6 Tempat untuk Donasi Baju Bekas yang Layak

15 Maret 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1678874381.jpg

Bulan suci Ramadhan adalah waktu yang paling tepat untuk menambah amal baik. Salah satu bentuk amal yang bisa dilakukan adalah dengan mendonasikan barang-barang yang tidak terpakai, misalnya saja baju bekas layak pakai. Kalau kamu masih bingung ke mana harus mendonasikan barang-barang tersebut, berikut adalah beberapa saran tempat untuk donasi baju bekas.

1. Donasi Barang

Sesuai namanya, Donasi Barang tidak hanya menerima donasi baju bekas. Di sini, kamu bisa mendonasikan berbagai jenis barang yang masih bisa dipakai, mulai dari buku, perabot, hingga alat-alat elektronik. Donasi Barang berlokasi di Jalan H. Ilyas No. 24, Jaka Mulya, Bekasi Selatan.

Memiliki jargon “Sisa-sisa Tak Selalu Sia-sia”, Donasi Barang siap menampung barang bekas yang masih dapat digunakan. Sebelum donasi, hubungi kontak Donasi Barang terlebih dahulu untuk konfirmasi di nomor 0856-9793-4766.

2. Give2Pick Indonesia

Tempat sumbang baju bekas selanjutnya adalah Give2Pick Indonesia. Ini merupakan sebuah lembaga yang menyediakan layanan penjemputan barang bekas layak pakai. Nantinya, mereka juga akan menyalurkan barang kepada orang-orang yang membutuhkan. Di sini, kamu bisa menyumbangkan pakaian, mainan anak, hingga perlengkapan sekolah.

Untuk menyumbangkan pakaian di Give2Pick Indonesia, hubungi admin mereka di nomor 0857-4000-3257 (area Yogyakarta) atau nomor 0859-2113-2055 (area Jakarta). Setelah itu, tim Give2Pick Indonesia akan langsung menuju ke tempatmu untuk menjemput barang-barang yang akan didonasikan. Kamu cukup membayar sebesar Rp15 ribu untuk layanan penjemputan ini.

3. Tukar Baju

Membuang baju bekas secara asal bisa menjadi limbah yang sangat merusak lingkungan. Untuk meminimalkan dampak pembuangan baju, kamu bisa memanfaatkan layanan Tukar Baju dari Zero Waste Indonesia.

Layanan ini hadir untuk meminimalkan dampak negatif dari limbah pakaian. Dari pengumpulan baju bekas, tim Tukar Baju akan melakukan pemilahan. Setelah pemilahan, baju-baju yang masih layak pakai akan langsung disumbangkan, sementara yang sudah tidak dapat dipakai akan diolah kembali menjadi produk baru. Wah, menarik, ya!

4. Clothes for Charity

Tempat donasi baju bekas selanjutnya adalah Clothes for Charity. Platform donasi ini sudah hadir di beberapa lokasi di Indonesia, seperti Yogyakarta, Malang, Bali, Bandung, hingga Lombok. Jadi, kamu tinggal memilih tempat donasi baju bekas terdekat dari lokasimu!

Baju yang didonasikan ke Clothes for Charity nantinya akan dijual kembali. Hasil penjualan baju bekas akan digunakan untuk membiayai anak-anak yang kesulitan membayar uang sekolah. Hingga sekarang, penerima donasi Clothes for Charity sudah mencapai lebih dari 300 anak. Itu artinya, saat kamu mendonasikan baju, kamu sudah membantu mereka melanjutkan pendidikannya.

5. Sedekah Barang Berkualitas

Platform donasi baju bekas yang satu ini adalah unit usaha dari Yayasan Amal Khair Yasmin. Ini merupakan sebuah organisasi berbasis profit yang mengelola keuntungan usahanya untuk berbagai kegiatan sosial. Nah, salah satu kegiatan sosial yang mereka lakukan adalah memberikan bantuan kepada kelompok masyarakat yang tidak mampu.

Buat yang tertarik, kamu bisa membantu dengan menyumbangkan baju bekas. Selain baju bekas, Sedekah Barang Berkualitas juga menerima berbagai jenis barang bekas lainnya, seperti mainan anak, perabotan, hingga alat elektronik. Selain itu, Sedekah Barang Berkualitas juga menerima sumbangan berupa uang. Untuk menyumbang, kamu bisa langsung menghubungi nomor 0812-1159-4700 atau kirim langsung ke Jalan Purnawarman blok A-37, Ciputat, Tangerang Selatan.

6. Setali Indonesia

Terakhir ada Setali Indonesia. Platform donasi yang satu ini sebelumnya bernama Salur Indonesia. Di Setali Indonesia, kamu bisa donasi baju bekas yang masih layak pakai dengan mudah. Menariknya, di sini kamu juga bisa membeli barang-barang bekas dari para selebriti tanah air. Untuk melakukan donasi, kamu cukup menghubungi nomor 0877-3370-0995.

 

Bulan Ramadhan merupakan waktu terbaik untuk menambah amalan. Kamu bisa mulai dengan berdonasi baju bekas layak pakai melalui platform yang sudah disebutkan di atas. Agar kiriman baju bekas milikmu tetap aman hingga tujuan, jangan lupa kemas dengan tali rafia.

Masukkan donasi baju bekas ke dalam satu kardus tebal, tutup dengan lakban, dan ikat menggunakan tali rafia kuat. Gunakan tali rafia berkualitas seperti produk dari Laksana Mas Agung. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas, tali rafia Laksana Mas Agung tahan lama dan tidak mudah putus. Kamu bisa mendapatkannya melalui e-commerce Tokopedia maupun Shopee!