Cara Membuat Gelang Tangan dari Tali, Mudah Diikuti!

07 November 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667895090.jpg

Hubungan persahabatan bisa menjadi hal yang luar biasa. Rasanya kamu ingin selalu menghabiskan waktu bersama sahabat, kapan pun dan di mana pun. Saat-saat berkumpul bersama sahabat menjadi berkesan ketika melakukan aktivitas-aktivitas seru, apalagi kalau kamu dan sahabat punya hobi yang sama. Di tengah aktivitas yang seru tentu akan tercipta banyak kenangan .

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru bersama sahabat. Kamu bisa coba membuat gelang tangan dari tali. Selain mudah diikuti, cara membuat gelang tangan dari tali ini butuh bahan yang mudah. Bagaimana cara membuat gelang tangan dari tali yang bisa kamu ikuti bersama sahabat? Berikut ini caranya!

1. Gelang persahabatan

Konteks gelang persahabatan sebenarnya muncul sebagai prasasti atau simbol bahwa ikatan persahabatan akan terus erat, seperti rangkaian tali gelang persahabatan yang dibuat. Hal ini tentu menjadi menarik, apalagi ketika kamu dan sahabat saling bertukar gelang. Akan muncul rasa memiliki satu sama lain sehingga jalinan persahabatan akan semakin erat. Berikut ini adalah cara membuat gelang persahabatan yang dapat kamu ikuti.

Alat dan bahan:

  • Benang sulam 3 warna
  • Gunting
  • Korek api

Cara membuat:

  1. Ikat benang sulam dalam satu ikatan di salah satu ujung. Buat lingkaran untuk mengikat gelang nantinya.
  2. Kepang tali tersebut hingga ujung tali lainnya.
  3. Setelah kepang selesai, ikat dan sisakan sekitar 2 cm untuk pengikat.
  4. Gelang siap dipakai.

2. Gelang Rumbai

Bersama dengan sahabat artinya suka melakukan hal yang seru dan tidak biasa. Akan sangat lucu apabila kamu dan sahabat bisa membuat sesuatu yang unik, seperti gelang rumbai. Biasanya, gelang rumbai dipakai oleh penari Hawaii untuk menari hula-hula. Namun, apa jadinya bila kamu dan sahabatmu memakai gelang rumbai yang sama, lengkap dengan rok rumbai?
Membuat foto atau konten akan lebih seru bila memakai properti lucu seperti itu. Tenang saja, cara membuat rok rumbai kurang lebih sama seperti cara membuat gelang rumbai. Berikut cara membuat gelang dari tali rafia sebagai rumbai:

Alat dan bahan:

  • Tali rafia Laksana Mas Agung
  • Garpu/sisir/jarum
  • Gunting

Cara membuat gelang rumbai dari tali rafia:

  1. Gunting tali rafia Laksana Mas Agung sepanjang lingkar pergelangan tangan sebanyak 1 buah.
  2. Kemudian, potong tali sepanjang 15 cm sebanyak panjang tali lingkar.Misalkan, panjang tali pergelangan 17 cm, maka jumlah tali rafia Laksana Mas Agung yang harus dibuat ada 17 buah.
  3. Ikat tali rafia Laksana Mas Agung menggunakan simpul jangkar tepat di tengah. Beri jarak 1 cm untuk tiap tali. Lakukan hingga semua tali rafia Laksana Mas Agung terikat ke tali utama.
  4. Pakai garpu, sisir, atau jarum untuk mengoyak tali sehingga menjadi rumbai.
  5. Gelang rumbai tali rafia Laksana Mas Agung sudah jadi. Cara yang sama bisa kamu pakai untuk membuat rok rumbai, hanya saja sesuaikan panjang tali dengan tubuh.

3. Gelang fishtail

Gelang fishtail biasanya dibuat dari tali sepatu atau benang sulam. Cara membuatnya sedikit cukup rumit, untuk itu perhatikan baik-baik tutorial membuat gelang fishtail berikut ini.

Alat dan bahan:

  • Benang sulam 2 atau 3 warna, 4 potong sepanjang 75 cm
  • Gunting
  • Kancing

Cara membuat:

  1. Lipat benang menjadi dua bagian sama panjang, kemudian ikat ujungnya untuk disisakan sebagai jalan masuk kancing
  2. Bagi benang menjadi empat. Ingat urutan tali 1-2-3-4.
  3. Pindahkan benang 4 melewati nomor 3 menjadi 1-2-3-4.
  4. Pindahkan benang 1 melewati nomor 2 & 4 menjadi 2-4-1-3.
  5. Pindahkan benang 3 melewati nomor 1 menjadi 2-4-3-1.
  6. Pindahkan benang 2 melewati nomor 4 & 3 menjadi 4-3-2-1.
  7. Ulangi urutan kepang di atas hingga ke ujung, lalu buat simpul di ujung kepang.
  8. Ikat kancing dengan sisa benang, kemudian potong sisanya.
  9. Gelang sudah siap dipakai.

Itulah beberapa cara membuat gelang yang bisa kamu dan sahabat ikuti sebagai aktivitas berkumpul yang seru. Khusus kebutuhan bahan tali untuk membuat gelang, kamu bisa menggunakan tali rafia Laksana Mas Agung.

Selain kualitas tali yang bagus, warna-warna tali rafia Laksana Mas Agung sangat unik dan berbeda sehingga sangat cocok digunakan menjadi aksesoris yang cantik. Kamu bisa mendapatkan tali rafia Laksana Mas Agung di ShopeeTokopedia serta bisa juga kontak langsung melalui WhatsApp.