Cara Membuat Pom-Pom dari Tali Rafia, Gampang Banget!

17 Agustus 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667188117.jpg

Pom-pom adalah salah satu pernak-pernik unik dan lucu yang digemari banyak orang. Bahkan, banyak desainer yang menggunakan pom-pom dengan kreasi warna-warninya sebagai pelengkap gaya yang trendi. Pom-pom bisa menjadi hiasan kepala, anting, gelang, kalung, hiasan baju, sepatu, dan lain-lain.

Lalu, tahukah kamu soal bahan dasar pembuatan pom-pom? Biasanya pernak-pernik ini terbuat dari benang wol. Namun, ternyata ada juga pom-pom yang berasal dari tali rafia, lho! Bagaimana cara membuat pom-pom dari tali rafia? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Gunakan jari-jemari

Pom-pom bisa dibuat dengan mudah hanya menggunakan jari tangan. Tidak perlu alat yang rumit dan canggih untuk membuat pom-pom dari tali rafia yang lucu dan bagus. Langkah yang harus dilakukan pertama-tama adalah tempatkan ujung tali rafia pada jari-jari kamu. Kamu bisa memakai tiga sampai empat jari, tergantung pada ukuran pom-pom yang kamu inginkan. 

Kemudian, lilitkan tali rafia di sekitar jari-jari kamu. Semakin banyak tali rafia yang melilit, pom-pom yang kamu buat akan semakin tebal. Perhatikan juga, jangan sampai kamu melilit tali rafia terlalu kencang karena akan mengganggu sirkulasi darah pada jari-jari kamu. Potong tali rafia yang lain secukupnya, lalu masukan ujung tali tersebut di antara jari-jari kamu. Tarik melalui sisi yang lainnya, lalu ikatkan dengan simpul yang kuat. 

Manfaatkan garpu makan

Garpu, bisa menjadi alat yang efektif untuk membuat pom-pom dari tali rafia. Tutorialnya cukup sederhana, tapi bisa membuat banyak pom-pom yang tidak kalah lucunya. Cukup siapkan tali rafia warna apa saja, gunting, dan tentu saja garpu.

Pertama-tama, kamu harus melilitkan tali rafia di sekitar ujung garpu. Terus lilitkan dengan konsisten sampai kurang lebih 50 kali lilitan. Pastikan kamu membuat sedikit celah di bagian bawah ujung garpu. Hal ini penting sekali untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Setelah tali rafia selesai dililitkan pada sekeliling garpu, rapikan secara perlahan agar tali rafia tidak menempel terus pada garpu. Potong bagian tali rafia dengan warna yang sama, lalu masukkan ujung rafia tersebut di antara dua cabang garpu tengah. Kemudian, ikat dengan simpul yang kuat agar menjadi pegangan untuk pom-pom. Terakhir, ikat dengan simpul ganda untuk memastikan ikatan benar-benar kuat.

Pakai alat pembuat pom-pom

Selain dengan cara-cara sederhana di atas, pom-pom juga sebenarnya memiliki alat khusus untuk pembuatannya. Cara pembuatannya sebenarnya hampir mirip, yaitu dengan melilitkan seluruh tali rafia ke sekitar alat tersebut hingga seluruh lingkaran diisi dengan tali rafia. 

Kemudian tutup alat pembuat pom-pom tersebut, lalu ikatkan tali kapas atau kawat ke bagian tengah pom-pom dan tarik dengan kencang. Potong tali rafia yang terlalu panjang. Pom-pom pun siap digunakan!

Manfaatkan bekas kertas gulungan tisu toilet

Barang-barang di sekitar kamu juga bisa dimanfaatkan untuk membuat pom-pom. Salah satunya adalah dengan kertas gulungan tisu toilet. Siapkan dua kertas bekas gulungan tisu toilet dan tali rafia. Masukkan tali rafia di antara dua gulungan tersebut, kemudian lilitkan tali rafia ke sekeliling gulungan dengan tidak terlalu erat.

Setelah terlilit dengan tebal, potong tali rafia dan masukkan di antara gulungan kertas tisu toilet. Ikat dengan simpul yang kuat. Selanjutnya, kamu tinggal menggunting pom-pom di antara celah tali rafia pada kedua sisi. Pastikan pom-pom berbentuk bulat. Pom-pom pun jadi dan siap digunakan!

Ikatkan ke meja atau kursi

Alat lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat pom-pom adalah kaki meja atau kursi. Seperti biasa, lilitkan tali rafia pada salah satu kaki kursi atau meja. Selanjutnya, ikat tali rafia yang sudah dililit dengan rafia lain sampai kamu memiliki gulungan tali rafia berbentuk seperti sosis. Gunting bagian tengahnya hingga jadilah pom-pom berbentuk bulat sempurna.


Nah, itulah langkah-langkah mudah untuk membuat pom-pom dari tali rafia. Pastikan kamu memakai tali rafia yang berkualitas untuk membuat pom-pom yang bagus dan lucu. Gunakan tali rafia dari Laksana Mas Agung yang sudah terjamin kualitasnya. Tersedia juga beragam warna tali polos yang bisa memperindah pom-pom buatanmu. Untuk pemesanan, silakan kontak melalui nomor WhatsApp +62 813 8888 4099.