7 Ide Lomba 17 Agustus untuk Anak-Anak

16 Agustus 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1666954972.jpg

Merayakan bulan kemerdekaan Republik Indonesia memang paling seru dengan menyelenggarakan lomba Agustusan untuk anak-anak. Ide lomba Agustusan seru untuk anak-anak pun ada banyak, kamu bisa memilihnya untuk diselenggarakan di komplek perumahan nanti. Masih bingung harus mengadakan lomba apa buat anak-anak selama momen Agustusan ini? Langsung aja cek rekomendasinya di bawah ini!

1. Lomba makan kerupuk

Lomba makan kerupuk hampir selalu ada pada tiap perayaan kemerdekaan Indonesia. Lomba Agustusan ini paling disukai oleh anak-anak sebab mereka bisa makan kerupuk dengan gratis. Kerupuk adalah makan tradisional Indonesia yang ada sejak zaman dulu, namun tetap disukai hingga sekarang.

Saat akan menggelar lomba makan kerupuk, kamu pastinya butuh tali rafia. Tali rafia dibutuhkan untuk menggantung kerupuk pada sebuah tiang yang sengaja dibuat tinggi agar susah dijangkau. Anak-anak akan berusaha untuk memakan kerupuk ini tanpa menyentuhnya. Kerupuk yang digantung dengan tali rafia akan bergerak hingga menyulitkan mereka untuk memakannya. Nah, untuk mendapatkan tali rafia berkualitas kuat, pastikan membelinya di Laksana Mas Agung.

2. Lomba memindahkan karet

Ide lomba Agustusan yang tak kalah seru dan heboh untuk anak-anak adalah memindahkan karet. Lomba 17 Agustus ini akan melatih konsentrasi, fokus, serta kerja sama anak-anak. Memindahkan karet bisa dimainkan oleh dua maupun tiga anak sekaligus dalam satu kelompok. Pertandingan ini mencari satu pemenang yang lebih dulu berhasil memindahkan karet ke orang terakhir.

3. Lomba menggamit koin

Perlombaan dengan menggunakan koin bisa dipastikan selalu ada dalam tiap acara perayaan Agustusan. Contohnya adalah lomba menggamit koin yang diambil dari dalam buah semangka. Semangka digantung dengan menggunakan tali rafia, dilumuri oleh cokelat, dan disematkan banyak koin di berbagai sisinya. Koin-koin tersebut pun dilumuri cokelat biar nggak terlihat. Anak-anak ditantang untuk mengambil koin ini dengan menggunakan mulut tanpa melibatkan tangan.

4. Lomba balap kelereng

Balap kelereng adalah lomba Agustusan yang seolah wajib ada di tiap tahunnya. Lomba ini menguji konsentrasi, keseimbangan, hingga kecepatan anak untuk membawa kelereng dengan sendok hingga garis finish. Tantangan terbesar dalam perlombaan ini adalah menyeimbangkan kelereng di atas sendok. Makanya, tiap kali perlombaan ini digelar, suasana akan riuh dan seru.

5. Lomba sepeda hias

Selain lomba yang sifatnya diam di tempat, ada pula bentuk perlombaan bergerak, yakni sepeda hias. Lomba sepeda hias biasanya digabungkan bersama karnaval Agustusan keliling kompleks perumahan maupun lingkungan RT/RW. Sepeda hias adalah perlombaan yang sangat indah karena bisa melihat kreasi hiasan anak-anak di sepedanya. Pemenang dipilih berdasarkan keindahan dan keunikan mereka dalam menghias sepeda.

Saat menggelar lomba sepeda hias, kamu bakal banyak butuh perlengkapan, termasuk kertas hias, tali rafia, kain, cat, dan lainnya. Tali rafia dibutuhkan untuk mengikat aksesori pada sepeda agar nggak lepas. Bisa dipastikan kamu butuh tali rafia kuat dan berkualitas seperti produk dari Laksana Mas Agung.

6. Lomba merias dengan mata tertutup

Ide lomba Agustusan yang bakal memicu tawa dari penonton adalah merias wajah dengan mata tertutup. Lomba ini biasanya dilakukan oleh satu atau dua orang. Jika dilombakan perorangan, maka mata peserta akan ditutup, kemudian ia mulai merias wajahnya sendiri dengan makeup yang tersedia. Jika untuk dua orang, maka anak yang bertugas sebagai perias harus ditutup matanya, kemudian mengaplikasikan makeup ke wajah teman satu timnya.

7. Lomba tangkap belut

Lomba Agustusan yang dipastikan bakal seru dan mengundang gelak tawa adalah tangkap belut. Belut yang licin dan lincah bergerak bakal membuat peserta lomba kesulitan, sementara penonton akan menjerit ketakutan karena geli melihat hewan satu ini. Sebenarnya, lomba tangkap belut nggak cuma cocok untuk anak-anak melainkan pula orang dewasa. Alhasil, kamu bisa bikin lomba tangkap belut dengan mengandalkan kerja sama orang tua dan anak.

 

Wah, seru banget, kan, rekomendasi lomba Agustusan yang bisa kamu selenggarakan untuk merayakan kemerdekaan Indonesia? Ada banyak ide lomba Agustusan sehingga kamu tinggal pilih saja mana yang paling seru dan cocok untuk anak-anak di lingkungan tempat tinggal.

Kalau butuh tali rafia untuk mengikat, menggantung, maupun memasang kebutuhan lomba, pastikan beli di Laksana Mas Agung. Di Laksana Mas Agung, tersedia berbagai pilihan tali rafia dari warna abu-abu hingga putih. Yuk, ramaikan momen Agustusan bersama Laksana Mas Agung!