Lika-liku Laksana Mas Agung sebagai Pabrik Tali Rafia

17 Agustus 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667188209.jpg

Tali rafia adalah benda yang sudah tidak asing lagi di kehidupan masyarakat. Banyak aktivitas yang menggunakan tali rafia untuk mempermudah pengerjaannya. Harganya yang murah dan mudah didapatkan di mana saja juga membuat masyarakat tidak asing dengan tali polos berbahan plastik ini. Namun, tahukah kamu mengenai pabrik tali rafia dan proses pembuatannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ya! 

Pembuatan tali rafia 

Semua orang tahu bahwa tali rafia terbuat dari plastik. Tapi tahukah kamu, sebenarnya tali rafia terbuat dari limbah plastik yang didaur ulang? Pembuatan tali rafia ini bisa membantu mengurangi pencemaran lingkungan akibat menumpuknya limbah plastik. Selain itu, pembuatan tali rafia ini juga dapat membuat limbah plastik memiliki nilai ekonomis.

Kualitas tali rafia yang baik

Tali rafia yang berkualitas akan lebih tahan lama dan tentunya memiliki manfaat lebih bagi masyarakat. Ada banyak sekali tali rafia dengan berbagai merek yang beredar di pasaran. Namun, tidak semua tali rafia itu memiliki kualitas yang baik. 

Tali rafia yang berkualitas baik biasanya memiliki warna yang mengilat. Selain itu, talinya yang tebal dan tidak mudah putus juga menjadi keunggulan dari tali rafia yang berkualitas. Salah satu pabrik yang memproduksi tali rafia berkualitas baik adalah Laksana Mas Agung. Pabrik ini sudah dikenal memproduksi tali rafia berkualitas dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.

Lika-liku perjalanan Laksana Mas Agung

Pabrik Laksana Mas Agung ini sudah melewati perjalanan yang cukup panjang dalam produksi tali rafia. Tidak heran jika lika-liku perjalanannya pun sudah sangat beragam. Berikut kisah lengkapnya.

  1. Didirikan oleh empat bersaudara

PT Laksana Mas Agung ini didirikan oleh empat orang bersaudara yang berasal dari marga Lim pada awal 1970. Saat itu belum ada pabrik, tapi masih berupa pergudangan seluruh barang-barang plastik. Awalnya, pabrik ini memang hanya menjual barang-barang plastik, belum sampai menjual tali rafia.

  1. Alami perubahan nama

Sebelum menjadi PT Laksana Mas Agung, awalnya perusahaan ini bernama UD Lim karena didirikan oleh empat bersaudara bermarga Lim. Namun, sekitar tahun 1977-1979, berdiri perusahaan bernama CV Kapuk Mas Agung. Pada saat itu juga terjadi perubahan konsep yang awalnya perdagangan menjadi perindustrian yang khusus memproduksi tali rafia. 

Pada tahun 1980, dua dari empat bersaudara Lim memutuskan untuk keluar dari perusahaan dan mendirikan perusahaan sendiri. Kemudian, sejak 1985-2000, CV Kapuk Mas Agung fokus memproduksi tali rafia saja dengan berbagai merek.

  1. Perbanyak cabang

Seiring berjalannya waktu, generasi Lim digantikan oleh yang lebih muda. Berdirilah PT Kapuk Mas Agung Abadi yang memiliki konsep sama, tapi berdomisili di Jakarta. Lalu, dengan permintaan yang semakin banyak, diperlukan pengembangan untuk teknologi mesin tali rafia. Didirikanlah PT Laksana Mas Agung pada Oktober 2018.

Perbedaan dari cabang-cabang ini terletak pada penggunaan teknologi. Mesin yang digunakan untuk produksi di PT Laksana Mas Agung jauh lebih maju dibandingkan dengan pabrik lainnya. Itu sebabnya, di PT Laksana Mas Agung lebih banyak produksinya. Sampai hari ini, Laksana Mas Agung masih menjual dan memproduksi tali rafia dan tidak menutup kemungkinan, akan terus melakukan inovasi untuk kemajuan perusahaan di masa mendatang.


Itulah cerita singkat seputar pembuatan tali rafia dan pabrik tali rafia PT Laksana Mas Agung. Berawal dari bisnis keluarga yang sukses jadi produsen tali eco friendly dengan pengolahan limbah plastik sebagai bahan dasarnya. Untuk informasi lebih lengkap tentang Laksana Mas Agung, kamu bisa ikuti media sosial TikTok, Instagram, YouTube, dan Facebook Laksana Mas Agung. Kamu juga bisa pesan tali rafia langsung ke kontak WhatsApp melalui nomor +62 813 8888 4099.