Mau Pindah Kos? Ini Dia Tips Packing Barang Anti Ribet!

22 September 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1666953810.jpg

Kegiatan pindah kos adalah hal yang melelahkan, kamu harus kembali melakukan hal yang sama seperti ketika pertama kali datang ke sana. Harus cari kos baru, beres-beres kamar yang akan ditinggali, sampai packing barang bawaan yang jumlahnya jelas banyak. Belum lagi kalau jarak antara tempat kos baru dan kos lama lumayan jauh, jadi dobel deh ribetnya.

Ketika proses pindahan, salah satu kesalahan yang paling sering terjadi adalah barang bawaan yang ketinggalan di tempat lama, gara-gara packingnya kurang tepat. Ada saja barang yang rusak atau lupa dibawa. Sebenarnya, enggak susah untuk mengatasinya, kamu bisa mengikuti beberapa tips packing ketika pindah kos berikut ini agar barang bawaanmu bisa sampai di tempat kos baru dengan aman.

1. Buat daftar barang

Tips packing pertama yang bisa kamu lakukan ketika ingin pindah kos adalah dengan membuat daftar barang. Coba periksa semua tempat di dalam kamar kos dan catat satu-persatu, barang apa saja yang kamu miliki. Setelah itu, buatlah daftar barang yang ada agar lebih tertata. Catat dengan pola checklist di kertas agar lebih memudahkan. Kamu juga bisa minta bantuan teman kos untuk membantumu mencatat barang-barang yang ingin dibawa. Jadi, kamu nantinya bisa dengan mudah memeriksa kembali apakah ada barang yang belum terbawa atau tidak.

2. Kelompokkan barang yang akan dipindahkan

Agar proses pindahan menjadi lebih cepat dan praktis, kamu perlu mengelompokkan barang-barang yang ada. Pisahkan mana barang yang perlu dibawa, ditinggal, dan dibuang. Kamu juga bisa mulai mengemas barang yang ada sesuai dengan jenisnya. Misalnya, peralatan mandi dikemas dalam satu tempat tersendiri. Begitu juga dengan baju, sepatu, dan peralatan lainnya.

3. Siapkan peralatan pindahan

Supaya lebih mudah dalam memindahkan barang, siapkan peralatan untuk mengangkutnya. Kamu bisa menggunakan koper, tas, kardus, dan lain sebagainya. Supaya lebih hemat, kamu juga bisa menggunakan kardus bekas untuk mengangkut barang-barang. Pastikan kalau kardus yang digunakan masih kokoh, ya.

Jika menggunakan kardus, sebaiknya rekatkan ulang sudut-sudut kardus menggunakan lakban. Selain itu, untuk memudahkan kamu dalam mengangkut kardus, gunakanlah tali rafia sebagai pengikat. Pastikan tali rafia yang kamu gunakan berkualitas tinggi dan kuat menahan beban seperti tali rafia dari Laksana Mas Agung agar barang yang diangkut bisa sampai dengan selamat.

4. Minta bantuan teman

Enggak perlu gengsi untuk minta bantuan. Di saat-saat seperti ini akan sangat melelahkan jika kamu melakukan semuanya sendiri. Cobalah meminta bantuan teman dekat untuk melakukan hal-hal kecil seperti membantu mengemas barang, mencatat barang yang perlu dibawa, dan lain sebagainya.

Agar tidak mendadak, tanyakan dulu dari jauh-jauh hari apakah mereka bersedia membantu atau tidak. Sebagai rasa terima kasih, kamu bisa mentraktir mereka minuman segar sambil ngobrol sebelum berpisah.

5. Periksa kembali barang sebelum diangkut 

Berbekal catatan barang bawaan yang sudah dibuat sebelumnya, sekarang kamu bisa memeriksa kembali barang bawaan dengan lebih mudah. Tidak perlu buru-buru, coba kembali periksa dengan teliti, apakah barang yang ada di catatan sudah terangkut semua atau belum.

Hal ini penting untuk kamu lakukan agar tidak perlu ribet balik lagi ke kos lama untuk mengambil barang yang tertinggal. 

6. Pilih jasa angkut barang terpercaya

Saat ini memang sudah ada banyak jasa angkut barang dan pindahan yang tersedia, namun kamu perlu memastikan lagi kalau penyedia jasa yang dipilih benar-benar bisa dipercaya. Jangan sampai, nantinya barang bawaan kamu justru ada yang rusak atau malah tarif jasanya terlalu tinggi.

Kalau bingung, jangan ragu untuk bertanya dan meminta rekomendasi dari teman dekatmu. Kamu juga bisa menyewa jasa ojek pangkalan di dekat kos lama untuk membantu mengangkut barang pindahan.


Barang bawaan ketika pindah kos pasti banyak dan bikin ribet. Supaya lebih praktis, kamu bisa memanfaatkan tali rafia untuk mengikat semua barang bawaan. Selain mudah dibawa, tali rafia juga cukup kuat untuk mengangkat barang pindahanmu. Untuk bisa menemukan tali rafia berkualitas tinggi, kamu bisa mengunjungi halaman produk Laksana Mas Agung di sini.