Cara Mengemas Barang Berukuran Besar Biar Pindahan Jadi Gampang!

22 September 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1666953431.jpg

Mengemas barang berukuran besar memiliki tantangan tersendiri. Di satu sisi, kamu harus membuat barang yang dikemas terlindungi dengan baik. Namun di sisi lain, kamu juga harus memastikan kalau barang yang dikirim mudah untuk dipindahkan dan tidak rusak ketika diangkat dengan peralatan gudang yang berat seperti truk trailer dan forklift.

Belum lagi kalau alamat tujuan pindahan cukup jauh, ini akan menjadikan barang diproses beberapa kali di dalam gudang dan membuatnya lebih berisiko rusak. Untuk bisa mengatasinya, kamu perlu tahu bagaimana cara mengemas barang berukuran besar yang efektif. Nah, tipsnya bisa kamu simak dalam poin-poin penjelasan berikut ini!

1. Sortir barang yang akan dibawa pindahan

Sebelum melakukan pengemasan, sortir terlebih dahulu barang-barang yang akan kamu bawa ketika pindahan. Kamu bisa mengelompokkannya berdasarkan jenis, dimensi, dan juga kerentanan barang. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mengemas barang yang ingin dibawa sesuai dengan kebutuhan karena cara mengemas barang akan berbeda-beda tergantung jenisnya.

Saat proses sortir barang, kamu juga bisa memisahkan mana barang yang wajib dibawa, ditinggal, atau dibuang. Dengan begitu, kamu tidak perlu terbebani barang pindahan yang terlalu banyak.

2. Cari tempat yang sesuai

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap jenis barang harus mendapatkan perlakuan yang berbeda. Pilihlah wadah atau kemasan yang sesuai dengan ukuran barang, kalau bisa, masukkan kembali barang yang ingin dibawa ke dalam kardus aslinya. Jika kardus aslinya sudah hilang, coba cari kardus lain yang ukurannya tidak jauh berbeda.

Kemasan barang yang tepat akan menjaga barang bawaan kamu agar tetap aman, tidak longgar, dan tidak mudah penyok ketika terkena banyak guncangan dan tekanan selama pindahan.

3. Foto barang yang perlu dirakit

Salah satu cara mengemas barang berukuran besar agar lebih mudah dibawa adalah dengan mengubahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Ini bisa kamu lakukan jika barang yang dikemas bisa dibongkar pasang seperti lemari, dipan, TV, dan lain sebagainya. Salah satu kesalahan yang sering terjadi ketika mengemas barang bongkar pasang adalah kamu lupa bagaimana bentuk asli yang benar.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memfoto barang yang ingin dikirim sebelum membongkarnya. Dengan begitu, nantinya kamu bisa dengan mudah melihat contoh rakitan yang benar dan mengembalikannya seperti keadaan semula. Ini juga akan sangat berguna kalau kamu pakai jasa pindahan, kondisi barang akan ketahuan jika ternyata rusak di jalan.

4. Mencicil barang yang harus dipindahkan 

Mengirim barang sekaligus tentu akan sangat berat, kamu tidak perlu langsung memindahkan semua barang ke tempat baru dalam satu kali jalan. Kalau dirasa barang yang perlu dikirim memang banyak, kamu bisa mengirimkannya secara bertahap.

Mulailah untuk mengirim barang dengan ukuran besar terlebih dahulu, jika bisa dibongkar pasang, pastikan komponen-komponennya sudah dikelompokkan agar tidak tercecer dan kamu tidak kebingungan ketika ingin merakitnya lagi.

5. Beri label di tiap boks

Tips ini melanjutkan cara mengemas barang sebelumnya, kalau kamu tadi sudah mengelompokkan barang-barang berdasarkan jenisnya, sekarang berikan label pada tiap boks barang yang ingin dipindahkan. Langkah ini akan mempermudah kamu menentukan prioritas dan menemukan barang ketika sudah sampai di tempat baru.

Kamu juga akan mudah untuk memonitor apakah semua barang bawaan sudah terangkut atau belum. Jadi, kamu bisa terhindar dari masalah barang tertinggal di tempat lama. Pindahan jadi makin efektif, deh!

6. Kemas barang dengan efisien

Ketika ingin mengirim barang, pastikan semuanya sudah dikemas dengan efisien. Kemaslah setiap barang dengan kertas pembungkus, bubble wrap, dan plastik tebal jika diperlukan. Setelah itu, kamu bisa menempatkan barang berat di bagian bawah kotak dan barang ringan di atas kotak untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Satukan barang-barang kecil seperti buku dan mainan di kotak kecil. Sedangkan untuk barang elektronik dan pecah belah gunakan lapisan pelindung dan bubble wrap yang lebih tebal untuk mencegah terjadinya kerusakan. Agar mudah membawanya, kamu juga bisa menggunakan tali rafia untuk mengikat setiap kotak barang.


Namun, pastikan tali rafia yang kamu gunakan memiliki kualitas tinggi seperti tali rafia Laksana Mas Agung. Dibuat menggunakan mesin berteknologi tinggi, tali rafia Laksana Mas Agung jauh lebih kokoh serta memiliki warna yang cerah saat dibandingkan produk rafia sejenis. Dengan menggunakannya, barang pindahan pun  jadi makin aman dan mudah dibawa, deh!