Ini Dia 3 Kegunaan Tali Rafia, Sudah Tahu?

17 Juni 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667195032.jpg

Apa saja kegunaan tali rafia? Selama ini, tali rafia umumnya digunakan untuk mengikat barang-barang agar menjadi lebih tertata. Namun, sebenarnya masih banyak kegunaan tali rafia, lho. Apa saja? Untuk mengetahui kegunaan tali rafia, kamu bisa menyimak ulasan berikut ini!


Kegunaan Tali Rafia

Tali rafia merupakan jenis tali yang terbuat dari bahan plastik. Bisa dibilang, tali rafia adalah jenis tali yang paling banyak digunakan sekaligus paling mudah ditemukan. Ini karena kegunaan tali rafia sebenarnya sangat luas. Kira-kira, apa saja?

    Mengikat barang

Inilah kegunaan tali rafia yang utama. Mengikat barang dengan tali rafia amatlah praktis. Kamu bahkan tidak perlu menggunakan alat tambahan, cukup dengan kedua tangan saja. Selain itu, tekstur tali rafia yang cenderung licin juga memudahkan kamu dalam mengikat barang.

    Menjahit karung

Kegunaan lain dari tali rafia adalah untuk menjahit karung. Biasanya, jenis karung yang dapat dijahit menggunakan tali rafia adalah karung beras karena sama-sama terbuat dari plastik. Namun, perlu diingat, tali rafia yang digunakan untuk menjahit harus berukuran kecil dan ringan agar jahitan rapi dan karung tertutup sempurna.

    Membuat kerajinan tangan

Terakhir, tali rafia juga dapat digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Ada banyak sekali jenis kerajinan tangan yang menggunakan tali rafia sebagai bahan bakunya. Salah satu contoh yang sempat populer adalah kerajinan tas belanja. Tas dari tali rafia mampu menahan air serta mudah dibersihkan sehingga cocok dipakai berbelanja. Selain itu, tali rafia juga bisa dijadikan kemoceng, dompet, topi, hingga bunga dekorasi.

Mengikat Barang Pakai Tali Rafia, Seberapa Kuat?

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, salah satu kegunaan tali rafia adalah untuk mengikat barang. Namun, sebenarnya, seberapa kuat tali rafia sebagai pengikat?

Hal ini bergantung pada cara mengikat dan tentunya kualitas tali rafia itu sendiri. Tali rafia dengan material berkualitas tentu akan kuat menahan beban dari barang yang kamu ikat. Namun, tali yang terbuat dari bahan baku grade rendah akan kesulitan menahan beban, bahkan bisa putus atau hancur setelah beberapa waktu berlalu.

Cara Menjahit Karung dengan Tali Rafia

Cara menjahit karung dengan tali rafia sebenarnya tidak jauh beda dengan cara menjahit biasa. Letak perbedaannya ada pada alat yang digunakan. Jarum yang digunakan adalah jarum khusus untuk menjahit karung. Begitu juga dengan tali yang digunakan, pilihlah tali rafia yang tidak terlalu lebar namun kuat. Hindari tali rafia yang terlalu lebar karena kurang mampu menahan beban karung.

Kerajinan dari Tali Rafia, Bisa Bikin Apa Aja Sih?

Pada poin mengenai kegunaan tali rafia di atas juga disebutkan tentang kerajinan dari tali rafia. Ada banyak sekali kerajinan tangan yang bisa dibuat dari tali rafia, semua bergantung pada kreativitas. Namun, ada beberapa jenis kerajinan yang memang banyak digunakan dan diperjualbelikan secara luas, misalnya kemoceng dan tas belanja. Keduanya banyak disukai karena memang berfungsi sebagaimana mestinya dan tahan lama.

Sudah Tahu Ciri Tali Rafia yang Bagus?

Kebutuhan apa pun dengan tali rafia akan lebih optimal jika kamu menggunakan jenis yang berkualitas. Tahukah kamu seperti apa ciri tali rafia yang bagus? Kualitas tali rafia sebenarnya bisa diamati dari tampilannya. Tali rafia yang bagus tidak berserabut, cenderung tipis, terasa lembut saat diraba, tapi tidak mudah putus. Warna tali juga cerah (hampir transparan) dan tidak keruh karena menggunakan bahan baku yang berkualitas.

Bisa Dapatkan Tali Rafia Berkualitas Baik di Laksana Mas Agung

Kini kamu bisa mendapatkan tali rafia berkualitas baik di Laksana Mas Agung. Seluruh produk tali rafia yang diproduksi oleh Laksana Mas Agung menggunakan bahan baku grade tertinggi. Selain itu, tali rafia juga tidak menggunakan zat kimia berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan dan lingkungan.

Terlebih, tali rafia Laksana Mas Agung juga lebih ekonomis. Sekilas, harganya memang tampak lebih mahal dibanding merk lain. Namun, jika dihitung per meter, justru lebih murah dari yang lain. Dengan harga yang ditawarkan, kamu bisa mendapatkan tali rafia dengan ukuran yang 20-30% lebih panjang dari merk lainnya.

 

Jadi, bisa disimpulkan bahwa kegunaan tali rafia sangat beragam. Tali rafia bisa digunakan untuk mengikat barang, menjahit karung, hingga membuat kerajinan tangan.

Untuk memenuhi kebutuhan kamu, Laksana Mas Agung menyediakan tali rafia dengan beragam jenis, warna, dan ukuran. Kini tali rafia Laksana Mas Agung bisa didapatkan di Shopee, Tokopedia dan juga kontak langsung melalui WhatsApp.