7 Games Seru untuk Acara Kumpul Saat Tahun Baru

21 Desember 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1671775557.jpg

Malam tahun baru identik dengan berbagai kegiatan seru bersama teman-teman dan keluarga. Sambil menunggu jam berdetak tanda pergantian tahun, kamu pasti membutuhkan games seru untuk acara kumpul agar perayaan tidak terasa membosankan.

Apalagi kalau kamu berniat untuk mengundang banyak orang, pasti akan perlu lebih banyak permainan agar semua bisa ikut merasakan keseruannya. Nah, supaya tidak bingung, kamu bisa mengikuti beberapa ide games seru untuk acara kumpul indoor berikut ini.

7 Games seru untuk acara kumpul tahun baru

Berbagai permainan seru yang dibahas bisa kamu pakai untuk mengisi malam sambil menunggu pergantian tahun dengan penuh tawa dan kegembiraan. Karena terdiri dari banyak pilihan permainan, kamu bisa menggunakan salah satu atau beberapa permainan sekaligus supaya semua orang bisa ikut bergabung.

Cara untuk menyiapkannya tidak ribet, kok. Kamu bisa membeli alat khusus untuk permainan atau sekadar memanfaatkan barang-barang di sekitar, seperti karet, tali rafia, dan masih banyak lagi yang lainnya.

1. Tebak gambar

Games acara tahun baru pertama yang bisa kamu coba adalah tebak gambar. Permainan seru ini sudah sangat familiar, kamu pasti pernah melihatnya di internet atau televisi. Cara mainnya juga gampang, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa tim untuk saling adu cepat menebak gambar.

Satu tim diisi oleh dua pemain; orang pertama memegang gambar, sedangkan orang kedua memberikan clue yang menjadi bantuan bagi orang pertama untuk menebak gambar yang sedang dipegangnya. Siapa yang paling cepat menebaknya dalam waktu 30 detik, maka dialah pemenangnya. Alat yang diperlukan dalam permainan ini hanya gambar objek serta timer. Simpel sekali, kan?

2. Tebak kata

Permainan ini bisa dimainkan oleh dua orang ditambah satu moderator. Cara mainnya cukup simpel, pertama-tama moderator akan memanggil salah seorang pemain dan memberitahukan kata yang harus bisa ditebak oleh temannya. Setelah itu, pemain yang lain harus menebak kata yang diberikan dengan bantuan kisi-kisi dari temannya tadi. Selain simpel, permainan ini juga tidak membutuhkan peralatan apa pun untuk memainkannya.

3. Tebak gaya

Kalau sebelumnya kamu perlu menebak kata dan gambar, dalam permainan ini hal yang harus kamu tebak adalah gaya. Permainannya bisa dilakukan secara beregu dan diadu dengan regu lainnya. Pertama-tama, kamu perlu menyiapkan beberapa orang untuk duduk berjejer ke belakang, lalu orang paling belakang akan dipanggil oleh moderator untuk diberi kata yang harus ditebak.

Setelah kata sudah diberikan, pemain tersebut kembali ke bagian paling belakang, menepuk pundak teman di depannya, dan memeragakan beberapa gerakan sebagai kisi-kisi dari kata yang harus ditebak. Lakukan terus gerakan tersebut sampai ke orang paling depan, lalu orang paling depan harus menebak katanya. Siapa yang paling cepat dan tepat dalam menebak kata yang diperagakan, dialah pemenangnya.

4. Balap karet

Kalau kamu mencari games seru untuk acara kumpul yang tidak memerlukan peralatan ribet, balap karet bisa menjadi jawabannya. Untuk memainkan permainan ini, kamu hanya perlu karet gelang sebagai propertinya. Selain itu, permainan ini juga bisa dimainkan oleh banyak orang sekaligus.

Caranya, pertama-tama setiap pemain dikumpulkan dalam satu tempat, lalu masing-masing dari mereka dahinya akan dipasangi karet. Nantinya, siapa yang paling cepat memindahkan karet gelang dari dahi ke leher tanpa bantuan tangan, dialah pemenangnya.

5. Uno dan Uno Stacko

Urusan permainan seru, UNO memang jagonya. Baik yang berbentuk kartu maupun stacko, kedua permainan ini tetap asyik untuk dimainkan bersama teman-teman. Cara bermain kedua permainan ini tidak perlu dijelaskan lagi karena sudah sangat populer. Kalau tidak mengerti, kamu bisa menanyakannya ke teman yang lain, ya.

6. Asosiasi kata

Tidak kalah ramai dari berbagai permainan seru sebelumnya, game asosiasi kata cocok banget untuk dimainkan sambil menunggu pergantian tahun. Biasanya, setiap tongkrongan punya aturan dan cara bermainnya sendiri. Tapi, secara sederhana, nanti akan ada moderator yang memberikan satu kata dan pemain harus menyebutkan kata turunannya dengan cepat.

Misalnya, moderator menyebut kata “kamar”. Maka, peserta secara bergantian harus menebak kata terkait kamar, seperti kasur, bantal, guling, dan lain sebagainya. Siapa yang tidak bisa menebaknya dengan cepat, ia akan dinyatakan gugur. 

7. Tali persahabatan 

Kalau kamu mencari games seru untuk acara kumpul ramai-ramai, permainan tali persahabatan bisa menjadi pilihan yang tepat. Cara mainnya gampang, nanti kamu akan diminta untuk membuat dua lingkaran besar, lalu panitia akan memberikan tali rafia sepanjang 100 cm yang ujung talinya sudah diacak kepada setiap peserta untuk dipegang.

Lalu, panitia akan melepas tali rafia yang diacak itu. Jika terdapat peserta yang melepaskan pegangannya, maka ia dinyatakan gugur. Alat yang diperlukan untuk permainan ini sangat sederhana, yaitu tali rafia. Nah, supaya lebih seru dan kokoh selama digunakan, kamu bisa pakai tali rafia dari Laksana Mas Agung yang dikenal bebas semrawut, tidak berwarna kusam, dan lebih ramah lingkungan.


Setelah mengetahui berbagai games seru untuk acara kumpul tahun baru, sekarang saatnya menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk memainkannya, terutama untuk permainan tali persahabatan yang memerlukan banyak tali rafia.

Nah, agar permainan lebih seru dan tali tetap kokoh meskipun ditarik banyak orang, kamu perlu beli tali rafia Laksana Mas Agung yang didesain dengan teknologi khusus sehingga tali rafia kamu dijamin lebih kokoh, tidak semrawut, dan estetik untuk digunakan. Happy new year!