Cara Mengelola Sampah di Rumah, Simpel dan Mudah!

22 September 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1666954395.jpg

Kamu bisa lho, mengelola sampah di rumah dengan simpel dan mudah. Rutin mengelola sampah di rumah dapat berkontribusi terhadap lingkungan hidup yang sehat. Tidak perlu bingung, yuk simak beberapa cara mengelola sampah di rumah berikut!

1. Selalu perhatikan kemasan

Cara mengelola sampah di rumah yang pertama adalah selalu perhatikan kemasan. Di kemasan biasanya tertera cara mengelola sampah yang benar dan jenis kemasannya sehingga memudahkan dalam pengelolaan sampah rumah tangga..

2. Pisahkan sampah sesuai jenisnya

Memisahkan sampah sesuai jenisnya tidak hanya berguna untuk memudahkan pembuangan dan pengolahan kembali, melainkan juga dapat menghindari terjadinya penumpukan sampah. Penumpukan sampah dapat menjadi sarang kuman dan bakteri yang dapat memicu berbagai jenis penyakit. Berdasarkan jenisnya, sampah umumnya dapat dipisahkan menjadi sampah organik dan anorganik.

Untuk memisahkan sampah sesuai jenisnya, kamu bisa menyiapkan dua tempat sampah yang berbeda di rumah. Satu untuk sampah organik dan lainnya untuk sampah anorganik. Seperti yang kamu ketahui, sampah organik adalah sampah yang berasal dari alam seperti sisa makanan atau daun, sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari bahan sintetik (non-alami) seperti plastik, karet, dan kaca.

3. Gunakan produk go green

Go green adalah tindakan mengubah gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan. Kamu bisa mulai gaya hidup yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan produk yang memang ramah lingkungan. Misalnya tote bag pengganti kantong plastik, tumbler, lunch box, sedotan stainless atau bambu, furnitur daur ulang, dan sabun non-detergen.

Kamu juga bisa gunakan produk yang bisa dipakai ulang seperti tali rafia Laksana Mas Agung yang sudah go green. Memilih produk tali rafia go green bisa kamu lakukan sebagai bentuk dukungan terhadap wacana pemerintah untuk memperbaiki lingkungan.

Laksana Mas Agung sendiri konsisten membuat produk tali rafia secara ramah lingkungan menggunakan bahan baku eco-friendly, karena sama sekali tidak menggunakan zat kimia yang bisa merusak lingkungan.

4. Jangan lupa terapkan 4R

Jangan lupa untuk terapkan 4R, yang merupakan singkatan dari Reduce, Reuse, Recycle, dan Recover. Berikut penjelasannya:

1. Reduce - Reduce mencakup semua kegiatan yang mengurangi timbulnya limbah padat ke lingkungan. Minimalkan penggunaan barang yang tidak perlu dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dengan memilih barang yang tahan lama.

2. Reuse - Reuse adalah penggunaan kembali suatu produk tanpa mengubah bentuk dan komposisinya untuk tujuan yang berbeda. Contoh reuse adalah menggunakan tas katun yang dapat digunakan kembali untuk berbelanja atau menyumbangkan pakaian lama untuk organisasi amal.

3. Recycle - Pemanfaatan sampah dengan mengolah dan memodifikasinya menjadi bentuk lain disebut recycle. Contohnya, mendaur ulang koran menjadi kotak sepatu dan sebagainya.

4. Recover - Sebagian besar bahan yang dibuang ke tempat sampah dapat digunakan dan diproses dengan cara selain dihancurkan. Proses ini dinamakan recover. Misalnya, sampah plastik yang tersisa dapat digunakan untuk menghasilkan energi. Ini adalah proses untuk mengubah produk limbah menjadi sumber daya (seperti bahan bakar, panas) melalui cara biologis.

5. Pelajari cara membuat kompos dari sampah

Dengan mempelajari cara membuat kompos dari sampah, kamu bisa menjadikan sampah rumah tangga lebih bermanfaat. Berikut langkah-langkah membuat kompos dari sampah rumah tangga:

     Kumpulkan sampah rumah tangga yang akan diolah menjadi pupuk kompos.

     Pisahkan sampah organik dengan sampah plastik.

     Siapkan wadah berukuran besar yang dilengkapi dengan penutup untuk membuat pupuk kompos sampah organik.

     Pada wadah yang sudah diisi dengan sampah organik, masukkan tanah secukupnya.

     Lanjutkan dengan menyiram permukaan tanah menggunakan air.

     Simpan sampah secara merata dengan ketebalan setara dengan ketebalan tanah.

     Tambahkan lagi tanah ke dalam wadah yang berperan sebagai penutup sampah.

     Pastikan wadah tertutup dengan dan biarkan sekitar tiga minggu.

 

Nah, itulah cara mengelola sampah di rumah yang bisa mulai kamu terapkan. Jangan lupa untuk pakai produk go green agar bisa kelola sampah lebih mudah. Kamu bisa gunakan produk tali rafia Laksana Mas Agung yang sudah go green dan awet jadi bisa dipakai berulang kali. Klik di sini untuk dapatkan informasi lebih lanjut mengenai berbagai produk tali rafia Laksana Mas Agung!