Aneka Jenis Tali yang Digunakan dalam Kehidupan Sehari-hari

22 September 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1666954314.jpg

Tali memiliki banyak fungsi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya mengikat barang-barang agar tersusun dengan lebih rapi. Nah, dalam kehidupan sehari-hari ada berbagai jenis tali yang sering digunakan, lho. Sudah tahu? Kalau belum, yuk simak informasi selengkapnya berikut!

Tali dan manfaatnya bagi kehidupan manusia

Bagi kehidupan manusia, tali memiliki berbagai manfaat yang signifikan. Berikut beberapa kegunaan tali secara umum:

  1. Mengikat suatu benda
  2. Menyambung benda yang satu dengan benda lainnya
  3.  Merupakan bagian penting dalam kegiatan pramuka
  4. Mengikat tiang dan mudah dibuka lagi
  5. Mengikat pasak, menarik balok, dan lain-lain
  6. Mengikat leher binatang supaya tidak terjerat
  7. Menyambung dua utas tali yang sama maupun tidak sama besar

Jenis tali yang sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari

Berikut beberapa jenis tali yang sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari:

  1. Tali baja
    Jenis tali ini adalah alat bantu angkat dan tarik yang terbuat dari kawat-kawat baja yang dirangkai dengan cara dipilin. Rangkaian kawat-kawat baja ini disebut strand. Kumpulan dari beberapa strand ini kemudian dipilin sehingga menyatu menjadi rangkaian tali baja.

    Tali baja umum digunakan pada berbagai jenis aplikasi alat berat untuk membantu mempermudah kinerja. Contohnya diaplikasikan pada bidang perkapalan, perikanan, pertambangan, konstruksi, manufaktur, hingga transportasi.
  2. Tali PP
    Tali PP merupakan singkatan dari tali polypropylene, jenis tali yang terbuat dari serat sintetis. Tali PP memiliki daya kekuatan yang besar sehingga cocok dipakai untuk aplikasi tarik maupun angkat. Penggunaan dalam air juga direkomendasikan karena tali PP tahan terhadap air dan lumpur sehingga tidak akan terjadi pembusukan pada tali.
  3. Tali serat sintetis
    Tali serat sintetis adalah jenis tali yang terbuat dari serat buatan manusia. Serat sintetis yang dimaksud dibuat dari bahan dasar minyak bumi sehingga mempunyai kekuatan yang lebih tinggi daripada jenis tali dari serat hewani dan tumbuhan.
  4. Tali tambang
    Tali tambang adalah salah satu jenis tali yang mungkin paling terkenal karena biasa digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Jenis tali ini terbuat dari serat berbeda. Namun umumnya terbuat dari tanaman atau plastik yang dipilin menjadi satu untuk membentuk benang. Benang-benang yang sudah terbentuk kemudian akan dibuat menjadi untaian yang disebut sebagai tali tambang.
  5. Tali nilon
    Sesuai dengan namanya, tali nilon adalah jenis tali tambang yang terbuat dari material serat nilon. Nilon sendiri merupakan salah satu jenis serat sintetis yang memiliki kekuatan tinggi. Tali nilon biasa digunakan dalam industri perkapalan, perikanan, konstruksi, transportasi, pertambangan, bongkar muat, hingga logistik karena tidak mudah rusak meski terkena gesekan dan juga mampu menerima tekanan kuat.
  6. Tali PE
    Tali PE merupakan jenis tali yang terbuat dari serat buatan manusia bernama polyethylene. Tali PE memiliki warna yang beragam sehingga bisa dipilih sesuai dengan keinginan.
  7. Tali kevlar
    Jenis tali ini diproduksi dari serat sintetis kevlar yang pertama kali ditemukan pada tahun 1965 dan diproduksi oleh DuPont. Beberapa kegunaan bahan sintetis kevlar adalah sebagai pelindung anti peluru dan bahan tahan api. Tingkat peregangan tali kevlar lebih lemah dibanding tali nilon, tapi masih setara dengan tali baja.
  8. Tali manila
    Tali yang terbuat dari serat manila (serat yang terbuat dari daun pohon abaca) ini secara umum digunakan sebagai alat ikat untuk kebutuhan industri seperti industri perkapalan dan perikanan. Terbuat dari tanaman sejenis pisang yang banyak dibudidayakan di Manila, Filipina, tali ini diproses dengan cara membersihkan kotoran dari serat pohon abaca.
  9. Tali layar
    Tali layar bisa dipakai untuk mengikat objek atau sebagai penahan benda yang tidak terlalu berat. Misalnya sebagai fondasi untuk membuat atap tenda dengan memanfaatkan flysheet. Jenis tali ini memiliki daya beban tidak terlalu besar, yaitu mampu mengangkat beban sekitar 43 kg.
  10. Tali webbing
    Tali webbing digunakan sebagai alat safety di industri pariwisata seperti paralayang dan panjat tebing. Jenis tali ini juga kerap dimanfaatkan sebagai alat ikat untuk pengiriman barang, kayu, kendaraan, dan sebagainya.
  11. Tali rafia
    Tali rafia merupakan jenis tali yang terbuat dari jalinan plastik dan kemudian diberi campuran bijih warna. Kombinasi ini menghasilkan tali plastik berwarna yang tidak berserabut. Kepopuleran jenis tali ini tidak terlepas dari kegunaannya yang sangat beragam, mulai dari urusan mengikat barang-barang ringan, menjahit karung, hingga sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan.


Kalau kamu sedang mencari tali rafia, jangan sembarangan pilih, ya. Pilihlah produk tali rafia Laksana Mas Agung yang berkualitas dan terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Gunakan tali rafia Laksana Mas Agung yang terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk berbagai keperluan sehari-hari. Untuk informasi lebih lanjut tentang pilihan produk tali rafia Laksana Mas Agung, kamu bisa klik di sini!