Kenalan dengan Laksana Mas Agung, Produsen Tali Plastik Rafia Berkualitas Super

17 Juni 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667194779.jpg

Sekarang ini, produsen tali plastik rafia di Indonesia memang sudah banyak jumlahnya. Namun, yang konsisten menghadirkan produk dengan kualitas terbaik bisa dihitung dengan jari. Salah satunya adalah Laksana Mas Agung.

Siapa sangka, sebelum menjadi produsen tali plastik rafia seperti sekarang, Laksana Mas Agung justru menjual aneka produk berbahan plastik yang diproduksi orang lain? Barulah setelah melalui perjalanan panjang, Laksana Mas Agung berhasil memproduksi, menjual, dan mendistribusikan tali rafia plastik berkualitas super. Mari simak perjalanan lengkapnya berikut ini!

Awal Mula Perjalanan Laksana Mas Agung

Sebelum menjadi PT (Perseroan Terbatas) seperti sekarang, Laksana Mas Agung merupakan sebuah badan usaha dengan nama UD Lim dan didirikan oleh 4 bersaudara. Sekilas info, UD (Usaha Dagang) merupakan suatu jenis usaha yang dijalankan secara mandiri. Selain itu, tidak ada pemisahan tanggung jawab antara UD dengan pemiliknya. Sementara itu, PT adalah kegiatan usaha yang berbadan hukum. Terdapat pemisahan tanggung jawab antara PT dengan pendirinya.

UD Lim yang didirikan pada tahun 1970 tidak berjualan tali rafia plastik. Barang yang dijual lebih umum, yaitu aneka produk berbahan plastik. Sebagai sebuah UD, perusahaan juga belum memiliki pabrik sendiri. Semua barang dagangan berasal dari supplier.

Ganti Nama dan Tipe Badan Usaha Jadi CV

Sekitar 1977-1979, UD Lim menjadi semakin laris. Untuk bisa memenuhi permintaan pelanggan, UD kemudian berubah menjadi CV (Commanditaire Vennootschap) dengan nama Kapuk Mas Agung. Itu artinya, sudah ada pemisahan antara penyetoran modal dan operasional usaha. Pihak yang ditunjuk sebagai pemodal tidak perlu ikut serta dalam operasional, begitu pula sebaliknya.

Meski model perusahaan berubah, jenis barang yang dijual masih sama, yaitu aneka produk berbahan plastik. Namun, di sinilah bibit-bibit produsen tali plastik rafia muncul. Sebab, CV Kapuk Mas Agung mencoba untuk fokus memproduksi tali rafia.

Dari Pergudangan Menjadi Pabrik

Dengan terjunnya CV Kapuk Mas Agung ke industri pembuatan tali rafia, otomatis konsep usaha pun berubah. Dari yang semula mengusung konsep pergudangan karena hanya menerima produk dari supplier, kini berubah menjadi perindustrian atau pabrik.

Perusahaan kini dapat memproduksi barang jualannya sendiri, yakni tali plastik rafia. Meski begitu, produk awal masih dipertahankan karena pasarnya masih ada. Tingkat permintaannya pun masih tergolong tinggi kala itu.

Ditinggalkan Dua Pendirinya

Sekitar tahun 1980-an, dua dari empat bersaudara Lim yang merupakan pendiri UD Lim memutuskan untuk keluar dari CV Kapuk Mas Agung dan mendirikan perusahaannya sendiri.

Setelah itu, mulai dari tahun 1985 hingga awal 2000-an, CV Kapuk Mas Agung hanya fokus pada produksi dan penjualan tali rafia. Penjualan produk berbahan plastik mulai ditinggalkan perlahan-lahan. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan terus mengalami perubahan, baik dari aspek model usaha, kepemimpinannya, hingga jenis produk yang ditawarkan.

Ganti Tipe Badan Usaha Jadi PT

Hingga akhirnya sekitar tahun 2000-an, kepemimpinan CV Kapuk Mas Agung mulai bertransisi ke generasi muda dan berdirilah PT Kapuk Mas Agung Abadi. Sejak berubah menjadi PT, tingkat permintaan semakin tinggi. Perusahaan merasa bahwa perlu adanya pengembangan teknologi agar bisa memproduksi tali plastik rafia dengan cepat dan efisien.

Berangkat dari situlah kemudian lahir PT Laksana Mas Agung pada Oktober 2018. Kini, perusahaan fokus memproduksi tali rafia dengan dukungan teknologi mesin modern. Untuk saat ini, Laksana Mas Agung memang hanya memproduksi dan menjual tali rafia. Meski begitu, jika memang pasarnya mendukung, tidak menutup kemungkinan perusahaan akan melebarkan sayap dan memproduksi produk lain yang masih berhubungan dengan plastik.

 

Sebelum mantap memproduksi tali plastik rafia, Laksana Mas Agung harus mengalami berbagai macam dinamika usaha. Mulai dari pergantian model bisnis, ditinggalkan pendirinya, hingga perubahan jenis produk. Perjalanan panjang tersebut membuat Laksana Mas Agung pengalaman yang begitu kaya dalam produksi tali rafia.

Itu berarti, tali plastik rafia yang diproduksi Laksana Mas Agung tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Terlebih, kini produk-produknya bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembelian via WhatsApp. Tali plastik rafia berkualitas? Sudah pasti dari Laksana Mas Agung!