Cara Membuat Pecut dari Tali Rafia, Ternyata Mudah!

17 Agustus 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1666954003.jpg

Tali rafia dikenal sebagai tali yang kuat meskipun bahannya ringan. Oleh karena itu, tali rafia menjadi tali yang banyak digunakan untuk beragam keperluan. Selain harganya yang murah dan mudah ditemukan, tali rafia juga punya banyak pilihan warna sehingga lebih menarik saat dipakai untuk membuat kerajinan tangan. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat tali rafia tidak hanya untuk mengikat sesuatu, tapi juga membuat kerajinan yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Kerajinan tersebut di antaranya adalah kemoceng, rok rumbai, dompet, bunga, vas bunga, topi, hingga alas piring.

Namun, tahukah kamu bahwa tali rafia juga bisa dibuat menjadi pecut? Pecut biasanya digunakan untuk kuda, permainan kuda lumping, reog, dan sebagainya. Pecut yang awalnya terbuat dari kain ternyata bisa dibuat dengan mudah menggunakan tali rafia. Nah, bagaimana cara membuat pecut jaranan dari tali rafia? Yuk, ikuti tips selengkapnya berikut ini!

Cara membuat pecut dari tali rafia

Ada beberapa langkah dan cara membuat pecut dari tali rafia. Nah, simak langkah-langkahnya berikut ini, yuk!

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan saat membuat pecut dari tali rafia adalah menyiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan yang kita butuhkan adalah tali rafia secukupnya, gunting, dan kayu kira-kira ukuran 10-20 cm;

2. Langkah kedua adalah menentukan panjang pecut yang diinginkan. Setelah mendapatkan panjang yang diinginkan, potong tali rafia tersebut sebanyak 4-6 helai;

3. Langkah ketiga adalah menyematkan tali rafia pada kayu. Caranya adalah dengan merapatkan tali rafia yang satu dengan yang lain. Pastikan posisi tali rafia tersebut berada di salah satu ujung kayu, ya. Jika kamu mau menggunakan lebih dari satu warna tali rafia, sematkan tali rafia secara selang-seling sesuai warna yang kamu pilih;

4. Langkah keempat adalah memelintir tali rafia. Jika terdapat empat helai, pelintir menjadi dua bagian kecil (dibagi dua). Jika terdapat enam helai, tiap-tiap pelintir bagian kecil yang terdiri dari 3 helai rafia. Jika sudah dipelintir menjadi dua bagian kecil, pelintir ulang seluruh hasil tadi menjadi 1 bagian besar;

5. Langkah kelima adalah mengikat ujung tali hasil pelintir ke bayang kayu yang sudah disiapkan;

6. Pecut dari tali rafia sudah bisa kamu gunakan.

Pastikan memakai tali rafia yang kuat

Untuk membuat pecut dari tali rafia, pastikan kamu memilih tali rafia yang kuat. Kamu bisa mendapatkannya di Toko Laksana Mas Agung. Rekomendasi tali rafia untuk pecut yang berasal dari Laksana Mas Agung adalah Tali Lonceng.

Tali rafia yang kamu dapatkan dari Laksana Mas Agung memiliki banyak keunggulan, di antaranya adalah harganya yang ekonomis, bahannya yang berkualitas lokal terbaik, serta materialnya yang kuat dan tahan lama.

Tali rafia yang diproduksi oleh Laksana Mas Agung melibatkan teknologi canggih, lho! Sehingga, bisa mengolah limbah plastik menjadi produk tali rafia berkualitas yang punya banyak ragam warna. Tak hanya menarik, tapi juga lebih ramah lingkungan!


Nah, ternyata tali pecut tak hanya berasal dari material kain saja, ya. Kamu juga bisa membuatnya sendiri dari tali rafia dengan mengikuti langkah dan cara membuat pecut dari tali rafia di atas. Untuk mendapatkan informasi lengkap seputar tali rafia Laksana Mas Agung, kunjungi website dan Instagramnya, laksanamas.