Mudah, Begini Cara Jahit Karung dengan Tali Rafia Aja!

12 Agustus 2024

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1723447915.jpg

Tali rafia memang termasuk salah satu jenis tali yang serbaguna. Buktinya, kamu bisa menggunakannya untuk membuat kerajinan tangan, mengikat barang, dan masih banyak lagi. Apalagi, karena warnanya sangat beraneka ragam, tentunya kamu bisa menambah daya tarik barang sekaligus memastikan kemasannya tetap kokoh. Tapi, tahukah kamu kalau kamu juga bisa menggunakan tali rafia untuk menjahit karung? Bahkan, cara jahit karung dengan tali rafia sama sekali tidak susah, lho! Penasaran? Simak selengkapnya di sini, yuk!

Menjahit Karung untuk Apa?

Untuk mengirimkan barang dalam jumlah besar, terkadang kamu harus menyimpannya dalam karung supaya muat. Apalagi, kalau kamu tidak punya kotak kardus berukuran besar. 

Tapi, kalau barang sudah dalam pengiriman oleh jasa logistik, kita tidak bisa menebak bagaimana kondisi di jalanan. Nah, karena ini, tidak menutup kemungkinan isi karung kita akan berceceran, dan barang di dalamnya pun rusak saat sampai ke tangan penerima. Tentunya, kamu tidak mau hal itu terjadi, kan?

Makanya, sebelum mengirimkan barang pakai karung, kamu harus menjahitnya dengan rapat dulu biar aman. Untuk itu, kamu perlu tali yang kokoh dan mudah diatur, contohnya tali rafia. Jadi, bagaimana cara jahit karung paketan yang baik dan benar?

Baca Juga: Begini Cara Mengikat Kardus dengan Tali Rafia agar Tak Mudah Lepas

Cara Menjahit Karung dengan Tali Rafia

Untuk mengamankan paket barang, ini dia cara menjahit karung dengan tali rafia biar tidak mudah kendur apalagi lepas di tengah jalan:

1. Siapkan jarum jahit khusus karung

Pertama dan yang paling penting, kamu memerlukan jarum jahit khusus untuk karung. Berbeda dengan jarum jahit pada umumnya, jenis jarum ini biasanya lebih besar, panjang, dan memiliki lubang mata yang lebih besar. Selain itu, ujungnya pun juga lebih tajam dan sedikit menukik agar bisa menembus bahan kain karung yang lebih tebal daripada baju biasanya. 

Kalau sudah punya, jangan lupa isi jarum tersebut dengan tali rafia sepanjang yang kamu butuhkan. Kuncinya, sesuaikan saja dengan panjang karung dari ujung ke ujung. Tentunya, semakin besar ukuran karung, semakin banyak juga tali rafia yang kamu harus siapkan.

2. Masukkan jarum ke bagian tengah karung

Sudah siap dengan peralatanmu? Sekarang, kamu perlu memasukkan jarum ke bagian tengah karung. Caranya, tarik sedikit bagian tengah karung ke atas, dan tusukkan jarum dari arah dalam ke luar. Kemudian, ikat tali rafia dengan simpul mati agar ikatannya tidak mudah terurai atau lepas. 

Kalau sudah, masukkan ujung jarum dari dalam karung (bagian yang paling dekat denganmu) ke luar (bagian yang tidak menghadap ke arahmu) dalam bentuk garis lurus hingga membentuk garis lengkung atau terowongan di bagian atasnya. Lalu, masukkan jarum ke tengah-tengah ujung “terowongan” tersebut sampai ada garis horizontal yang menutup celah karung tersebut, dan tarik sekuat mungkin agar tidak gampang jebol. Ulangi terus sampai kamu dekat dengan ujung karung.

3. Buat pegangan di ujung karung

Sudah mencapai ujung karung? Sebaiknya kamu tidak menjahit benang tali rafia sampai habis, ya! Soalnya, kamu perlu membuat pegangan untuk memudahkan orang lain mengangkat dan membawa karung paketanmu. Bagaimana caranya? 

Jepit kain ujung yang mencuat ke atas, dan lilitkan tali rafia yang terpasang pada jarum sebanyak minimal 2 kali. Pokoknya, selama kamu masih punya panjang tali yang mencukupi, lakukan sebanyak mungkin agar tidak mudah lepas. Terus, jangan lupa akhiri dengan simpul mati agar pegangannya tetap kokoh, dan selipkan sisa tali rafia yang mencuat di ujung ikatan ke dalam karung biar lebih rapi.

4. Lanjutkan di sisi lain karung

Kalau kamu sudah selesai dengan sisi pertama karung, kamu hanya perlu mengulangi ketiga langkah di atas pada bagian sisanya. Misalnya, semisal kamu mulai dengan menjahit sebelah kanan karung dulu, masukkan kembali tali rafia yang tersisa ke lubang mata jarum karung dan mulailah menjahit sisi kiri karung hingga rapat. Sama seperti tips sebelumnya, pastikan kamu tidak lupa membuat pegangan di ujung karung, ya!

 Baca Juga: Rekomendasi 4 Jasa Ekspedisi Murah untuk UMKM

Sekarang, kamu sudah tahu cara jahit karung paketan dengan tali rafia agar isinya tetap aman. Ternyata, tidak terlalu ribet, kan? Nah, agar hasilnya lebih kuat, tentunya teknik menjahit yang tepat memang baik. Tapi, akan lebih bagus lagi kalau kamu pilih tali rafia yang kuat seperti dari Laksana Mas Agung! 

Di sini, kamu bisa menemukan tali rafia super yang simpulnya kokoh abis dan terbuat dari bahan premium, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Untuk mendapatkannya, yuk, check out dari toko resmi Laksana Mas Agung di Shopee dan Tokopedia!