Ide Bisnis Tali Rafia yang Menguntungkan

22 September 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1666953932.jpg

Ada banyak peluang usaha yang menghasilkan di masa kini. Salah satu yang bisa kamu coba adalah bisnis tali rafia. Jika di masa lalu banyak orang memandang sebelah mata, namun kini ide bisnis ini sangat menjanjikan. Mengapa harus menjalankan usaha ini dan apa saja yang harus diperhatikan? Kamu bisa simak ulasannya secara lengkap di artikel kali ini sampai tuntas.


Apa itu tali rafia?

Membahas mengenai apa itu tali rafia, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa definisi dan pengertian tali itu sendiri. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tali diartikan sebagai barang yang berutas dan panjang. Adapun panjangnya beragam dan dibuat sesuai dengan kebutuhan.

Jika kita lihat dari masa lalu, tali terbuat dari bahan-bahan alami dan tradisional. Sebagai contoh, tali yang terbuat dari sabut kelapa, termasuk pula dari serabut-serabut tanaman lainnya seperti ijuk. Bisa juga menggunakan kulit kayu. Bahan-bahan tersebut kemudian dipintal dan dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi ruas-ruas tali yang siap digunakan. Akan tetapi, proses pembuatannya memang memerlukan waktu yang cukup lama.

Seiring berjalannya waktu, bahan baku pembuatan tali semakin beragam. Salah satunya adalah keberadaan bahan plastik. Bahan plastik inilah yang diproses dalam membuat tali rafia. Berbeda dengan tali dari bahan tradisional, tali berbahan baku plastik ini cenderung memakan proses yang lebih cepat. Apalagi saat ini telah didukung oleh mesin-mesin modern yang mempermudah proses pembuatannya.

Bahan plastik pun memiliki berbagai pilihan warna beragam. Inilah yang membuat tali rafia lebih menarik jika dibandingkan dengan tali yang terbuat dari bahan tradisional. Sebab, penampilan tali dari bahan tradisional cenderung monoton dan hanya memiliki warna tertentu saja. Misalnya cokelat atau hitam maupun warna gelap alami lainnya.


Bagaimana tali rafia diproduksi?

Pada umumnya, selain bahan pembuatan, hal penting dalam produksi tali rafia adalah proses bagaimana tali tersebut dibuat. Perlu diketahui bahwa jika tali berjenis rafia terbuat dari  bahan dasar plastik yang mengandung senyawa polimer. Lalu bagian unsur penyusun utamanya adalah hidrogen dan karbon. Proses polimerisasi inilah yang pada akhirnya membentuk plastik.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan permintaan di dunia industri, sejak tahun 1960-an, produk berbahan plastik di Indonesia mulai bermunculan. Adapun pembuatan tali dari rafia dapat dilakukan melalui beberapa tahapan berikut ini:

1. Injection Molding, di mana biji plastik dimasukkan pada tabung panas dan lelehannya akan diproses menjadi tali.

2. Extrusion, yakni proses menekan lelehan dari biji plastik sampai melebur jadi halus.

3. Thermoforming, adalah teknik memanaskan lempengan plastik ke sebuah cetakan khusus. Cetakan ini memiliki berbagai macam bentuk dan salah satunya adalah cetakan khusus untuk membuat tali jenis rafia.

4. Blow Molding, yaitu proses akhir pembuatan plastik. Di sini, biji plastik akan dicetak dan diuji ketahanannya.


Kegunaan tali rafia

Tali yang satu ini memiliki berbagai ragam kegunaan dan manfaat untuk berbagai keperluan sehari-hari. Baik untuk mendukung aktivitas usaha, hingga untuk keperluan rumah tangga. Di sisi lain, juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan dalam membuat kerajinan.

Fungsi utamanya memang dibuat untuk mengikat barang. Khususnya barang-barang yang dibawa menggunakan kardus. Begitu pun dengan barang-barang lain yang dibawa menggunakan kendaraan bermotor dengan cara mengikatnya. Ini karena tali rafia memiliki keunggulan tersendiri.

Misalnya saja, bentuknya yang tipis sehingga mudah untuk dililitkan pada benda lainnya. Serat plastik pilihan yang digunakan pun terbuat dari bahan khusus, membuat tali jenis rafia kuat dan tidak mudah putus walau berbahan ringan.

Ringannya bahan baku tali dan sifatnya yang mudah dibentuk ini juga jadi keunggulan saat dibuat kerajinan tangan. Ada banyak contoh hasil kerajinan yang dibuat menggunakan bahan utama rafia. Tikar anyaman adalah salah satunya, kemudian tali tersebut juga dapat dijadikan sebagai kemoceng untuk membersihkan debu dan kotoran, khususnya bagian interior rumah.

Tak hanya itu saja, rafia pun banyak dicari ketika memasuki tahun ajaran baru. Ini memang jadi keunikan tersendiri di Indonesia. Mengapa demikian? Sebab, tidak sedikit sekolah atau kampus mengharuskan para peserta didik baru untuk membuat kreasi semenarik mungkin menggunakan rafia. Misalnya, sebagai persyaratan ketika mengikuti kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau OSPEK di kampus-kampus.

Kenapa harus bisnis tali rafia?

Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya, mengapa harus bisnis tali rafia? Jawaban sederhananya adalah bisnis ini ternyata sangat menguntungkan. Adapun alasan mengapa membuatnya menguntungkan adalah sebagai berikut:

1. Tidak memerlukan modal besar

Alasan yang pertama adalah bisnis ini tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Apalagi kalau kamu membuka usaha tersebut sebagai seorang dropshipper maupun reseller. Namun, jika ingin terjun ke usaha pembuatan rafia dari bahan baku dasar kamu perlu membeli mesin untuk pemrosesan dan pembuatan rafia.

Di samping itu, kamu bisa memanfaatkan tempat tinggal sebagai tempat usaha. Sebab, tali rafia sangat mudah disimpan dan ditempatkan di mana saja. Sehingga, tak perlu repot-repot membayar sewa untuk tempat usaha lagi.

2. Tingkat permintaannya tinggi 

Kedua, meski terlihat sederhana, dalam kenyataannya, rafia memiliki permintaan yang tinggi. Ini karena rafia banyak digunakan untuk mengikat barang-barang bagi industri lainnya. Beberapa contoh yang cukup sering ditemukan adalah sektor ekspedisi, pergudangan, dan lain sebagainya.

Tali jenis rafia pun banyak dipilih untuk bahan baku industri rumah tangga. Misalnya saja sebagai bahan baku untuk kemoceng. Permintaan itu pun tidak hanya di satu kota saja, melainkan hampir merata di berbagai kota di tanah air. Inilah yang membuat potensinya besar.

3. Target market luas

Menyambung dari poin kedua, hal ketiga mengapa bisnis rafia menjanjikan ialah target market-nya luas. Kamu bisa menyasar industri yang membeli rafia secara grosir maupun ecer. Harganya yang terjangkau, membuat jenis tali ini banyak dipilih oleh sebagian besar orang karena daya tahannya yang baik.

Mulai dari masyarakat di perkotaan maupun pedesaan, semua memerlukan tali rafia. Saat ini, tali jenis rafia tidak hanya digunakan dalam industri saja, melainkan juga untuk dunia seni dan fashion. Tak jarang, para desainer memilih rafia untuk menciptakan kreasi yang unik. Jelas, ini target pasar yang sangat menjanjikan jika digarap dengan serius oleh pebisnis rafia.

4. Persaingan tidak terlalu ketat

Keempat, di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat seperti sekarang, persaingan bisnis rafia justru tidak begitu ketat. Bisa dibilang, tingkat persaingannya kecil walaupun itu ada. Inilah yang menjadi alasan kuat kalau bisnis rafia menjanjikan karena kamu dapat menguasai pasar.

Apalagi jika rafia yang dijual memiliki kualitas unggul. Kemudian, berani menawarkan harga yang terjangkau dan memiliki layanan lain untuk meyakinkan konsumen. Seperti gratis ongkos kirim, bekerja sama dengan ekspedisi, dan lain sebagainya. 

5. Mudah menemukan supplier 

Terakhir, biasanya seseorang yang memulai usaha kesulitan untuk mendapatkan supplier. Baik bahan baku maupun bahan pendukung lainnya. Tidak demikian halnya dengan usaha rafia. Sebab, saat ini ada banyak supplier yang menyediakan bahan terbaik dengan kualitas unggul.

Salah satunya adalah Laksana Mas Agung. Kamu bisa menemukannya secara online di marketplace. Bahkan, kamu dapat menghubunginya melalui nomor contact person yang tersedia. Jadi, tak perlu repot lagi mencari supplier serta lebih hemat biaya dan waktu karena bisa dipesan dari mana saja dan kapan saja.


Tips agar bisnis tali rafia sukses

Meski menguntungkan, dalam menjalankan bisnis rafia tentu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar bisnis berjalan dengan baik. Khususnya di era digital seperti sekarang. Di samping ada peluang yang terbuka lebar, juga ada tantangan yang harus dihadapi. Berikut beberapa tipsnya.

1. Tentukan target pasar 

Sebagai langkah awal dalam memulai bisnis rafia adalah menentukan target pasar. Di sini yang perlu kamu dalami adalah siapa calon pembeli atau konsumen yang akan menggunakan produkmu. Apakah untuk rumah tangga atau peruntukannya bagi dunia usaha. Selain itu, pikirkan juga jenis bisnis apa yang akan dijalankan nantinya. Misalnya, menjadi pemasok rafia, reseller, atau dropshipper maupun menjualnya secara umum di toko kelontong.

2. Memilih model bisnis

Kedua, setelah menentukan target pasarnya saatnya kamu untuk memilih model bisnis. Ada banyak model bisnis yang bisa kamu pilih. Misalnya saja, dua yang paling sering dipilih adalah menjual tali rafia secara online atau offline. Bahkan, kamu bisa menggabungkan keduanya. Apa pun pilihannya, pastikan kamu tidak mudah menyerah, selalu ulet, dan jeli memanfaatkan peluang yang ada untuk mendapatkan keuntungan lebih.

3. Analisis kompetitor

Ketiga, dalam berbisnis tentu kamu akan menemui pesaing atau kompetitor. Dengan adanya kompetitor ini sebenarnya bagus bagi perkembangan bisnis nantinya. Tinggal bagaimana kamu mengelolanya. Lakukan analisis apa saja yang menjadi kekurangan atau celah dari kompetitor tersebut. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. 

4. Hitung kemungkinan risiko

Tak hanya jeli dalam menganalisis kompetitor, hal keempat yang perlu diperhatikan saat bisnis rafia adalah menghitung kemungkinan risiko. Bisnis apa pun pasti memiliki risiko. Misalnya saj, kerusakan barang, risiko barang hilang, dan sebagainya. Maka dari itu, kamu harus pintar-pintar dalam mengelola keuangan dan menjalankan bisnis ini. Tujuannya, ketika ada potensi risiko dapat diminimalkan dan dapat terhindari dari kerugian yang fatal.

5. Cari supplier tepercaya

Kelima, saat berbisnis kamu pun perlu memilih mitra untuk menjamin kebutuhan barang dan produk yang dijual tetap aman. Begitu pun ketika kamu menjalankan bisnis rafia, perlu supplier yang tepercaya dan berpengalaman. Khususnya dalam menyediakan tali dengan kualitas baik dan awet. Salah satunya adalah Laksana Mas Agung, selain menyediakan bahan berkualitas, cara mendapatkannya pun mudah karena bisa dipesan secara online.

6. Susun strategi marketing 

Keenam, saat berbisnis jangan pernah melupakan promosi. Tanpa promosi, produk yang kamu jual akan sulit dikenali orang, sebaik apa pun kualitasnya. Sebab, manfaat promosi yang utama adalah mengenalkan barang atau produk yang dijual. Setelah dikenal, yakinkan calon konsumen untuk membeli produkmu. Saat ini, promosi bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya adalah menggunakan media sosial yang dapat menjangkau banyak orang di mana saja dan kapan saja. Selain itu, tak perlu biaya yang mahal!

7. Sediakan customer service

Ketujuh, ada baiknya kamu memiliki customer service. Paling tidak sediakan nomor khusus yang digunakan untuk berhubungan dengan konsumen. Dengan adanya customer service, ketika ada permasalahan, konsumen akan segera mendapatkan informasi dan pemecahan masalah. Hal ini secara langsung maupun tak langsung akan meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap usahamu.

8. Selalu konsisten

Pelaku usaha yang baik adalah yang dapat mempertahankan reputasinya. Inilah tips kedelapan yang wajib kamu pegang teguh, yakni konsisten. Konsisten di sini bisa diartikan sebagai bagaimana kamu mempertahankan kualitas produk, pelayanan yang diberikan, dan harga yang sesuai. Jika kamu tidak konsisten, maka ini bisa jadi celah yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh kompetitor.

9. Jangan pernah berhenti belajar 

Terakhir, selain hal-hal penting di atas, seorang pelaku usaha sebaiknya tidak pernah merasa puas. Maksudnya, h jangan pernah berhenti untuk belajar hal baru. Sebab, dalam dunia bisnis selalu ada tren yang muncul di waktu-waktu tertentu. Di sini, kamu perlu mencari insight atau pandangan-pandangan baru agar bisnis berjalan dengan baik dan berkembang. Terlebih di era digital seperti sekarang, ketika perubahan terjadi secara cepat dan kamu pun harus beradaptasi sebaik mungkin.


Tali rafia dari Laksana Mas Agung

Laksana Mas Agung menjadi salah satu penyedia tali rafia yang sudah malang melintang di Indonesia. Perusahaan ini dikenal masyarakat luas karena konsisten menjual rafia dengan kualitas terbaik dan unggul. Tak heran jika sampai sekarang Laksana Mas Agung dipercaya para pelaku industri untuk penyediaan rafia yang kuat.

Perjalanan awal perusahaan ini bermula dengan menggunakan nama UD. Lim yang didirikan oleh empat orang bersaudara dari keluarga bermarga Lim di tahun 1970. Memasuki pertengahan 1970-an, tepatnya di tahun 1977 sampai dengan 1979, fokus perusahaan lebih kepada produksi tali rafia. Mengingat permintaan dari masyarakat semakin meningkat.

Berkat kesuksesan dalam penjualan tali jenis rafia ini, pada akhirnya nama perusahaan berganti menjadi CV. Kapuk Mas. Di samping menjual tali jenis rafia, perusahaan juga menjual berbagai macam produk yang terbuat dari plastik. Awal dekade 2000-an, status perusahaan meningkat menjadi PT. Kapuk Mas Agung Abadi dan menjual produk rafia.

Perusahaan pun terus melebarkan sayap guna memenuhi permintaan masyarakat akan kebutuhan tali berbahan plastik. Oleh karena itulah didirikanlah PT. Laksana Mas Agung. Fokusnya masih sama yakni menjual tali jenis rafia untuk kebutuhan masyarakat di tanah air. Hanya saja, di sini perusahaan menerapkan teknologi modern terbaru dan bahan baku terbaik dalam proses produksinya. Alhasil, jumlah produksi semakin meningkat dari waktu ke waktu.


Kenapa harus tali rafia Laksana Mas Agung?

Berkat pengalaman lebih dari 40 tahun, tali rafia dari Laksana Mas Agung memiliki sejumlah keunggulan tersendiri. Hal itulah yang membuatnya sangat tepat untuk dijadikan bahan baku utama untuk bisnis kamu. Setidaknya, ada enam alasan mengapa kamu harus menggunakan rafia produksi  Laksana Mas Agung berikut ini.

1. Kualitas terjamin

Pertama adalah kualitas yang terjamin, baik dari standar mutu maupun bahan-bahan yang digunakan. Salah satunya menggunakan serat sintetis dengan grade terbaik. Ini karena semua proses produksinya memiliki standar yang tinggi. Sehingga menghasilkan produk rafia dengan kualitas unggul.

Keunggulan mutu ini dapat dilihat dari kekuatan tali yang tidak mudah putus. Selain itu, ada berbagai pilihan warna yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Warna-warna ini jernih dan tidak mudah pudar. Bahkan ketika digunakan dalam berbagai kondisi cuaca sekalipun baik panas maupun hujan.

2. Tersedia beragam pilihan produk

Kedua, ada berbagai ragam pilihan produk untuk segala jenis unit usaha yang kamu jalankan. Mulai dari panjang tali yang digunakan, jenis tali, maupun variasi warna yang beragam. Misalnya saja, untuk variasi warna ada beberapa yang sering dipilih seperti abu-abu, biru, hijau, kuning, dan ungu.

Selain itu, tersedia dua jenis tali yang memiliki kesan elegan dan eksklusif untuk usaha, yakni tali dengan warna silver, di mana warna tali silver ini cukup jarang ditemukan di pasaran. Tentu hal ini akan membuat usaha kamu berbeda dari lainnya. Lalu, ada tali dengan warna hitam yang sering digunakan oleh para pelaku usaha seperti ekspedisi dan lain sebagainya.

3. Produk go green, lebih ramah lingkungan

Sebagian orang terkadang cukup selektif dalam memilih rafia untuk usaha mereka. Ini berkaitan dengan keamanan produk dari kandungan bahan-bahan kimia yang berbahaya. Di sinilah keunggulan dari tali rafia produksi  Laksana Mas Agung. Semuanya terbuat dari bahan yang aman saat digunakan dan tidak beracun.

Di samping itu, produk gagal produksi tidak langsung dibakar atau dibuang. Produk gagal tersebut nantinya dikumpulkan lagi untuk didaur ulang jadi produk baru. Kerennya lagi,  Laksana Mas Agung mengumpulkan sampah-sampah plastik yang ada di laut. Selanjutnya, sampah tersebut akan didaur ulang untuk menjadi bahan produksi kembali.

4. Harga bersaing

Pertimbangan keempat yang jadi perhatian ketika memilih tali rafia untuk usaha adalah harga. Sebab, harga akan berpengaruh pada modal yang dimiliki oleh para pelaku usaha. Saat harga tali jenis rafia mahal, terkadang membuat seseorang enggan untuk membelinya. Namun jangan salah, harga mahal ini tentu memiliki alasan tersendiri.

Salah satunya adalah kualitas yang ditawarkan unggul.  Laksana Mas Agung memiliki tali rafia berkualitas baik dan ukurannya lebih panjang sekitar 20-30% dari merek lainnya. Inilah yang membuat harganya kompetitif di pasaran. Tali rafia yang panjang tentu akan memudahkan pelaku usaha karena tak perlu khawatir kehabisan tali dan dirasa lebih hemat.

5. Bisa dipesan secara online

Keunggulan kelima dari  Laksana Mas Agung adalah proses pemesanan yang mudah. Kamu dapat memesan dan membelinya secara online di berbagai marketplace dan e-commerce terkemuka di Indonesia.

Produk  Laksana Mas Agung tersedia di e-commerce Shopee dan Tokopedia. Kamu juga bisa menghubunginya via WhatsApp dengan cara klik di sini. Jadi, kamu tak perlu repot-repot lagi dalam memesan rafia, khususnya untuk grosir atau jumlah besar. Hanya tinggal melakukan transaksi virtual, dan kemudian tunggu barang sampai di tempat pengiriman.

6. Berpengalaman dalam industri tali rafia

Keenam, Laksana Mas Agung sudah tidak diragukan lagi dalam dunia industri tali rafia di Indonesia. Hal itu karena perusahaan ini berdiri sudah lebih dari 40 tahun. Selama tahun-tahun itulah inovasi terus dilakukan guna memberikan yang terbaik bagi para konsumen dan masyarakat umum.

Mulai dari peningkatan standar mutu, pemilihan bahan baku, hingga proses produksi yang menggunakan teknologi canggih terkini. Selain itu, Laksana Mas Agung juga beradaptasi di era digital. Yakni dengan menjual berbagai macam rafia secara online di berbagai e-commerce.

Inilah yang membuatnya semakin dipercaya masyarakat sebagai produsen tali rafia yang kredibel, profesional, dan mengedepankan kenyamanan dan keamanan produk saat digunakan. Salah satunya adalah pemilihan bahan baku yang selektif dan bebas kandungan bahan berbahaya.


Dari ulasan di atas dapat disimpulkan, bahwa ternyata bisnis tali rafia adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan sampai kapan pun. Kini, kamu tak perlu ragu lagi untuk menjalankan bisnis ini, baik dikelola sendiri maupun kolektif.

Untuk memenuhi kebutuhan kamu, Laksana Mas Agung menyediakan rafia dengan beragam jenis, warna, dan ukuran. Kini, tali rafia Laksana Mas Agung bisa didapatkan melalui Shopee, Tokopedia, dan juga kontak langsung melalui WhatsApp. Semoga bermanfaat!