Cara Membuat Baju Adat Papua untuk Karnaval Anak

01 November 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667286624.jpg

Karnaval anak selalu jadi momen yang ditunggu-tunggu. Biasanya, anak sangat menantikan kesempatan tersebut untuk menunjukkan kreativitasnya melalui kostum-kostum menarik. Karnaval pun biasanya memiliki tema khusus, contohnya tema tentang keragaman budaya Indonesia dalam karnaval 17 Agustus. Untuk memeriahkan karnaval dengan tema tersebut, kamu bisa membuat baju adat Papua anak-anak.

Menariknya, kamu bisa membuat baju adat Papua dengan menggunakan tali rafia. Cara membuatnya relatif mudah, cukup pilih tali rafia berkualitas dari Laksana Mas Agung yang memiliki berbagai pilihan warna dan tampilan glossy untuk membuat kostum karnaval terlihat lebih elegan. Yuk, simak cara membuat baju adat Papua dari tali rafia berikut ini!

Karnaval anak, pakai kostum apa?

Karnaval anak biasanya jadi momen untuk menunjukkan kreativitas orang tua dan anak dalam menentukan kostum. Mungkin penyelenggara karnaval menentukan tema utama, mungkin juga tidak. Setidaknya, ada 4 tema kostum karnaval anak yang umum digunakan, apa saja sih?

1. Tema pakaian adat

Pakaian adat jadi salah satu tema yang paling sering digunakan. Pasalnya, Indonesia dikenal dengan keragaman adat dan budaya yang luar biasa, mulai dari adat Aceh hingga adat Papua. Baju adat Papua termasuk salah satu yang paling mudah dalam proses pembuatannya.

2. Tema profesi

Selain tema adat, tema profesi juga cukup sering digunakan. Misalnya kostum dokter, polisi, tentara, dan sebagainya. Anak-anak biasanya menyukai kostum yang sesuai dengan cita-citanya.

3. Tema pendidikan

Tema pendidikan juga tidak kalah menarik. Anak bisa menggunakan kostum guru, kostum dosen, atau bahkan kostum profesor dengan tambahan kacamata lucu.

4. Tema bebas unik dan lucu

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tema kostum bebas, asal unik dan lucu. Dengan tema ini, orang tua dan anak bisa bebas berkreasi memilih kostum yang sesuai dengan keinginan mereka.

Buat kostum anak sendiri!

Kamu bisa mendapatkan berbagai kostum tersebut dengan cara menyewa. Hampir di setiap daerah terdapat jasa persewaan kostum yang memang sudah umum dikenal dan digunakan. Biasanya, penyedia jasa tersebut menyediakan berbagai kostum sekaligus.

Selain itu, kamu juga bisa membuat kostum anak sendiri. Beberapa kostum memang tidak sulit untuk dibuat sendiri, contohnya baju adat Papua berupa rok rumbai yang bisa dibuat di rumah menggunakan tali rafia.

Mudahnya membuat baju adat Papua rok rumbai!

Rok rumbai adalah salah satu jenis pakaian adat dari Papua, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat rok rumbai Papua juga relatif mudah, pilih tali rafia berkualitas dan susun sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa membuatnya sendiri, bahkan bisa mengajak si kecil untuk mendorong kreativitasnya.

Memang ada cukup banyak jenis pakaian adat Papua, rok rumbai hanya salah satunya. Namun, untuk keperluan karnaval anak, membuat rok rumbai sendiri dari tali rafia sudah sangat bagus. Anda bisa menekan bujet kostum sekaligus mengajak si kecil berkreasi.

Alat dan bahan yang harus disiapkan

  • Tali rafia
  • Gunting
  • Pisau cutter
  • Peniti atau jarum pentul

Untuk hasil terbaik, gunakan Tali Putih dari Laksana Mas Agung, satu-satunya tali rafia dengan warna putih terbaik di kelasnya. Kamu bisa memilih kemasan tali 5 kg atau 10 kg.

Cara membuat baju adat Papua dari tali rafi

  1. Potong tali rafia berukuran 40-50 cm, bisa juga sesuai kebutuhan. Potong lebih banyak untuk mempercepat proses pembuatan.
  2. Siapkan tali rafia untuk pengikat, sesuaikan panjangnya dengan pinggang anak.
  3. Satukan potongan-potongan tersebut dengan tali rafia pengikat, kemudian ikat simpul dengan kencang dan pastikan jarak antar tali sama.
  4. Setelahnya, gunakan peniti atau jarum pentul untuk membuat rumbai-rumbai tali rafia menjadi lebih tipis. Tarik jarum dari atas ke bawah
  5. Lakukan teknik tersebut secara terus-menerus hingga setiap helai tali rafia selesai dirumbai.

Nah, itu dia cara membuat baju adat Papua dari tali rafia. Kamu bisa membuat baju adat Papua menggunakan tali rafia berkualitas dari Laksana Mas Agung. Kini tali rafia Laksana Mas Agung bisa didapatkan di Shopee, Tokopedia dan juga kontak langsung melalui WhatsApp, lho!