin dipotong. Buat simpul, lalu pegang kedua ujung tali rafia masing-masing dengan tangan kanan dan kiri, lalu hentakkan dengan keras secara bersamaan.

Berkat kedua tarikan kuat yang bersamaan ini, tali rafia akan otomatis terputus dengan sendirinya pada bagian simpul yang sudah kamu buat tadi. Rahasia para kurir pizza jadi terbongkar berkat life hacks ini!

4. Memperkuat Tali Rafia

Photo by Needpix

Tali rafia adalah jenis tali yang solid dan kokoh. Apabila dikepang atau dipelintir, talinya pun jadi lebih kuat dan mampu menahan beban yang lebih berat. Nah, kamu tidak perlu capek-capek memperkuat tali rafia menggunakan tangan secara manual. Kamu bisa memanfaatkan bor listrik yang ada di rumah.

Caranya, cukup kaitkan salah satu ujung rafia pada paku, sedangkan ikat ujung lainnya pada tiang atau pegangan pintu. Masukkan paku ke tempat mata bor, lalu nyalakan bornya. Selesai dalam hitungan detik!

5. Membuat Jemuran dari Tali Rafia

Photo by Pxhere

Di musim hujan seperti ini, jemuran jadi susah kering. Pakaian yang kemarin belum kering, cucian hari ini sudah harus dijemur. Aduh, repot, ya! Daripada kebingungan, kamu bisa membuat sendiri jemuran baju hanya dari tali rafia! Life hacks ini juga bisa kamu terapkan kalau rumah yang kamu tempati tidak ada fasilitas jemurannya!

Yang kamu butuhkan hanya tiga utas tali rafia dengan warna apa pun. Simpulkan tali rafia tersebut satu sama lain di salah satu ujung. Buat ketiga tali menyatu dengan cara yang sama saat mengepang rambut. Lalu, kaitkan talinya pada penyangga yang kuat. Selesai sudah! Panjangnya bisa kamu sesuaikan sendiri dengan kebutuhanmu, ya.

6. Menempel Colokan dengan Tali Rafia

Photo by Pxhere

Life hacks tali rafia berikutnya ini wajib banget kamu coba kalau posisi colokan di rumah sangat tidak strategis. Terkadang, ada colokan yang terlalu tinggi atau jauh dari meja. Akibatnya, kamu harus menambah kabel olor agar mudah dijangkau.

Nah, agar posisi kabel ini rapi, teratur, dan tidak mengganggu, kamu bisa ‘tempelkan’ kabel olornya menggunakan tali rafia dan klip. Pakai seutas tali rafia dengan panjang secukupnya. Ikatkan pada klip, lalu simpul dengan kuat. Selesai!

Tali rafia ternyata bisa dimanfaatkan untuk life hacks segala hal, ya! Maka dari itu, pastikan kamu selalu sedia tali rafia berkualitas baik yang bisa kamu dapatkan di Laksana Mas Agung! Laksana Mas Agung menyediakan beragam jenis tali rafia berkualitas dan berbahan kuat. Sangat cocok untuk life hack sederhana anti-boros seperti di atas! Laksana Mas Agung sudah ada di Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia juga, lho! Yuk, buruan beli!