Di Mana Bisa Beli Tali Rafia Online Berkualitas Bagus?

17 Juni 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667194685.jpg

Di mana bisa beli tali rafia berkualitas secara online? Tali rafia adalah jenis tali yang terbuat dari plastik. Jenis tali yang satu ini sangat serbaguna. kamu bisa menggunakannya untuk berbagai aktivitas, baik aktivitas indoor maupun outdoor. Maka dari itu, penting untuk mengetahui di mana bisa beli tali rafia. Akan lebih baik lagi jika tali rafia bisa dibeli secara online dan dalam jumlah besar.

Untuk beli tali rafia memang tidak sulit. Sebab, jenis tali yang satu ini sangat mudah ditemukan. Mulai dari toko swalayan hingga warung-warung sembako kecil, hampir semuanya menyediakan tali rafia. Hanya saja, tidak semua tali rafia yang ada di pasaran memiliki kualitas yang bagus.

Tak jarang, ada tali rafia yang terbuat dari plastik grade rendah. Alhasil, kualitas tali rafia pun ikut rendah. Tali cenderung rapuh dan mudah putus, warnanya pun tampak pudar. Padahal, tali rafia tersebut digunakan dalam keperluan penting seperti mengikat barang dagangan yang akan dikirim kepada pelanggan. Oleh karenanya, tempat beli tali rafia pun tidak bisa asal pilih, kamu harus bisa memastikan kualitasnya lebih dulu.

Artikel kali ini, selain menjawab pertanyaan tentang di mana bisa beli tali rafia, juga akan membahas tentang kegunaan tali rafia. kamu juga bisa menemukan ulasan mengenai kerajinan tangan yang berbahan dasar tali rafia untuk hiasan rumah. Di bagian akhir artikel akan dibahas mengenai tempat beli tali rafia dengan kualitas terbaik, termasuk untuk pembelian online melalui e-commerce atau marketplace. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Tali Rafia?

Mari awali pembahasan mengenai tempat beli tali rafia berkualitas dengan definisi tali rafia itu sendiri. Tali rafia adalah jenis tali yang berbahan dasar plastik. Dinamakan rafia karena mulanya tali jenis ini terbuat dari serat tangkai daun dari pohon sejenis palem (Raphia ruffia).

Dalam bahasa Inggris, tali rafia disebut dengan istilah “plastic rope” atau “tear belt”. Tali rafia diproduksi massal pada tahun 1970-an. Salah satu pelopornya adalah Shanghai Plastic Products Factory. Kala itu, tali rafia dijadikan pengganti tali rami, tali tambang, dan bahkan dijadikan rumput imitasi. Jenis tali ini dipilih karena ekonomis dan pembuatannya pun tidak sulit.

Sejak saat itu, transaksi jual beli tali rafia meningkat. Jumlah peminatnya pun terus naik. Bisa dibilang, tali rafia selalu ada dalam berbagai aspek kehidupan. Orang-orang membeli tali rafia untuk keperluan rumah tangga, perlengkapan dagang, hingga dijadikan bahan baku kerajinan tangan.

Kini tali rafia pun tak lagi terbuat dari Raphia ruffia. Tali rafia yang kamu beli kebanyakan menggunakan bahan baku polypropylene (PP) atau polyethylene (PE). Keduanya merupakan jenis serat sintetis yang kerap digunakan untuk membuat perkakas plastik.

Untuk membuat tali rafia, serat sintetis tersebut ditiup hingga mengembang. Setelah mengembang, serat plastik dibentuk melalui proses ekstrusi (serat ditekan hingga mengalir dengan cepat melalui lubang-lubang kecil). Aliran serat tersebut kemudian membentuk benang-benang halus. Agar bisa menghasilkan bentuk tali rafia seperti yang kamu kenal, benang-benang tersebut dijalin hingga menjadi lapisan pipih panjang.

 

Tali Rafia Buat Apa, sih?

Sebelum membahas tentang tempat beli tali rafia berkualitas, ada baiknya kamu mengetahui kegunaannya. Tali rafia tergolong jenis tali yang multifungsi. Ada banyak sekali kegunaan tali rafia dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa di antaranya:

   Kebutuhan rumah tangga

kamu bisa beli tali rafia untuk menata barang-barang di rumah. Barang-barang yang sejenis dikelompokkan, kemudian diikat dengan tali rafia agar ruangan terlihat lebih rapi.

Tali rafia juga bisa digunakan untuk merapikan sampah seperti kardus dan kertas bekas. Dengan mengikat sampah kardus menggunakan tali rafia, kamu akan lebih mudah membuangnya. Petugas yang mengangkut sampah pun tidak akan merasa kesulitan.

   Perlengkapan toko

Bagi kamu yang memiliki usaha sendiri, tali rafia adalah perlengkapan yang wajib ada. Oleh karenanya, jangan pernah lupa untuk beli tali rafia, ya.

Jenis tali yang satu ini praktis untuk mengemas barang dagangan, terutama jika kamu harus mengirimkannya kepada pelanggan. Kamu juga bisa menggunakan tali rafia untuk mengelompokkan stok barang dan inventaris toko. Barang-barang yang sudah dikelompokkan dan diikat dengan tali rafia akan lebih ringkas. Kamu pun tidak akan kesulitan mencari barang nantinya.

Selain itu, tali rafia juga bisa digunakan untuk menjahit karung beras atau tepung. Ini sangat penting bagi kamu yang memiliki toko sembako. Menjahit ulang karung akan mencegah kerusakan produk karena terjadi kebocoran. Alasan inilah yang membuat para pemilik toko sembako atau toko kelontong selalu beli tali rafia, sebagai persiapan untuk menjaga kualitas produk.

   Peralatan wajib usaha logistik

Selain toko sembako, kegiatan usaha lain yang pasti membutuhkan tali rafia adalah bisnis logistik atau pengiriman barang. Biasanya, tali rafia digunakan untuk mengikat barang-barang kiriman yang berada di satu lokasi. Dengan begitu, petugas pengiriman lebih mudah membawa barang.

Terkadang, tali rafia juga dijadikan alat pembatas untuk memisahkan barang yang akan dikirimkan. Setelah dikelompokkan, barang diletakkan di satu tempat, kemudian diberi pembatas tali rafia. Dengan begitu, barang tidak akan tercampur. Dengan berbagai kegunaan tersebut, maka tidak mengherankan jika pemilik usaha logistik selalu membeli tali rafia sebagai inventaris.

Bisa Juga untuk Bahan Kerajinan Tangan, lho!

Ternyata, selain untuk beragam kebutuhan yang disebutkan pada poin sebelumnya, tali rafia pun bisa dijadikan bahan baku untuk pembuatan kerajinan tangan. Bahkan menariknya lagi, kerajinan tangan dari bahan tali rafia pun sangat bermacam-macam jenisnya. Penasaran apa saja? kamu bisa menyimak beberapa contohnya berikut ini:

1.  Dompet

Untuk membuat kerajinan tangan berupa dompet dari tali rafia tidaklah sulit. Tentunya, jangan lupa membeli tali rafia terlebih dulu. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan gunting dan kertas.

Langkah pertama, bagi tali menjadi 8 dengan ukuran masing-masing 9 cm. Kemudian, bagi tiap utas menjadi 3 bagian. Sediakan 22 utas tali dengan panjang 72 cm. Posisikan kertas yang telah dibagi 2 di atas 22 utas tali. Satukan tiap ujung tali panjang dengan tali berukuran 9 cm hingga membentuk bagian dasar dompet. Potong bagian tali yang mencuat. Dompet tali rafia siap dipakai.

2. Alas piring

Selain dompet, tali rafia juga bisa dijadikan kerajinan alas piring. Untuk membuatnya pun tidak sulit. Setelah beli tali rafia, kamu cukup menyiapkan gunting, lem, kain perca, serta kertas karton sebagai dasar alas piring.

Mula-mula, buat pola di karton dengan diameter 10 cm. Setelah itu, beri lem pada permukaan karton. Tempelkan tali rafia melingkar hingga seluruh permukaan karton tertutupi, mulai dari tengah lingkaran agar hasilnya rapi. Sebagai hiasan, tempelkan kain perca di tepi alas piring.

3. Topi

Perlu topi untuk memeriahkan acara ulang tahun? Daripada membeli, kamu bisa membuatnya dari tali rafia. Selain beli tali rafia, kamu perlu menyiapkan busa hati (ukuran 60 x 7,5 cm), kain goni atau perca, pita (lebar 5 cm), dan karet elastis.

Ambil tali rafia dengan panjang sekitar 70 cm. Kemudian, potong tali dengan ukuran 35 cm dan buat 60-70 helai. Bagi tiap utas tali menjadi 3 untuk membentuk simpul. Setelah itu, tempelkan rumbai-rumbai tali ke busa hati dan tutup dengan kain. Pada bagian dasar, berilah pita. Pasang karet elastis di bagian belakang dengan simpul mati. Rekatkan atau jahit agar karet tidak bergeser. Topi pun siap dipakai!

4. Kemoceng

Beli tali rafia terlalu banyak? Jangan terburu-buru dibuang, kamu bisa menjadikannya kemoceng plastik. Alat dan bahan tambahan yang harus disiapkan adalah batang kayu (30-40 cm), gunting, cutter, paku, dan jarum.

Pertama-tama, potong tali rafia dalam ukuran 20-30 cm untuk dijadikan bulu kemoceng. Potong tali lain dengan ukuran 2-3 m untuk mengikat bulu. Jika sudah, sisir tali rafia pendek hingga membentuk rumbai-rumbai halus. Potong bulu yang ukurannya tidak seragam agar kemoceng rapi. Terakhir, lilitkan untaian rumbai-rumbai tali rafia pada batang kayu dari atas ke bawah. Sisakan sekitar ¾ bagian kayu sebagai pegangan.

5. Kerajinan bunga

Selain topi dan kemoceng, kamu juga bisa menyulap gulungan tali rafia menjadi kerajinan bunga. Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja membeli tali rafia. Sebaiknya pilihlah tali rafia warna-warni. Kemudian, jangan lupa siapkan alat dan bahan berupa kawat dan gunting.

Untuk membuat bunga, ambil rafia merah. Potong tali dengan ukuran 1 m dan buat simpul di salah satu ujungnya. Pada ujung yang satunya, gulung tali hingga membentuk kelopak. Setelah itu, rekatkan dengan simpul menggunakan lem. Sedangkan untuk tangkai, lilitkan rafia hijau pada kawat. Terakhir, satukan bunga dengan tangkai.

 

Tali Rafia Seperti Apa yang Seharusnya Dipilih?

Sekarang ini, beli tali rafia memang sangat mudah. kamu bahkan bisa membeli tali rafia secara online. Meski begitu, kamu harus berhati-hati dalam memilih. Sebab, tidak semua tali rafia punya kualitas yang baik. Beberapa terbuat dari bahan dengan grade rendah sehingga lebih mudah rusak.

Ketika membeli tali rafia, coba perhatikan permukaannya. Tali rafia berkualitas memiliki permukaan yang halus dan tidak berserabut. Warnanya pun cerah dan cenderung mengkilap (glossy). Saat digunakan, tali juga cenderung elastis meski tidak selentur karet. Itu berarti, tali tidak akan mudah putus. Tali rafia dengan kualitas bagus dan terbuat dari material terbaik bisa kamu dapatkan di Laksana Mas Agung.

 

Beli Tali Rafia Online Berkualitas di Laksana Mas Agung!

Ya, kini kamu bisa beli tali rafia secara online di Laksana Mas Agung. Pembelian dapat dilakukan melalui e-commerce seperti Shopee atau pun Tokopedia. Selain itu, Laksana Mas Agung juga menyediakan kontak WhatsApp yang dapat dihubungi khusus untuk pembelian tali rafia.

Laksana Mas Agung dulunya bernama UD. Lim, sebuah perusahaan yang menjual aneka produk berbahan plastik. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1970 oleh 4 bersaudara marga Lim. Kemudian pada tahun 1977-1979, UD. Lim berubah menjadi CV. Kapuk Mas Agung. Perusahaan yang awalnya berupa pergudangan kini menjadi perindustrian (pabrik) yang fokus pada produksi tali rafia sambil masih tetap berjualan produk berbahan plastik.

Seiring berjalannya waktu dan semakin meningkatnya permintaan terhadap tali rafia, berdirilah PT Laksana Mas Agung pada tahun 2018. Berbeda dengan Kapuk Mas Agung yang masih konvensional, Laksana Mas Agung memanfaatkan teknologi modern, menghasilkan produk berkualitas dan banyak dicari pembeli tali rafia.

 

Tali Rafia Apa Saja yang Dijual oleh Laksana Mas Agung?

Lalu, jenis tali rafia apa saja yang bisa dibeli di Laksana Mas Agung? Di Laksana Mas Agung, kamu tidak akan kesulitan mencari tali rafia yang ingin dibeli. Sebab, Laksana Mas Agung menyediakan beragam pilihan tali rafia, mulai dari warna, kualitas, hingga merek. Berikut adalah beberapa opsi tali rafia yang tersedia di Laksana Mas Agung.

Pilihan tali rafia sesuai jenis

Untuk pilihan tali rafia menurut jenisnya, kamu bisa mengecek daftar produk berikut ini:

- Tali Super

Jika kamu perlu membeli tali rafia yang kuat dan tahan lama, bisa memilih Tali Super ini. Tali Super produksi Laksana Mas Agung memiliki warna yang sangat glossy sehingga terlihat mencolok dan berbeda dengan tali rafia lainnya.

Tali Super hadir dalam 6 warna menarik, yaitu merah, biru, kuning, hijau, ungu, dan jingga. Tersedia dalam ukuran 5 kg dan 10 kg yang bisa dipilh sesuai kebutuhan. Jenis tali ini dibanderol dengan harga Rp21.000/kg. Dengan bahan baku berkualitas tinggi, Tali Super ini banyak dicari dan memiliki ketahanan tinggi.

- Tali Warna

Selanjutnya ada Tali Warna. Jenis tali rafia yang satu ini hadir dengan warna-warni cerah. Dari tampilan luarnya saja sudah tampak berkelas dan berbeda dari produk kompetitor. Tali Warna dari Laksana Mas Agung ini memiliki 4 pilihan warna: merah, biru, kuning, dan hijau. Untuk ukurannya, tersedia dalam 2 opsi, 5 kg dan 10 kg. Tertarik untuk beli tali rafia yang satu ini? Harga per kilonya adalah Rp19.000.

- Tali Abu-abu

Jika kamu perlu beli tali rafia dengan warna yang netral dan tidak mencolok, bisa memilih Tali Abu-abu dari Laksana Mas Agung. Produk ini merupakan salah satu produk tali rafia best seller sepanjang masa yang banyak dicari. Tali Abu-abu hadir dalam 2 pilihan ukuran, yaitu 5 kg dan 10 kg. Harga per kilonya adalah Rp13.000.

- Tali Putih

Bagi kamu yang menjalankan usaha kuliner seperti katering bisa membeli tali rafia yang satu ini. Sebab, Tali Putih tidak menggunakan terlalu banyak bahan pewarna. Meski begitu, warna putihnya begitu cemerlang seperti salju. Laksana Mas Agung menyediakan Tali Putih dalam 2 ukuran: 5 kg dan 10 kg. Tali Putih bisa kamu dapatkan dengan harga Rp20.700 /kg.

- Tali Silver

Siapa bilang tali rafia tidak bisa terlihat “mahal”? Jika kamu ingin tali rafia dengan tampilan unik dan warna yang langka, bisa memilih Tali Silver. Tali rafia yang satu ini merupakan signature product dari Laksana Mas Agung dan tidak diproduksi oleh pabrik lain. Tersedia ukuran 5 kg dan 10 kg. Kamu bisa membeli tali rafia ini dengan harga Rp13.750 per kilonya.

- Tali Hitam

Terakhir ada Tali Hitam. Inilah jenis tali rafia yang paling banyak digunakan dan diproduksi. Namun, tali rafia hitam dari Laksana Mas Agung berbeda karena menggunakan bahan baku berkualitas tinggi. Warnanya hitam pekat dan tidak mudah putus. Untuk ukurannya tersedia dengan berat 5 kg dan 10 kg. Kamu dapat membeli tali rafia jenis ini dengan merogoh kocek sebesar Rp14.700 per kilo.

 

Pilihan tali rafia sesuai merek

Selain tali rafia sesuai jenis, Laksana Mas Agung juga menyediakan tali rafia sesuai merek. kamu bisa membeli tali rafia dari berbagai merek berikut ini:

- Tali Gudang Beras

Tali Gudang Beras merupakan salah satu merek tali rafia yang banyak dicari. Ciri khasnya adalah warna abu-abu yang jelas. Untuk beratnya sendiri ada pada kisaran 8 ons per piece. Banyak yang membeli tali rafia merek ini karena harganya lebih ekonomis, yaitu Rp15.150 per piece. Kamu juga bisa membeli per bal (1 bal = 15 pieces).

- Tali Lonceng

Opsi selanjutnya adalah Tali Lonceng. Belilah tali rafia merek ini jika kamu menginginkan warna yang cerah. Merek Lonceng ini memiliki berat 1 kg dan tersedia dalam 4 pilihan warna (merah, kuning, hijau, dan biru). Harga per piece Tali Lonceng adalah Rp22.650.

- Tali 1001

Apabila kamu perlu beli tali rafia untuk keperluan menjahit (misalnya menjahit karung), Laksana Mas Agung menyediakan Tali 1001. Merek tali yang satu ini hadir dengan 4 warna (merah, biru, kuning, dan hijau). Tali yang satu ini cocok untuk keperluan menjahit karena beratnya tergolong ringan, yaitu sekitar 8 ons saja. Kamu bisa membeli tali rafia ini dengan harga Rp23.100 per piece.

- Tali Mobil

Tali Mobil hadir dengan 3 pilihan, yaitu tali rafia abu-abu, putih, dan warna. Untuk Tali Mobil abu-abu bisa didapat dengan harga Rp9.900. Sedangkan Tali Mobil warna tersedia dalam 4 opsi: merah, biru, kuning, serta hijau dengan berat 8 ons dan harga Rp18.500. Kemudian Tali Mobil putih memiliki berat 8 ons dengan harga Rp21.200. Kamu bisa membeli tali rafia ini hanya di Laksana Mas Agung.

- Tali Bintang Tiga

Terakhir ada Tali Bintang Tiga. Merek yang satu ini menyediakan 2 pilihan tali rafia, yaitu tali putih dan tali warna. Tali Bintang Tiga putih dibanderol dengan harga Rp14.000 per piece. Jenis tali yang satu ini memiliki warna putih susu dengan berat 5 ons. Sementara itu, Tali Bintang Tiga warna hadir dengan 4 pilihan warna (merah, biru, kuning, dan hijau) serta berat 5 ons.

 

Demikian ulasan mengenai tali rafia. Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan kamu tentang di mana bisa beli tali rafia. Sekarang kamu tak perlu susah-susah mencari toko yang menjual tali rafia berkualitas tinggi, terutama jika harus membeli tali rafia dalam jumlah banyak. Sebab, Laksana Mas Agung telah menyediakan beragam jenis dan merek tali rafia.

Menariknya lagi, seluruh produk tali rafia dari Laksana Mas Agung bisa kamu beli secara online melalui e-commerce seperti Shopee atau pun Tokopedia. Laksana Mas Agung juga telah menyediakan kontak WhatsApp yang dapat dihubungi khusus untuk pembelian tali rafia. Dengan bahan baku pilihan dan kualitas terbaik, Laksana Mas Agung tetap memberikan harga yang bersaing. Jadi, di mana bisa beli tali rafia berkualitas? Laksana Mas Agung jawabannya!