Bagaimana Cara Membuka Mobil yang Terkunci dari Dalam? Bisa Pakai Tali Rafia!

01 November 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667286937.jpg

Duh, pintu mobil nggak sengaja terkunci dari dalam! Bagaimana, ya, cara membuka mobil yang terkunci dari dalam seperti ini?”

Tidak perlu khawatir! Kamu masih bisa membukanya, kok. Ketika mobil terkunci dalam kondisi kontaknya tertinggal di dalam, apalagi posisi jendela tertutup semua, wajar jika kamu panik. Namun, kamu tidak perlu memanggil tukang kunci terlebih dahulu. Ada cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam dengan menggunakan benda di sekitar kamu. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

3 Cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam

Ketika secara tak sengaja mobil terkunci dari dalam atau kamu lupa menaruh kunci kontak di mana, mau tak mau kamu harus memanggil tukang kunci untuk membukanya. Padahal, ada cara membuka mobil yang terkunci dari dalam dengan menggunakan gantungan baju, penggaris, bahkan tali rafia, lho!

1. Menggunakan gantungan baju

Cara pertama adalah dengan memanfaatkan gantungan baju dari kawat. Cara membuka mobil yang terkunci dari dalam ini sangat cocok digunakan untuk tipe kendaraan dengan kunci manual. Kunci ini biasanya terletak di bagian atas panel pintu, tepat di dalam jendela. Oleh sebab itu, alat tipis dan kuat seperti gantungan baju, akan cocok untuk dimasukkan di antara celah dasar jendela dengan kacanya untuk membuka kunci. 

Cara membuka mobil yang terkunci dari dalam menggunakan gantungan baju adalah dengan meluruskan gantungan baju terlebih dahulu. Kemudian, buat lekukan seperti kait sepanjang 3-5 cm. Cobalah kaitkan gantungan dengan ujung kunci mobil. Setelah terkait, gerakkan tuas kunci ke atas hingga pintu terbuka.

2. Menggunakan penggaris

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan penggaris besi panjang yang ramping untuk membuka pintu mobil yang terkunci. Cara ini bisa juga kamu gunakan untuk mobil yang sudah berteknologi keyless. Cara membuka mobil yang terkunci dari dalam dengan menggunakan penggaris ini cukup mudah, tapi kamu perlu berhati-hati saat menyelipkan penggaris agar tidak menyentuh kabel yang ada di balik pintu.

Pertama, kamu harus melepas karet bawah samping kaca terlebih dahulu agar penggaris bisa masuk. Tenang saja, komponen ini memang bisa dilepas-pasang dengan mudah. Setelah itu, masukkan penggaris sedalam 60-80 cm. Geser dan rasakan titik panel kunci dengan cara melihat pergerakan panelnya. Tekan bagian handle pintu, lalu cari semacam batang yang kalau ditekan, penggarisnya bisa naik turun seperti pegas.

Jika sudah ketemu, segera tekan batang yang keras tadi sambil menarik handle pintu. Voila, pintu akan terbuka. Kalau belum berhasil, ulangi langkah menekan batang berpegas tadi.

3. Mencongkel pintu tengah

Cara membuka mobil yang terkunci dari dalam dengan mencongkelnya adalah cara yang memang biasa dilakukan tukang bengkel pada mobil model MPV yang terkunci. Kamu juga bisa menerapkan cara ini sendiri karena sangat mudah.

Jika kesulitan membuka pintu depan, maka kamu bisa menyiasatinya dengan membuka pintu yang lebih mudah, yaitu pintu tengah. Bukalah karet sekat pintu kanan belakang, lalu intip sela-sela kaca dan body mobil. Di dalamnya akan ada besi yang terkait ke plastik yang posisinya di bawah tombol door lock atau pengait kunci. 

Gunakan kawat kecil yang ujungnya dibengkokkan. Masukkan kawat itu hingga menyentuh tuas pengait pintu mobil. Tarik ke atas dengan perlahan. Ingat, jangan terlalu memaksa bila tidak bisa. Ini juga bisa dilakukan sebagai cara mengambil kunci di dalam mobil yang terkunci.

Lebih cepat, cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam pakai tali rafia

Ada lagi cara membuka mobil yang terkunci dari dalam pakai cara yang lebih mudah, yaitu dengan menggunakan tali rafia. Kamu cukup membuat simpul laso pada tali rafia itu. Bentuk simpul laso adalah seperti berikut:

Photo Credit: Rawpixel

Tarik salah satu ujung tali agar simpul tidak mengendur, lalu selipkan tali rafia ke dalam sela-sela jendela mobil. Pastikan simpul tersebut bisa menyentuh bagian kenop pintu mobil. Saat ditarik, simpul itu nanti bisa mengikat kenop dengan kuat. Tarik agak kencang simpul yang sudah terkait kuat dengan kenop ke arah atas. Pintu mobil pun terbuka!


Itulah beberapa cara membuka mobil yang terkunci dari dalam dengan menggunakan barang-barang yang ada di sekitarmu. Ingat, cara-cara di atas hanya boleh dilakukan untuk keadaan darurat saja, bukan untuk tindak kriminal. Jika kamu sudah mencobanya tapi tetap tidak bisa terbuka, maka sebaiknya panggil bengkel atau teknisi mobil saja agar lebih aman.

Tali rafia memang memiliki banyak sekali kegunaan. Selain bisa membantu kamu untuk menerapkan cara membuka mobil yang terkunci dari dalam, tali rafia juga bisa dipakai untuk mengemas barang hingga membuat kerajinan tangan. Tali rafia yang digunakan untuk mengemas barang haruslah kuat, seperti tali rafia yang diproduksi oleh Laksana Mas Agung. Laksana Mas Agung menyediakan berbagai macam tali rafia sesuai kebutuhan, baik untuk mengemas barang, mengikat barang, bahkan untuk kerajinan tangan. Pemesanan bisa dilakukan melalui WhatsApp. Kamu juga bisa membeli tali rafia Laksana Mas Agung langsung via Shopee maupun Tokopedia, lho!