Begini Peluang Bisnis Tali Rafia yang Harus Anda Tahu

03 Agustus 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667195123.jpg
Kini, semua hal bisa dijadikan sebagai peluang bisnis, termasuk tali rafia. Pada dasarnya, peluang bisnis bisa diambil dari hal-hal yang dibutuhkan sehari-hari. Tali rafia sendiri adalah barang yang banyak dibutuhkan dalam kehidupan. Untuk itu, jika ingin membuka bisnis tali rafia atau menjadi reseller dari produk tersebut, Anda tidak perlu khawatir tidak akan laku. Memangnya, sesering apa tali rafia dijumpai dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana peluang bisnisnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya!

Tali rafia dalam kehidupan sehari-hari

Tali rafia memang jadi kebutuhan yang cukup krusial dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, di kehidupan ini, kita tidak bisa terlewat dari aktivitas mengemas dan mengirimkan barang. Agar barang yang dikemas dan dikirimkan itu mudah dibawa, tali rafia dipakai untuk mengikat barang tersebut.
Selain dipakai sebagai pengikat barang, tali rafia juga bisa jadi bahan untuk membuat kerajinan, lho! Banyak kerajinan berbahan dasar tali rafia yang mungkin tidak Anda sadari, misalnya pom-pom yang biasanya menjadi properti dalam Masa Orientasi Siswa (MOS), tikar dari tali rafia, dan kerajinan tangan lainnya.

Merupakan produk ramah lingkungan

Tali rafia adalah produk yang banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Harganya yang murah membuat tali ini jadi pilihan sejuta umat yang ingin mengirim, membawa, dan mengikat barang. Selain dari segi harga, tali rafia juga terbuat dari material plastik, sehingga menghasilkan kualitas tali yang cukup kuat dan tidak mudah putus.
Meskipun terbuat dari bahan dasar plastik, ternyata tali rafia ini sangat ramah lingkungan, lho. Sudah tahu kenapa? Tali rafia dibuat dengan cara mendaur ulang limbah-limbah plastik hingga dapat menghasilkan barang berbahan plastik dengan fungsi baru, yakni tali rafia itu sendiri. Oleh sebab itu, meski tali rafia terbuat dari material plastik, ini justru akan berkontribusi mengurangi sampah plastik yang menumpuk di Indonesia.

Harga tali rafia gulungan

Sebelumnya, sudah disebutkan bahwa tali rafia memiliki harga yang relatif murah, sehingga menjadi banyak pilihan masyarakat. Memangnya, berapa sih harga tali rafia gulungan? Nah, harga tali rafia sendiri beragam. Itu semua bergantung dari kualitas, warna, dan ukurannya. Ada tali rafia yang memiliki harga Rp7.500, tapi ada juga yang dibanderol hingga Rp25.000.
Tali rafia yang disediakan oleh Laksana Mas Agung sendiri terbagi dalam beberapa jenis. Untuk harga tali rafia termurah, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp9.900. Sementara itu, harga tali rafia termahal yang tentunya diiimbangi dengan kualitas terbaik, ada pada

Peluang bisnis tali rafia

Mengingat banyaknya kebutuhan untuk mengikat dan membawa barang, tali rafia menjadi produk yang permintaan pasarnya cukup tinggi. Hal ini membuat peluang bisnis tali rafia juga turut melonjak. Selain itu, tali rafia juga tergolong murah dibandingkan dengan berbagai jenis tali lainnya, seperti tali tambang, tali baja, dan tali polyester.
Tak hanya datang dari area pulau Jawa, permintaan tali rafia juga banyak yang berasal dari berbagai pulau lain di Indonesia. Inilah yang juga membuat Laksana Mas Agung berhasil menjalankan bisnisnya sejak didirikan pada 1970 silam oleh empat bersaudara bermarga Lim, yang memulai dengan menjual barang-barang berbahan plastik.

Modal memulai usaha tali rafia

Modal untuk memulai bisnis tali rafia juga bisa dikatakan lebih murah dibandingkan dengan bisnis lainnya. Sebab, bisnis tali rafia bergantung pada mesin dan hanya membutuhkan pekerja untuk mengoperasikan mesin-mesin tersebut. Dalam pembuatan tali rafia, dibutuhkan setidaknya dua mesin, yakni pembuat biji plastik dan pembuat tali rafia itu sendiri.
Jika memiliki modal lebih, Anda bisa membeli mesin penghancur plastik sebelum akhirnya diproses dalam mesin pembuat biji plastik dan pembuat tali rafia. Mesin penghancur plastik itulah yang dikatakan ramah lingkungan. Pasalnya, limbah plastik yang ada di lingkungan sekitar akan didaur ulang lewat mesin tersebut.
Harga mesin penghancur plastik biasanya berada di kisaran Rp10 juta. Sementara itu, harga mesin pembuat biji plastik adalah Rp25 juta dan mesin pembuat tali rafia ada di rentang harga Rp60-80 juta. Seluruh harga tersebut bisa berbeda, bergantung dari kualitas mesinnya. Total modal yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis tali rafia ada di rentang Rp100-150 juta, termasuk bujet untuk membeli bahan bakunya.

Itulah serba-serbi peluang bisnis tali rafia yang harus Anda tahu. Apakah Anda ingin mendirikan bisnis tali rafia atau menjadi reseller dari produk ini, semuanya kembali pada keputusan Anda. Jika ingin menjadi reseller tali rafia, dapatkan produk berkualitasnya di Laksana Mas Agung yang telah memproduksi bahan-bahan dari material plastik sejak 1970. Untuk informasi selengkapnya, cek di tiktok laksanamas, instagram laksanamas, youtube laksanamas, dan facebook laksanamas . Anda juga bisa berkonsultasi langsung di whatsapp laksanamas lewat nomor berikut: +62 813 8888 4099.