Cukup Satu Bahan! Cara Membuat Rambut Palsu dari Tali Rafia

07 November 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667895407.jpg

Rambut palsu tali rafia sangat cocok untuk memeriahkan acara-acara tertentu, seperti ulang tahun, pentas seni sekolah, dan semacamnya. Sebetulnya, ada banyak bahan dasar yang bisa digunakan untuk membuat rambut palsu, tapi tali rafia adalah salah satu pilihan yang paling terjangkau dan praktis. Pastikan kamu memilih tali rafia berkualitas baik seperti milik Laksana Mas Agung.

Rambut palsu dari tali rafia juga bisa terlihat sangat cantik karena banyaknya pilihan warna. Jadi, dalam satu rambut palsu, kamu bisa menggunakan beragam warna rafia sekaligus untuk membuatnya jadi lebih unik.

Nah cara membuat rambut palsu dari rafia juga cukup mudah. Kerajinan tangan ini bahkan bisa dilakukan oleh anak-anak untuk meningkatkan kreativitas mereka. Yuk, simak cara selengkapnya di bawah ini!

Tahap persiapan

Pada dasarnya, cara membuat rambut palsu cukup sederhana. Kamu hany perlu membuat bagian dasar wig terlebih dahulu, baru menanamkan tali rafia sebagai bahan membuat rambut palsu tersebut.

Tahap 1: ukur kepala pemakai wig

Sebagai langkah awal, kamu harus mengukur kepala pengguna atau kepala pemakai wig. Caranya:

  1. Siapkan pita pengukur pakaian.
  2. Ukur mulai dari garis teratas rambut di bagian kening hingga pangkal rambut di leher belakang.
  3. Ukur lingkar kepala, pastikan pita pengukur mengenai bagian atas telinga di kedua sisi kepala.
  4. Catat ukuran tersebut di kertas untuk tahap selanjutnya.

Tahap 2: buat dasar wig

Setelahnya, kamu perlu membuat dasar wig untuk menanamkan tali rafia.

Akan lebih mudah jika kamu memiliki topi bekas yang tidak terpakai, potong bagian leher topi, dan gunakan bagian mangkoknya saja.

Jika tidak memiliki topi bekas, mau tak mau kamu perlu membuat dasar wig menggunakan pita katun dan kain kaus atau semacamnya. Caranya:

  1. Ukur dan potong pita katun sesuai dengan catatan ukuran kepala yang sebelumnya.
  2. Potong pita katun tersebut untuk membentuk tulangan topi, yaitu garis melingkar kepala dan garis dari kening ke bagian belakang leher.
  3. Setelahnya, potong kain kaus melingkar sesuai dengan diameter kepala yang sudah diukur.
  4. Jahitkan kain tersebut ke pita katun yang sudah dipotong sebelumnya, pastikan untuk membentuk pola melingkar di bagian luar.
  5. Jika sudah, buat lubang di beberapa titik di bagian dasar wig. Lubang ini akan digunakan untuk mengikat tali rafia, pastikan jarak antar lubang teratur.
  6. Pasang bahan dasar wig ke kepala terlebih dahulu, pastikan ukurannya pas. Jika tidak pas, kamu perlu menjahit kembali dan menyesuaikan ukurannya.

Membuat rambut palsu dari tali rafia

Setelah menyiapkan bagian dasar wig, langkah berikutnya relatif mudah. Kamu tinggal memotong tali rafia sesuai panjang rambut yang diinginkan, bisa dengan satu warna, bisa juga berbagai warna sekaligus. Berikut cara membuat wig dari tali rafia.

Alat dan bahan:

  • Gunting
  • Pisau cutter
  • Tali Super dari Laksana Mas Agung

Laksana Mas Agung dikenal sebagai salah satu produsen tali rafia berkualitas tinggi. Untuk varian Tali Super, kamu bisa mendapatkan jenis tali yang glossy dan unik. Ada enam pilihan warna tali super Laksana Mas Agung, yaitu merah, biru, kuning, hijau, ungu, dan oranye.

Cara membuat:

  1. Potong tali rafia sesuai panjang yang kamu mau.
  2. Siapkan beberapa potongan sekaligus untuk membuat rambut tampak lebat, bisa sampai 50-60 potongan.
  3. Ikat salah satu ujung tali rafia ke bagian dasar wig yang sudah dilubangi.
  4. Setelahnya, belah potongan tali rafia tersebut untuk membuatnya terlihat lebih tipis dan terkesan seperti rambut asli.
  5. Semakin tipis kamu membelah tali rafia tersebut, semakin bagus hasil akhirnya.
  6. Selesai! Jika sudah puas dengan hasil akhir, kamu bisa menggunakan wig dari tali rafia untuk keperluanmu.

 

Nah itu dia cara membuat rambut palsu dari tali rafia. Mudah, bukan? Kamu bisa menggunakan berbagai bahan membuat rambut palsu yang lain, tapi sejauh ini tali rafia adalah bahan terbaik yang awet dan terjangkau.

Untuk memenuhi kebutuhan kamu, Laksana Mas Agung menyediakan tali rafia dengan beragam jenis, warna, dan ukuran, termasuk untuk kebutuhan membuat rambut palsu. Kini, tali rafia Laksana Mas Agung bisa didapatkan di ShopeeTokopedia dan juga kontak langsung melalui WhatsApp.