Apa Itu Lanjaran? Fungsi, Jenis, dan Cara Buatnya

25 Juli 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1690273600.jpg

Ada berbagai jenis tanaman di dunia ini. Sebagian mungkin memiliki tekstur batang yang kuat sehingga dapat menopang seluruh bagian tanaman secara mandiri. Namun, ada beberapa yang tidak memiliki batang kayu solid sehingga membutuhkan penopang dalam proses pertumbuhannya. Contoh tumbuhan yang seperti ini adalah gambas, timun, tomat, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, tanaman-tanaman tersebut bisa saja merambat di tanah atau bebatuan yang sifatnya mendatar. Tapi, merambat di tanah lebih berpotensi untuk terinjak dan mengalami kerusakan. Itulah mengapa lanjaran atau ajir sangat diperlukan. Memangnya, apa itu lanjaran? Kenali pengertian, fungsi, cara pembuatan, dan alternatif lanjaran di sini!

Baca Juga: Cara Membuat Gelang Rumbai dari Tali Rafia, Hanya 5 Menit!

Pengertian Lanjaran

Beberapa di antara kalian mungkin masih asing dengan istilah lanjaran. Menurut KBBI V, lanjaran adalah alat (berupa kayu dan sebagainya) yang bermanfaat untuk menopang atau sebagai tempat menjalarkan tanaman. Alat yang juga dikenal sebagai ajir ini dapat membantu tanaman dalam proses perambatan atau pertumbuhannya.

Namun, tentunya lanjaran tidak cukup bila hanya terdiri dari sebilah kayu saja. Dari beberapa potong kayu yang ditancapkan ke tanah, perlu ada penghubung yang nantinya menjadi media rambat lebih jauh lagi. Penghubung tersebut bisa kamu buat dari bahan tali rafia. Selain mudah diperoleh, tali rafia juga lebih murah harga pasarannya.

Fungsi Lanjaran

Persis seperti penjelasan di poin sebelumnya, lanjaran itu berfungsi sebagai media rambat tanaman. Namun, tak hanya bermanfaat sebagai sandaran saja, lanjaran juga menjadi tempat bagi tumbuh-tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang. Tidak heran, beberapa jenis tanaman bergantung pada ajir.

Meski begitu, tidak sedikit juga jenis tumbuh-tumbuhan yang justru menurun produktivitasnya ketika dilekatkan pada lanjaran. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui dengan betul kebutuhan tanamanmu seperti apa. Dengan cara begitu, kerugianmu akan berkurang karena tak perlu melakukan pengadaan ajir yang berakhir sia-sia.

Jenis-Jenis Lanjaran

Lanjaran atau ajir itu banyak bentuknya, lho! Sudah tahu apa saja variannya? Pertama, kamu bisa membuat media rambat yang berbentuk seperti huruf V terbalik. Kamu pun bisa mengkreasikan bentuk yang pertama dengan memasangnya secara berhadapan. Selain itu, berikan atap pada kedua huruf V terbalik sehingga tumbuhan dapat merambat dengan lebih rindang.

Kalau beberapa pilihan penataan ajir di atas sudah cukup sering ditemui, kamu bisa mencoba inovasi yang belum mainstream. Misalnya, buatlah lanjaran dengan dua bilah kayu dengan tali melintang sebagai penghubungnya. Kreasikan bentuk ini dengan mengaplikasikannya secara berhadapan dan beri tali menyilang untuk menghubungkan kedua unitnya.

Ajir berbentuk menyilang atau seperti huruf X juga bisa kamu terapkan. Jangan lupa untuk menambahkan tali penghubung di bagian tengah huruf X tersebut sehingga kamu bisa membuat beberapa lanjaran sekaligus.

Untuk kreasi yang lebih rumit, buat beberapa ajir berbentuk V terbalik yang berhadapan. Tegakkan satu tiang di antara kedua huruf tersebut. Kemudian, pasang tali seperti ketika kamu membangun tenda perkemahan. Lanjutkan sehingga bentuknya menyerupai atap rumah.

Cara Membuat Lanjaran

Dari beberapa varian bentuk ajir, berikut adalah tutorial membuat lanjaran kacang panjang berbentuk huruf V terbalik yang didirikan berhadapan. Simak detail alat dan bahannya di bawah ini!

Alat dan bahan:

  • Tiang kayu atau bambu;
  • Tali rafia;
  • Benang obras;
  • Gunting.

Cara pembuatan:

  1. Dirikan dua tiang sehingga membentuk huruf V terbalik, ikat bagian atasnya sehingga bentuknya sedikit menyilang;
  2. Buat beberapa huruf V terbalik secara berjajar ke belakang;
  3. Hubungkan beberapa huruf V tersebut menggunakan tali rafia. Pastikan kamu menghubungkan dua sisi kayu yang sejajar dan lakukan hal yang sama pada tiang satunya;
  4. Saat menghubungkan beberapa buah huruf V terbalik, bagi penghubungnya dalam dua bagian (tengah dan bawah);
  5. Pasang benang obras di antara tali rafia bagian tengah dengan bawah sehingga tercipta bentuk seperti huruf V yang tegak dan saling berkebalikan.

Baca Juga: Step by Step Cara Membuat Kepang Tali Rafia yang Praktis

Setelah menyimak pengertian, fungsi, dan cara pembuatan lanjaran gambas, lanjaran timun, maupun lanjaran tomat, apakah kamu langsung pengin mengaplikasikannya di ladang atau sawahmu? Kalau iya, jangan lupa untuk menyiapkan alat dan bahannya selengkap mungkin dan jangan lupa pilih tali rafia dari Laksana Mas Agung yang kuat dan ramah lingkungan sebagai solusinya.

Tali rafia Laksana Mas Agung tersedia dalam beberapa pilihan jenis dan warna sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Jika kamu ingin harga yang ekonomis, gunakan Tali Mobil Abu yang harganya hanya Rp9 ribuan. Kamu juga bisa pilih produk lainnya disini!