7 Ide Desain Kemasan Unik Khusus 17 Agustus

16 Agustus 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1692342293.jpg

Banyak orang memang mengatakan “don’t judge a book by its cover”. Namun, kesan pertama seorang pembeli terhadap suatu produk tetaplah bermula dari desain kemasan produk tersebut. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki desain packaging produk yang unik agar pembeli tertarik dengan produkmu. Nah, momen kemerdekaan Indonesia 17 Agustus nanti adalah saat yang tepat untuk menampilkan packaging khusus yang unik. Biar tidak bingung, yuk, cari inspirasinya di sini!

Inspirasi Desain Kemasan Unik untuk 17 Agustus

Untuk membantumu mencari ide pengemasan produk dalam rangka perayaan kemerdekaan Indonesia 17 Agustus nanti, berikut ini adalah beberapa ide packaging yang bisa kamu terapkan.

1. Kotak dengan desain khusus

Biasanya saat akan mengirimkan produk ke pelanggan, mungkin kamu hanya menggunakan kotak kardus biasa. Nah, dalam rangka perayaan hari kemerdekaan ini, kamu bisa memasukkan produkmu ke dalam kotak dengan desain khusus. Misalnya saja, dengan menambahkan aksen merah putih pada kotak, atau menampilkan artwork dari seniman lokal yang menggambarkan kemerdekaan RI tersebut. Jika perlu, umumkan kerja sama dengan seniman lokal tersebut di media sosial.

2. Packaging minimalis

Kalau produkmu dikenal dengan desainnya yang minimalis, maka tidak ada salahnya kalau kemasan produk tersebut juga dibuat secara minimalis. Misalnya, kamu bisa menggunakan kotak dengan desain sliding box yang tidak hanya minimalis, tapi juga praktikal. Tidak hanya bentuknya saja, ilustrasi yang ada pada kotak tersebut juga bisa dibuat dengan gaya minimalis, sesuai dengan brand-mu. Untuk merayakan kemerdekaan ini misalnya, kamu bisa sekedar menggunakan packaging produk berwarna merah dan putih.

3. Kemasan multifungsi

Kemasan yang multifungsi dan praktikal juga bisa menjadi ide desain kemasan produkmu berikutnya. Singkatnya, kemasan ini merujuk pada sebuah packaging yang memiliki berbagai macam fungsi dalam satu kemasan tersebut, atau bisa digunakan kembali. Misalnya saja saat kamu menjual produk dalam bentuk makanan, gunakanlah kemasan dengan fitur zip-lock. Dengan begitu, makanan yang tidak habis bisa disimpan kembali dengan benar. Bahkan saat makanan habis pun, kamu bisa menggunakan kemasan tersebut untuk menyimpan makanan lainnya.

Jangan lupa, tambahkan juga desain-desain yang merayakan kemerdekaan Indonesia agar pelanggan bisa merasakan suasana kemerdekaan itu.

4. Bahan ramah lingkungan

Saat ini, semakin banyak pelanggan yang peduli terhadap lingkungan. Jadi, tidak heran kalau banyak desain kemasan yang mulai mengutamakan hal tersebut. Nah, kamu sendiri juga bisa menerapkannya untuk menunjukkan komitmen bahwa brand-mu juga peduli pada keberlanjutan lingkungan. Misalnya saja, dengan menggunakan packaging yang berasal dari bahan daur ulang. Atau, kamu juga bisa membuat ilustrasi desain kemasan dengan QR Code yang mengarah pada website pencinta lingkungan, dan mengajak pelanggan untuk berdonasi ke organisasi tersebut.

5. Desain yang melibatkan panca indra

Berikutnya, kamu juga bisa menggunakan desain kemasan yang melibatkan penggunaan panca indra. Contohnya, kamu bisa mengemas produkmu dalam kemasan dengan tekstur yang unik, lengkap dengan bagian transparan agar pelanggan bisa melihat produk tersebut. Jika memungkinkan, kamu juga bisa menambahkan wewangian agar produk jadi lebih harum.

6. Desain interaktif dan imajinatif

Desain yang interaktif juga menjadi salah satu desain kemasan yang saat ini sedang populer. Ada banyak cara untuk mengaplikasikan desain interaktif tersebut. Misalnya saja, dengan menempelkan kode QR yang mengarahkan pelanggan untuk memainkan suatu game simpel. Nantinya, pelanggan yang berhasil melalui tantangan dari game tersebut bisa mendapatkan potongan harga untuk pembelian berikutnya, atau hadiah lainnya.

7. Pesan khusus dari pemilik usaha

Untuk merayakan 17 Agustus, kamu sebagai penjual juga bisa menaruh kartu ucapan khusus di dalam packaging produk yang kamu jual. Kartu ucapan tersebut bisa berupa kata-kata mutiara, atau kutipan dari pahlawan Indonesia yang mampu memberikan motivasi bagi para pembacanya.

Apapun desain kemasan yang kamu pilih, jangan lupa buat sehingga pembeli bisa merasakan suasana kemerdekaan tersebut dari packaging produkmu. Misalnya jika kamu biasa memasukkan serabut dalam kotak kemasan sebagai aksesoris, kamu bisa menggantinya dengan serabut berwarna merah dan putih. Untuk membuat serabut berwarna tersebut, cara paling mudah adalah dengan menguraikan tali rafia. Agar serabut tersebut memiliki warna yang indah, gunakan tali rafia berkualitas dari Laksana Mas Agung saja!

Tali rafia dari Laksana Mas Agung tidak hanya memiliki warna yang menarik, tapi juga dibuat dari plastik daur ulang. Artinya, tali rafia ini bisa dibilang merupakan tali rafia yang ramah lingkungan. Tidak hanya itu, tali rafia ini juga kuat dan berkualitas tinggi, sehingga praktikal untuk digunakan sehari- hari. Kalau kamu tertarik membelinya, kunjungi e Commerce Laksana Mas Agung di Shopee, Tokopedia, dan BukaLapak, atau website resminya, ya!