7 Simpul Tali yang Pasti Terpakai untuk Sehari-hari!

22 September 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1666954112.jpg

Dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa jenis simpul tali yang pasti terpakai. Simpul sendiri merupakan bentuk ikatan pada tali yang dapat bersifat fungsional maupun dekoratif. Kamu yang pernah ikut Pramuka mungkin sudah tidak asing lagi dengan macam-macam simpul tali. Nah, kalau kamu belum familier dengan simpul tali, yuk simak informasi seputar simpul tali rafia yang pasti terpakai untuk sehari-hari berikut ini!

Apa itu simpul tali?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, simpul tali merupakan bentuk ikatan pada tali yang sifatnya bisa fungsional maupun dekoratif. Simpul tali bentuknya bisa berupa untaian, puntiran, maupun ikatan. Berdasarkan bentuk dan fungsinya, ada berbagai jenis simpul tali rafia yang berguna untuk mengemas barang agar mudah dipindahkan dan tetap aman hingga mengikat tiang.

Beda tali, simpul, dan ikatan

Tali, simpul, dan ikatan sering dicampuradukkan dalam kegiatan tali-temali. Padahal, ketiga hal tersebut sebenarnya sangat berbeda satu sama lain. Berikut perbedaan tali, simpul, dan ikatan:

     Tali adalah bendanya, misalnya tali rafia.

     Simpul adalah ikatan pada tali yang sengaja dibuat untuk keperluan tertentu.

     Ikatan adalah tali yang dihubungkan dengan benda lain, misalnya kayu.

Jenis-jenis simpul tali

Simpul tali dalam kegiatan Pramuka digunakan sebagai alat untuk bertahan hidup. Dalam kehidupan sehari-hari, simpul tali juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Berikut jenis-jenis simpul tali yang perlu kamu ketahui:

1. Simpul mati

Jenis simpul tali yang pasti terpakai untuk sehari-hari ini merupakan jenis simpul yang sulit untuk dilepas kembali. Simpul mati biasanya digunakan untuk menyambung dua utas tali yang ukurannya sama besar. Jika menggunakan simpul mati, dua utas tali yang sudah disambung akan sulit untuk dilepaskan kembali.

Contoh penggunaan simpul mati adalah saat kamu ingin mengirimkan paket dengan menggunakan kardus. Simpul mati tali rafia bisa digunakan untuk memastikan kardus dalam keadaan aman an tidak terbuka selama proses pengiriman.

2. Simpul hidup

Kebalikan dari simpul mati, simpul hidup adalah jenis simpul yang bisa dengan mudah dilepas. Fungsi simpul hidup adalah mengikat suatu benda dengan kuat, namun tidak akan susah jika ikatan ingin dilepas kembali. Beberapa contoh penggunaan simpul hidup untuk sehari-hari adalah untuk mengikat tiang, benda, atau ternak.

3. Simpul jangkar

Familier dengan simpul jangkar? Jenis simpul tali yang juga dikenal dengan nama cow hitch ini umum dipakai untuk menautkan tali pada benda lain secara cepat. Untuk sehari-hari, simpul jangkar biasanya dipakai untuk membuat tandu darurat. Kamu juga dapat menggunakan jenis simpul tali rafia ini untuk mengikat timba atau ember. Sama seperti simpul hidup, simpul jangkar juga dengan mudah dapat dilepas kembali.

4. Simpul anyam

Kamu bisa menggunakan simpul anyam untuk menyambung dua utas tali yang tidak sama besar dan dalam keadaan kering. Jenis simpul tali ini berguna menyambungkan garis dengan diameter atau kekakuan yang tidak sama. Cepat dan terbilang mudah untuk diikat, simpul anyam merupakan jenis simpul yang dianggap sangat penting dan merupakan simpul dasar dalam Pramuka.

5. Simpul tarik

Jenis simpul ini akan menghasilkan sebuah lingkaran tali yang dapat diperbesar atau diperkecil. Kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk turun ke jurang atau turun dari atas pohon.

6. Simpul rantai

Kamu bisa menggunakan simpul rantai untuk memendekkan dan memperkuat tali. Jenis simpul yang tak beraturan ini memakai satu tali sebagai tali garapan dan tali lainnya sebagai tali pasangan yang digunakan secara bergantian.

7. Simpul pangkal

Jenis simpul ini digunakan untuk permulaan ikatan dalam mengikat tali pada tiang kayu atau tongkat. Simpul yang sering dianggap salah satu jenis simpul yang paling penting ini dalam kehidupan sehari-hari bisa dipakai untuk mengikat tali pada kayu ataupun tongkat.

 

Mengetahui jenis-jenis simpul tali akan sangat membantu kehidupan. Misalnya, ketika perlu mengemas barang. Dengan simpul hidup, barang akan mudah dikemas tapi tetap mudah dibuka. Agar simpul tali kuat, gunakan tali berkualitas seperti tali rafia dari Laksana Mas Agung. Tertarik untuk dapatkan tali rafia dari Laksana Mas Agung? Kamu bisa klik di sini untuk dapatkan informasi lebih lanjut mengenai jenis produk dan pemesanan!