Membuat Kerajinan Bunga dari Tali Rafia Ternyata Mudah, Ini Caranya!

01 November 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667286202.jpg

Membuat kerajinan bunga dari tali rafia relatif mudah. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, tentu dengan menggunakan tali rafia berkualitas dari Laksana Mas Agung. Itu berarti., tali rafia tidak hanya digunakan untuk mengikat barang atau menjahit. Dengan tali rafia, kamu bisa berkreasi membuat kerajinan tangan yang menarik seperti hiasan bunga. Yuk, simak caranya berikut!

Apa itu tali rafia?

Singkatnya, tali rafia adalah tali yang terbuat dari bahan plastik. Jenis tali ini sangat umum digunakan di Indonesia karena sifatnya yang serbabisa. Kamu bisa menggunakan tali rafia untuk berbagai keperluan, khususnya untuk mengikat barang dan menjahit karung. Bahkan, kamu mungkin tidak menyadari betapa seringnya menggunakan tali rafia untuk keperluan sehari-hari.

Secara umum, berikut fungsi tali rafia untuk kegiatan sehari-hari:

  • Mengikat barang. Tali rafia adalah jenis tali serbaguna yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, khususnya untuk mengikat barang. Harga tali rafia relatif murah, jadi hampir setiap orang menggunakannya sehari-hari. Ukuran kemasan tali rafia umumnya juga cukup besar dengan rentang tali yang cukup panjang untuk berbagai keperluan.
  • Menjahit karung. Tali rafia juga digunakan untuk menjahit karung, umumnya dalam pengemasan barang-barang berukuran besar. Biasanya, karung yang digunakan adalah karung plastik, jenis bahan yang mirip dengan tali rafia. Jahitan perlu dibuat serapat mungkin agar karung dapat tertutup sempurna.
  • Membuat anyaman atau kerajinan tangan. Tali rafia juga biasa digunakan sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan. Sering kali, anak diminta membuat kerajinan menggunakan tali rafia di sekolah dasar. Ada banyak warna tali rafia, jadi kamu bisa lebih bebas berkreasi membuat kerajinan-kerajinan kreatif.
Cara membuat bunga dari tali rafia

Salah satu produk kerajinan tangan yang mudah dibuat menggunakan rafia adalah bunga. Bunga dari dari tali rafia bisa dibuat oleh siapa saja, bahkan oleh anak-anak sekalipun. Kamu cukup menyiapkan berbagai warna tali rafia untuk membuat bunga yang tampak lebih indah. Berikut cara membuat bunga dari tali rafia dengan mudah:

Bahan-bahan

  • Tali rafia dengan berbagai warna berbeda

Peralatan

  • Gunting
  • Pisau cutter
  • Batang kayu atau kawat

Cara membuat

  1. Siapkan tali rafia warna merah untuk membuat kelopak bunga. Potong sekitar 1 meter kemudian ikat simpul di salah satu ujungnya
  2. Ambil ujung lainnya. Setelah itu, kupas dan regangkan tali rafia tersebut, posisikan di tangan kirimu.
  3. Setelahnya, tekuk bagian yang sudah dilebarkan, pegang tali dengan tangan kiri. Selanjutnya, tekan simpul dengan ibu jari dan tahan tali rafia tetap terbuka dengan jari manis.
  4. Lipat atau putar bagian lebar dalam lingkaran simpul dan lakukan terus sampai habis.
  5. Lanjutkan lipatan tersebut dari bawah ke atas. Kamu perlu menggunakan tali rafia terbaik untuk hasil cemerlang, pilih Tali Super dari Laksana Mas Agung.
  6. Selanjutnya, lipat dan pelintir sampai semua simpul tali selesai, dan hanya menyisakan ujung kecil yang ditutup dengan batang tadi.
  7. Berikutnya, ambil rafia baru dan potong untuk membuat lembaran. Buka dan lebarkan rafia, kemudian potong menjadi dua lembar
  8. Berikutnya, tekuk rafia tersebut dan bagi menjadi tiga. Kembangkan kelopak menjadi enam untai.
  9. Buat bunga tersebut sebanyak yang kamu mau lalu satukan dengan batang-batang bunga yang sudah disiapkan
  10. Buat batang bunga dengan tangkai lidi atau kawat. Potong sesuai ukuran, kemudian lilitkan tali rafia mulai pangkal sampai ujung

Dekorasi tali rafia makin cantik dengan Tali Super Laksana Mas Agung

Kerajinan tali rafia akan terlihat lebih indah dengan bahan dasar tali rafia yang berkualitas. Jadi, sebaiknya kamu memilih jenis tali yang sudah terjamin kualitasnya, dibuat dengan bahan-bahan terbaik. Laksana Mas Agung menyediakan jenis Tali Super yang dikenal berkualitas tinggi untuk membuat kerajinan.

Tali Super dari Laksana Mas Agung memiliki warna glossy yang jarang ditemukan. Tali ini sangat unik, berbeda dengan produk-produk lain yang tersedia. Ada enam warna Tali Super yang bisa Anda dapatkan, yaitu merah, biru, kuning, hijau, ungu, dan oranye. Tersedia dua ukuran Tali Super, yakni 5 kg dan 10 kg.

Untuk memenuhi kebutuhanmu membuat kerajinan bunga dari tali rafia, Laksana Mas Agung menyediakan tali rafia dengan beragam jenis, warna, dan ukuran. Sekarang, tali rafia Laksana Mas Agung telah tersedia di Shopee, Tokopedia, dan juga pemesanan langsung melalui WhatsApp.