Cukup dengan Tali Rafia, Cara Membuat Jemuran Baju yang Praktis!

01 November 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667289820.jpg

Seperti apa sih, cara membuat jemuran baju? Menjemur pakaian di tali jemuran adalah cara yang praktis, hemat, sekaligus ramah lingkungan. Ketika menggunakan pengering pakaian, kamu sudah membuang banyak sekali energi hanya untuk mengeringkan beberapa potong pakaian. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan tali jemuran dan membiarkannya kering secara alami karena panas dari matahari.

Membuat jemuran bisa dilakukan dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitarmu. Terlebih, cara membuat jemuran baju pun tidak begitu sulit. Biar enggak tambah bingung, yuk simak langkah-langkahnya berikut!

Persiapan jemuran baju

Sebelum kamu mulai membuat tali jemuran, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, seperti alat dan bahan serta lokasi untuk meletakkan jemuran.

Kalau kamu tidak ingin membuat tiang sendiri, pastikan batang kayu atau tiang yang dijadikan pasak jemuran memiliki panjang yang tepat. Pilih kayu yang ukurannya tidak kurang dari tinggi badanmu sendiri agar bisa digunakan untuk menggantung pakaian tanpa menyentuh tanah.

Selain tinggi jemuran, pastikan lokasinya memang bisa digunakan untuk membentangkan jemuran. Pilih lahan yang cukup lapang dan terkena sinar matahari langsung agar pakaian yang kamu jemur bisa cepat kering.

Cara membuat jemuran dari tali rafia

Mulai dari yang paling sederhana, kamu bisa membuat jemuran menggunakan tali rafia. Barang-barang yang dibutuhkan mudah ditemukan di sekitar kamu, kalau tidak ingin membuat tiang sendiri, maka kamu hanya perlu menyediakan tali rafia untuk nantinya dibentuk menjadi tali jemuran.

Enggak semua tali rafia cocok untuk menjemur pakaian. Seperti yang kita ketahui, pakaian basah jauh lebih berat daripada pakaian kering. Oleh karena itu, tali yang digunakan harus super kokoh agar tidak putus ketika digunakan untuk menjemur.

Untuk mendapatkan tali yang kokoh, murah, dengan warna beragam, kamu bisa beli Tali Super dari Laksana Mas Agung. Selain kokoh dan indah, tali ini juga ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya di proses pembuatannya. Nah, untuk cara membuat jemuran baju dari tali rafia, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, siapkan 3 utas tali rafia berbagai warna dengan panjang sesuai kebutuhan.

  2. Kedua, ikat ketiganya di bagian ujung lalu kaitkan pada penyangga.

  3. Ketiga, kepang tali rafia tersebut layaknya kamu mengepang rambut. Sisakan sedikit tali di ujung untuk mengikatnya kembali.

  4. Keempat, tali super yang digunakan sudah selesai dan makin kokoh, sekarang siap untuk diikat ke tiang yang akan digunakan untuk tempat jemuran.

Mudah bukan, cara membuat jemuran dari tali rafia? Selain menggunakan tali seperti tadi, kamu juga bisa melakukannya dengan berbagai cara lain seperti yang akan dijelaskan pada poin-poin selanjutnya!

Cara membuat jemuran baju dari kayu

Kalau kamu mau membuat jemuran baju yang kokoh dan awet, material kayu bisa menjadi pilihan yang tepat. Supaya lebih hemat, pakai kayu bekas juga enggak masalah, kok. Syaratnya, pilih kayu bekas yang kondisinya masih kokoh dan kuat untuk menahan beban berat. Untuk membuatnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, siapkan alat dan bahan meliputi empat batang kayu berbagai ukuran, sekrup berujung lancip, baut, kait, pengencang tali, tali jemuran sesuai kebutuhan, semen sesuai keperluan.

  2. Kedua, potong kayu sesuai ukuran, biasanya untuk jemuran kamu perlu kayu setinggi 1,8 meter di setiap sisi karena nantinya ada 30-60 sentimeter kayu yang ditanam ke dalam tanah.

  3. Ketiga, buat kayu untuk segitiga siku. Untuk bagian yang lurus ukurannya 1,2 meter sedangkan bagian miring segitiga harus berukuran 0,6-0,9 meter dengan ujung kayu membentuk sudut 45 derajat.

  4. Keempat, bor lubang dan pasang semua kayu segitiga siku tadi ke tiang panjang menggunakan sekrup. Lalu pasang kait di bagian samping tiang jemuran.

  5. Kelima, gali lubang, masukkan tiang, dan tutup lubang tersebut menggunakan campuran semen, pastikan tiang rata dan bisa berdiri kokoh.

  6. Keenam, pasang tali jemuran ke kait yang berada di tiang jemuran tadi. Selesai.

Kalau kamu tidak menemukan kayu bekas yang cukup di sekitar atau ini terasa terlalu mahal, maka kamu bisa menggunakan bahan yang lebih sederhana seperti paralon. Cara membuatnya juga tidak kalah mudah, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara membuat jemuran dari paralon

Harga paralon jelas lebih murah daripada kayu, bobotnya juga lebih ringan sehingga kamu bisa membuat jemuran yang bisa di pindah-pindah sesuai kondisi panas matahari. Alat dan bahan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

  • 2 batang paralon PVC 65 cm

  • 5 batang paralon PVC diameter ¾ ukuran 90 cm

  • 4 paralon diameter ¾ ukuran 10 cm

  • 6 paralon diameter ¾ ukuran 5 cm

  • 4 paralon diameter ¾ ukuran 8 cm

  • 8 sambungan diameter ¾ siku atau sambungan

  • 10 sambungan T

  • Tali meteran

  • Gergaji besi

  • Spidol

Setelah semua alat dan bahan sudah siap, kamu bisa lanjut ke langkah-langkah di bawah  ini untuk membuatnya.

  1. Pertama, potong paralon dengan panjang 50 cm.

  2. Kedua, sambungkan 2 buah pipa ukuran 8 cm dengan sambungan T dan berikan 2 buah sambungan L di kedua sisi pipa.

  3. Ketiga, masukkan paralon ukuran 5 cm di bagian atas sambungan T, lalu berikan lagi sambungan T di atas pipa tersebut. Ulangi cara yang sama untuk membuat sisi satunya.

  4. Keempat, sambungkan pipa 90 cm pada sambungan T.

  5. Kelima, buat bagian atas jemuran dengan cara menyambungkan 3 buah sambungan T hingga menjadi satu menggunakan paralon berukuran 5 cm. T bagian tengah menghadap atas. Ulangi cara yang sama untuk membuat sisi sebelahnya.

  6. Keenam, satukan bagian alas dan atas jemuran melalui sambungan T tadi. Selesai.


Mudah, bukan cara membuat jemuran baju dari tali rafia? Hanya bermodalkan bahan-bahan sederhana dan Tali Super dari Laksana Mas Agung yang kokoh dan ramah lingkungan, kamu sudah bisa menghemat energi dan membuat tempat jemuran sendiri. Tali Super Laksana Mas Agung kini tersedia di Tokopedia dan Shopee. Kamu juga bisa melakukan pemesanan langsung via WhatsApp, lho!