Kenalan dengan Toko Kelontong, Ide Bisnis yang Menguntungkan

15 Maret 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1678872278.jpg

Untuk menambah penghasilan, tidak ada salahnya kalau kamu memulai bisnis kecil-kecilan. Salah satu jenis bisnis yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuka toko kelontong. Memangnya, apa itu toko kelontong dan kenapa kamu harus mencoba bisnis yang satu ini? Agar tak penasaran lagi, simak penjelasan berikut, yuk!

Apa Itu Toko Kelontong?

Sebelum bisnis minimarket menjamur di pasaran, sudah ada UMKM toko kelontong yang lebih dulu muncul sebagai salah satu penyelamat ekonomi saat Indonesia mengalami krisis ekonomi pada 1998. Bahkan, hingga kini toko kelontong masih bisa kamu jumpai dan menjadi pilihan andalan saat harga-harga di swalayan modern terasa lebih mahal.

Toko kelontong adalah warung atau toko yang menjual berbagai perlengkapan sehari-hari. Sehingga, bisnis ini bisa dibilang lengkap karena produknya beraneka macam. Mulai dari alat mandi, perlengkapan mencuci pakaian, sampai bahan dan alat masak seperti beras dan bumbu dapur pun tersedia di toko kelontong.

Biar makin paham, toko kelontong juga dibedakan menjadi dua jenis, yaitu toko kelontong eceran dan grosir. Cocok dengan namanya, toko kelontong eceran biasanya menjajakan barang yang dibeli dan digunakan langsung oleh konsumen. Sementara itu, toko kelontong grosir biasanya menjual barang dalam porsi besar dan konsumennya adalah para pengecer.

Baca Juga: Ingin Buka Toko Kelontong Kecil-kecilan? Simak 7 Tipsnya di Sini!

Kelebihan Bisnis Toko Kelontong

Salah satu kelebihan yang bisa kamu dapatkan saat berbelanja di toko kelontong adalah harganya yang relatif lebih murah, apalagi kalau dibandingkan dengan berbagai swalayan modern. Makanya, tak heran bila toko kelontong masih jadi pilihan banyak orang di tengah kemajuan zaman seperti sekarang ini.

Di sisi lain, toko kelontong biasanya juga menawarkan interaksi yang lebih intens antara penjual dan pembeli. Akhirnya, kamu jadi bisa lebih mengenal para pelayan sampai pemilik toko dan mungkin juga akan mendapatkan potongan harga atau bonus di hari raya tertentu. Contohnya saat Hari Raya Idulfitri, biasanya para pemilik warung akan bagi-bagi sirup atau kue kering kepada pelanggannya.

Perbedaan Toko Kelontong dan Toko Sembako

Kamu mungkin juga bertanya-tanya, apa perbedaan toko kelontong dan toko sembako? Keduanya sebenarnya hampir mirip karena barang-barang yang dijual di toko kelontong sebagian besar adalah sembako atau sembilan bahan pokok. Tapi, toko kelontong tentunya tak hanya menjual bahan makanan, melainkan juga alat-alat mandi, mencuci, dan sebagainya yang masih termasuk kebutuhan sehari-hari. Lalu, apa saja yang mesti tersedia di toko kelontong?

Barang Apa yang Wajib Ada?

Usaha toko kelontong biasanya menyediakan barang-barang yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya alat mandi, peralatan dan perlengkapan bersih-bersih rumah, sampai perlengkapan dapur. Buat kamu yang lagi mencari Alat Tulis Kantor (ATK), beberapa toko kelontong juga menyediakannya, lho!

Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai pilihan makanan ringan dan minuman kemasan yang biasanya tersedia di swalayan modern. Saat sakit, kamu pun bisa menemukan obat-obatan di sini. Bahkan, tak jarang ada toko kelontong yang menyediakan berbagai kebutuhan bayi, seperti sabun, sampo, popok, hingga bubur bayi instan.

Berapa Perkiraan Keuntungan Toko Kelontong?

Keuntungan yang bisa kamu hasilkan saat membuka usaha toko kelontong sebenarnya berbeda-beda. Hal ini tentunya dipengaruhi beberapa faktor, mulai dari jenis toko kelontong, lokasi usaha, sampai konsumennya sendiri.

Biar keuntunganmu lebih banyak, carilah pemasok atau supplier yang menawarkan harga grosir. Misalnya, saat membutuhkan pemasok tali rafia yang harga dan kualitasnya bersaing, ada Laksana Mas Agung yang bisa kamu pilih.

Baca Juga: Mau Membuka Toko Kelontong? Cari Tahu Modal Toko Kelontong di Sini!

Laksana Mas Agung adalah perusahaan tali rafia yang sudah berproduksi selama puluhan tahun. Salah satu keunggulan kami adalah menyediakan produk-produk berkualitas dari hasil daur ulang. Selain itu, pilihan dan harga yang kami tawarkan juga beragam banget, lho!


Meski zaman sudah kian maju dan bisnis minimarket telah menjamur di pasaran, usaha toko kelontong bisa dibilang salah satu UMKM yang tak lekang oleh waktu. Jadi, kamu bisa mencoba bisnis yang satu ini sambil mencari pemasok yang punya harga murah seperti Laksana Mas Agung. Agar kamu bisa dapat harga khusus reseller, cari tahu lebih lanjut dan daftar di halaman ini!