Daur Ulang Sampah Plastik Jadi Tali Rafia? Mudah!

31 Agustus 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1666954704.jpg

Bisa dikatakan kalau hidup manusia tidak bisa dipisahkan dari penggunaan plastik. Namun, saat ini sampai plastik sudah semakin mengkhawatirkan. Untungnya, sampah tersebut bisa didaur ulang jadi tali rafia. Wah, bagaimana caranya, ya?

Inovasi daur ulang sampah plastik menjadi tali rafia adalah salah satu langkah dalam mencegah kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik. Kerusakan tersebut dapat terjadi karena plastik memiliki sifat yang sulit terurai. Sehingga, daur ulang sampah plastik menjadi tali rafia tidak hanya mencegah kerusakan lingkungan, tapi juga membantu kehidupan manusia.

Pasalnya, tali sering digunakan untuk mengikat sesuatu. Memilih tali rafia untuk mengikat sesuatu memiliki kelebihan tersendiri, lho. Bobotnya yang ringan sangat cocok digunakan untuk mengikat barang-barang sehingga dapat meringankan beratnya saat dibawa. Selain itu, tali rafia juga mudah dibawa dan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

Fungsi tali rafia

Tali rafia tidak hanya sebatas benda untuk mengikat. Banyak hal yang dapat dimanfaatkan dari tali rafia, salah satunya adalah dengan membuat kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang bisa dibuat menggunakan tali rafia antara lain kemoceng untuk membersihkan debu, bunga dan vas bunga sebagai hiasan, topi papua sebagai aksesoris, hingga dompet untuk menyimpan uang, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Memanfaatkan tali rafia sebagai kerajinan tangan tidak hanya dilakukan untuk mengisi waktu kosong. Kerajinan tersebut juga bisa kamu jual untuk menambah pemasukan. Nah, sudah terbukti, bukan, hanya dari sampah plastik saja kamu sudah bisa menghasilkan uang. Semakin tertarik untuk mendaur ulang sampah plastikmu jadi tali rafia?

Cara daur ulang sampah plastik jadi tali rafia

Sampah plastik dapat dengan mudah kamu temukan di mana-mana. Kebanyakan orang menganggapnya tidak berharga hingga harus membuangnya. Bahkan, tak jarang kamu menemukan sampah plastik di tempat yang tidak seharusnya, seperti di aliran sungai ataupun kali. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dengan sampah plastik, salah satunya dengan mendaur ulangnya menjadi tali rafia. Berikut cara mengolahnya.

1. Siapkan tas kresek atau sampah plastik

Perhatikan bahan tas kresek atau sampah plastik yang kamu miliki. Pilihlah bahan yang bagus apabila kamu menginginkan tali yang kuat. Selain itu, perhatikan juga besaran tas kresek tersebut. Semakin besar tas kresek yang kamu gunakan, semakin panjang tali yang dihasilkan. Selanjutnya, hamparkan tas kresek di permukaan yang datar dan diluruskan menggunakan tangan agar tidak bergelombang maupun kusut.

2. Pengguntingan sampah plastik

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunting sampah plastik yang telah diluruskan. Lakukan pemotongan secara horizontal dengan ukuran 3 cm pada masing-masing bagian yang dipotong. Bila ingin kualitas tali yang lebih kuat, ukuran pemotongan bisa kamu lebarkan. Setiap potongan akan berbentuk lingkaran. Langkah selanjutnya adalah dengan memotong lingkaran tersebut sehingga akan membentuk seperti tali yang memanjang.

3. Proses pembuatan tali

Sampah plastik yang telah dipotong dan berbentuk memanjang seperti tali, selanjutnya ditarik hingga tali mengecil. Lakukan hal ini secara perlahan agar tali tidak putus. Lebar tali akan mengecil tetapi juga memanjang. Setelah selesai menarik setiap potongan tas kresek, maka kamu akan mendapatkan beberapa helai tali hasil menarik tas kresek tersebut. Selanjutnya, sambungkan masing-masing potongan tali menjadi satu hingga tali siap digunakan.

4. Trik membuat tali menjadi lebih banyak dan lebih panjang

Proses di atas menjelaskan pembuatan tali dari awal hingga akhir hanya dengan menggunakan satu tas kresek atau sampah plastik. Jika kamu menginginkan tali yang lebih banyak dan lebih panjang, silakan lakukan trik di bawah ini.

  • Tumpuk beberapa tas kresek atau sampah plastik di permukaan yang datar.
  • Lakukan pengguntingan secara merata pada sampah plastik yang telah ditumpuk tersebut hingga plastik terpotong dan membentuk seperti tali.
  • Tarik tali secara bersamaan dan perlahan. Pastikan panjang dan lebarnya sesuai dengan keinginan kamu.


Beli tali rafia di Laksana Mas Agung saja!

Cara di atas bisa kamu gunakan untuk keadaan darurat. Namun, untuk kebutuhan yang lebih praktis, kamu bisa membeli tali rafia di Laksana Mas Agung yang menjual tali rafia dengan kualitas terbaik. Tali rafia dibuat dengan menggunakan teknologi canggih dan memiliki beberapa keunggulan seperti bahan yang ramah lingkungan, ekonomis, kuat, dan tahan lama.

Itulah cara mendaur ulang sampah plastik menjadi tali rafia yang bisa dengan mudah kamu praktikkan di rumah. Namun, jika ingin membeli tali rafia di Laksana Mas Agung, kamu tidak perlu repot karena bisa memesannya melalui marketplace besar, seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak dengan nama Laksanamas. Di sana kamu bisa memilih berbagai macam tali sesuai kebutuhan dan keinginan karena tersedia beberapa varian, termasuk pilihan warna. Informasi lebih lengkap silakan kunjungi Instagram Laksana Mas Agung.