Hias Rumah dengan Bonsai dari Tali Rafia, Begini Cara Membuatnya!

01 November 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667289384.jpg

Dekorasi rumah merupakan elemen pendukung estetika yang sangat penting. Rumah bukan hanya menarik dari luar tetapi juga dari dalam. Sebuah ruangan akan terlihat kosong dan membosankan jika tidak ada dekorasi di dalamnya.

Kamu bisa menambahkan dekorasi baik di kamar tidur, ruang tamu, maupun ruang keluarga agar nuansa ruangan menjadi lebih hidup. Enggak perlu muluk-muluk, kamu bisa kok, bikin dekorasi sendiri menggunakan bahan sederhana.

Salah satu ide dekorasi rumah yang bisa kamu buat adalah bonsai dari tali rafia. Tidak hanya digunakan untuk mengemas barang, tali rafia memang memiliki banyak kegunaan lain yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat kerajinan tangan.

Dengan memanfaatkan barang-barang yang bisa ditemukan di sekitar, kerajinan berbahan tali rafia ini bisa mengurangi limbah sekaligus memperindah ruangan. Untuk lebih detailnya, kamu bisa simak cara membuat bonsai dari tali rafia berikut ini.

Cara membuat bonsai dari tali rafia

Pembuatan bonsai dari tali rafia terbilang cukup mudah, selain bahan-bahannya yang bisa ditemukan di sekitar kita, langkah-langkah membuatnya juga tidak memerlukan keahlian khusus. 

  • Alat dan bahan yang harus disiapkan

    • Tali Super dari Laksana Mas Agung yang bermacam-macam warnanya

    • Kawat

    • Plastik kresek

    • Gunting

    • Pinset

    • Korek gas

    • Pot kecil

    • Kardus/busa lingkaran

Selain beberapa alat dan bahan yang disebutkan tadi, kamu juga bisa mengkreasikannya dengan berbagai barang lain yang ada di sekitarmu.

  1. Cara membuat

    1. Potong tali super dari Laksana Mas Agung berbagai warna dengan ukuran 40 cm.

    2. Potong kawat dengan ukuran sedang dan panjang.

    3. Potong plastik kresek menjadi beberapa ukuran.

    4. Ratakan tali rafia menggunakan pinset agar permukaannya lebih lebar, lalu potong menjadi dua bagian sama panjang.

    5. Sobek-sobek tali rafia menggunakan pinset tanpa membuatnya terputus.

    6. Lipat tali rafia dua kali dan gunting sama panjang lagi, lalu lakukan hal serupa. Ulangi hingga panjang tali menjadi kecil.

    7. Setelah panjang tali rafia semakin pendek, satukan semua tali yang sudah disobek-sobek tadi dan ikat bagian tengah bunga menggunakan kawat tali.

    8. Lilitkan plastik kresek yang sudah dipotong ke permukaan kawat.

    9. Satukan dan bentuk kawat-kawat yang sudah dililit plastik kresek tadi menjadi bentuk pohon bonsai.

    10. Sediakan kardus/gabus berbentuk lingkaran untuk tempat menancapkan pohon bonsai.

    11. Tempelkan pohon bonsai ke kardus/gabus dengan melubangi bagian bawahnya lalu masukkan ke dalam pot kecil.

    12. Bonsai dari tali rafia selesai, sekarang kamu bisa menyimpannya di berbagai ruangan. 

Selain dibentuk menjadi pohon bonsai, tali rafia juga bisa kamu kreasikan untuk membuat berbagai kerajinan lain, loh. Kamu bisa saja membuat topi, tas, dan berbagai macam kerajinan lainnya menggunakan tali rafia. Supaya hiasan rumah yang kamu buat menjadi lebih indah, jangan sembarangan memilih tali rafia sebagai bahan bakunya.

Terdapat beberapa kriteria tali berkualitas tinggi yang harus kamu perhatikan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya pada poin selanjutnya!

Ciri-ciri tali rafia berkualitas tinggi

Supaya barang yang kamu ikat lebih aman dan kerajinan yang dihasilkan lebih menarik, pilihlah tali rafia sebagai bahan baku yang memiliki ciri-ciri berikut:

1. Tali cenderung tipis

Kalau sebelumnya kamu beranggapan tali rafia yang tebal memiliki kekuatan yang lebih tinggi dan awet, kamu sudah salah paham. Justru tali rafia dengan kualitas unggulan biasanya memiliki ketebalan yang cenderung tipis dan halus.

Meskipun begitu, ketika diraba pasti akan terasa kalau tali ini lebih kuat, tidak mudah getas atau putus ketika digunakan.

2. Warna lebih menarik dan tahan lama

Selain dari teksturnya, tali rafia berkualitas tinggi juga umumnya memiliki pilihan warna yang lebih menarik dan tidak butek. Untuk pembuatan kerajinan, aspek ini perlu diperhatikan lebih serius.

Selain terang, warna pada tali rafia berkualitas tinggi juga tidak mudah pudar jika terkena panas maupun terendam air. Ini membuktikan kalau material yang digunakan memang kokoh untuk berbagai jenis kebutuhan.

3. Kualitas tali konsisten

Kalau kamu memerhatikan, pasti akan sadar kalau produk tali rafia dengan kualitas rendah memiliki ketebalan yang berubah-ubah. Perbedaan ini tentu menjengkelkan karena akan terdapat perbedaan kualitas juga ketika digunakan.

Hal yang sebaliknya terjadi pada tali rafia berkualitas tinggi seperti Tali Super dari Laksana Mas Agung. Dengan pilihan warna yang sangat menarik dan kualitas terbaik, dekorasi rumah yang kamu buat pasti jadi lebih cantik dan tahan lama.

Soal lingkungan, kamu enggak perlu khawatir karena Tali Super Laksana Mas Agung menggunakan bahan baku yang eco-friendly. Bahan baku yang ada pada tali super tidak merusak lingkungan karena tidak menggunakan zat kimia yang berbahaya.


Tali Super dibanderol dengan harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan harga kerajinan tangan yang dijual di toko pernak-pernik. Di waktu luang, membuat kerajinan bonsai dari tali rafia bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu. Untuk mendapatkannya, kamu bisa dengan mudah beli Tali Super langsung di website resmi Laksana Mas Agung atau kontak pemesanan melalui WhatsApp. Jangan sampai kehabisan!