Ini 6 Kegiatan 17 Agustus yang Tidak Boleh Dilewatkan!

17 Agustus 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1666953866.jpg

17 Agustus merupakan hari kemerdekaan Indonesia yang perlu dirayakan dengan penuh suka-cita. Menyelenggarakan berbagai kegiatan 17 Agustus merupakan salah satu cara masyarakat untuk menyambut hari penting ini. Lantas, apa saja, sih, kegiatan 17 Agustus yang tidak boleh dilewatkan selama merayakan kemerdekaan? Simak, yuk, informasinya di artikel berikut!

1. Upacara bendera 

Setiap tanggal 17 Agustus, upacara bendera dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satu kegiatan 17 Agustus ini biasanya dilaksanakan pada tingkat pusat di Istana Merdeka, di tingkat daerah, hingga di luar negeri. 

Agar suasana kemerdekaan semakin terasa, pastikan kamu tidak melewatkan upacara 17 Agustus di Istana Merdeka. Upacara bendera ini diselenggarakan secara langsung di halaman Istana Merdeka dan disiarkan secara daring untuk dilihat oleh masyarakat melalui video conference.

2. Menonton film bersejarah

Untuk semakin menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air, kamu bisa menonton film bersejarah. Salah satu kegiatan 17 Agustus ini memungkinkan kamu untuk mengetahui banyak hal yang terjadi di masa lampau. Selain menambah pengetahuan, menonton film bersejarah juga dapat memberikan gambaran mengenai kisah para pahlawan bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Beberapa film bersejarah yang bisa kamu tonton adalah Soekarno (2013), Guru Besar: Tjokroaminoto (2015), Battle of Surabaya (2015), Kartini (2017), dan Kadet 1947 (2021). Ingatlah bahwa sejarah bukan sekadar waktu yang sudah lewat, melainkan ilmu yang dibutuhkan oleh setiap negara untuk memandu warganya memperkokoh identitas bangsa.

3. Mengunjungi museum

Yuk, sekali-sekali berkunjung ke museum! Mengunjungi tempat bersejarah semacam ini tidak hanya bermanfaat menambah wawasan tentang sejarah bangsa, namun juga membantu untuk bisa lebih memahami makna kemerdekaan yang diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa. Agar nyaman keliling museum, pastikan untuk mengenakan pakaian yang nyaman. Jangan lupa juga untuk tetap patuhi protokol saat melakukan kegiatan 17 Agustus ini.

4. Ikut lomba 17 Agustus

Tidak lengkap rasanya jika merayakan kemerdekaan Indonesia tanpa mengikuti lomba 17 Agustus. Masing-masing daerah dan kawasan tempat tinggal biasanya mengadakan acara 17 Agustus atau lomba yang beragam. Mengikuti kegiatan 17 Agustus ini akan membuat momen kemerdekaan semakin terasa.

Semua orang biasanya bisa mengikuti lomba 17 Agustus berdasarkan kelompok usia. Tidak butuh keterampilan khusus, selama kamu punya kepercayaan diri dan gigih untuk berkompetisi, lomba 17 Agustusan bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Berdasarkan faktor usia, kemampuan, dan minat, ada banyak jenis lomba 17 Agustus yang bisa kamu ikuti. Mulai dari lomba makan kerupuk, panjang pinang, balap karung, dan sebagainya.

5. Ikut festival atau karnaval

Acara 17 Agustus lainnya yang tidak kalah menarik untuk dilakukan dalam rangka merayakan hari kemerdekaan adalah mengikuti festival atau karnaval. Biasanya, ada karnaval hias sepeda untuk anak-anak yang bisa diikuti. 

Kamu dapat menghias sepeda dengan tali rafia dari Laksana Mas Agung yang menyediakan varian tali warna merah dan tali putih. Tali rafia dari Laksana Mas Agung menawarkan kualitas lokal terbaik. Bukan sekadar tali biasa, tali rafia yang ditawarkan brand ini berkualitas terkemuka karena diproduksi dengan teknologi canggih dan ramah lingkungan.

6. Menghias rumah atau komplek

Kegiatan 17 Agustus selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah menghias rumah atau komplek. Selain memasang bendera merah putih di depan rumah, menghias rumah atau komplek juga akan semakin mengentalkan suasana kemerdekaan.

Tidak perlu beli hiasan mahal, kamu bisa mengkreasikan tali rafia dari Laksana Mas Agung untuk membuat hiasan. Misalnya bunga merah putih dari plastik dengan menyiapkan bahan-bahan seperti kantong plastik merah dan putih, gunting, lem, dan tentunya tali rafia. 

Untuk membuatnya, ​​potonglah plastik jadi lembaran persegi panjang dan potong juga sisanya menjadi bentuk memanjang dengan lebar 2 cm. Lanjutkan dengan mengerutkan lembaran plastik hingga membentuk bola, lalu tumpuk bola plastik merah dan putih jadi satu.

Jika sudah, ikatlah menggunakan seutas tali rafia. Kemudian, selipkan potongan plastik yang memanjang di bawahnya dan rapikan bentuk bola plastik agar membentuk bunga. Kamu bisa tambahkan lem di beberapa sisi jika perlu.


Nah, itu tadi enam kegiatan 17 Agustus yang tidak boleh kamu dilewatkan. Jangan lupa beli tali rafia berkualitas untuk persiapan lomba Agustusan di Laksana Mas Agung. Klik di sini untuk dapatkan informasi lebih lanjut mengenai berbagai produk tali rafia Laksana Mas Agung!