Mendunia, Kreasi Kerajinan Daur Ulang Baju dari Tali Rafia

07 November 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667895573.jpg

Siapa sangka tali rafia bisa jadi bahan dasar pembuatan busana model kelas dunia? Faktanya, nama desainer Indonesia, Rinaldy Yunardi, pernah mengejutkan dunia dengan karya busana seni, yaitu baju dari tali rafia. Pada akhir September 2017, karya Rinaldy dipajang di ajang World of WearableArt (WOW), Wellington, Selandia Baru. Ia memamerkan beberapa desain busana seni dengan bahan dasar tali rafia berwarna hitam.

"Berkarya tidak harus menggunakan bahan mahal. Bahan baku apa yang saya temukan bisa diolah, saya lakukan," ujar Rinaldy.

Istilah baju dari tali rafia mungkin terlalu sederhana untuk menggambarkan karya Rinaldy. Meski menggunakan bahan dasar yang mudah kita jumpai sehari-hari, Rinaldy bisa menyulapnya menjadi busana seni berkelas dunia yang terlihat sangat fashionable.

Rinaldy Yunardi, ubah tali rafia menjadi fashion avant garde

Rinaldy memilih bahan dasar tali rafia sesuai dengan tema besar World of WearableArt (WOW). Ia yakin bahwa ide baju daur ulang dari tali rafia bakal menarik dan mungkin tidak terpikirkan oleh orang lain.

Menurutnya, tali rafia sekarang jauh lebih berkualitas, biasanya memiliki tekstur lebih keras sehingga lebih mudah dibentuk. Hal ini berbeda dari tekstur tali rafia dahulu yang terlalu lentur, jadi sulit dibentuk.

Tali rafia itu kemudian dipotong ke dalam berbagai ukuran sesuai dengan gambaran busana seni Rinaldy. Hasilnya luar biasa, karya Rinaldy tidak terlihat murahan, justru tampak sangat berkelas menyerupai fashion avant garde dunia.

Ciptakan dua kreasi Encapsulate dan Cosmos

Berasal dengan ide dasar baju dari tali rafia, Rinaldy berkreasi membuat dua karya yang disebut Encapsulate dan Cosmos. Desain dua busana ini memang sangat unik sesuai tema fashion art, bukan sekadar kreasi fashion biasa.

Encapsulate adalah busana berbentuk seperti kapsul yang dibuat dari potongan tali rafia. Tali rafia tersebut dikreasikan sedemikian rupa untuk membentuk rumbai. Rinaldy lalu menambahkan LED untuk membuatnya terlihat berkelas. Sedangkan Cosmos adalah busana dengan warna hitam dan perak, terbuat dari kombinasi tali rafia dan kristal jala, ditambah dengan logam. Busana ini tampak modern dan futuristik, sehingga pastinya unik.

Sabet prestasi di kancah internasional

Melalui dua karya tersebut, Rinaldy menyabet prestasi di kancah internasional dengan membawa nama Indonesia. Ia memenangi juara umum The Supreme WOW, juara 1 kategori Open, dan juara 1 kategori Avant Garde dalam Section Award.

"Material dasarnya adalah tali rafia yang mana memang harus lebih kreatif lagi, karena bahan ini simpel dan murah. Tapi saya ditantang bagaimana menciptakan karya dengan look modern. Satu per satu bahannya saya gunting. Ini nggak nyangka bisa menang," kata Rinaldy, seperti dilansir dari Okezone.com.

Karya Rinaldy kali ini memang bisa disebut menang telak. Encapsulate dan Cosmos memenuhi berbagai aspek, seperti orisinalitas, inovasi, dan pastinya benda seni layak pakai. Karya baju dari tali rafia Rinaldy pun diapresiasi dunia.

Bukti kegunaan tali rafia yang multifungsi

Kreasi Rinaldy Yunardi tersebut membuktikan kalau tali rafia tidak cuma bisa dijadikan alat pengikat barang, tapi juga dikreasikan menjadi sebuah karya fashion avant garde. Jadi, seharusnya kamu tidak membatasi kreativitas dalam berkarya.

Baju dari tali rafia memang terkesan remeh, tapi Rinaldy bisa mengubahnya menjadi karya seni luar biasa. Bahkan, tidak ada yang mengira tali rafia bisa dibuat menjadi busana seni berkelas dunia. Kreasi Rinaldy ini pun jadi bukti bahwa tali rafia adalah salah satu bahan dasar yang multifungsi. Kamu bisa menggunakannya dalam keperluan sehari-hari, bisa juga membuat karya seni unik seperti baju daur ulang dari tali rafia yang sampai ke panggung dunia.

Tali rafia berkualitas, Laksana Mas Agung jawabannya

Rinaldy membuktikan langsung bahwa tali rafia zaman sekarang telah diproduksi dengan jauh lebih baik. Menariknya, Rinaldy juga menyebut bahwa keunggulan tali rafia sekarang tidak hanya pada bobot yang ringan, tetapi juga material yang lebih baik sehingga lebih mudah dibentuk.

Untuk kebutuhan satu ini, kamu bisa menggunakan tali rafia Laksana Mas Agung yang sudah teruji dan dikenal berkualitas. Tali rafia Laksana Mas Agung dikenal sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya. Perusahaan ini sudah memproduksi tali rafia sejak tahun 1970, jadi kamu nggak perlu meragukan kualitas tali yang dihasilkan.

Sebagai contoh, kamu bisa memilih produk Tali Super dari Laksana mas Agung. Tali ini memiliki warna glossy yang unik dengan bahan sangat kuat dan mudah dibentuk. Ada pula varian Tali Putih atau Tali Warna dengan kualitas sama.

 

Nah, karya busana seni Rinaldy Yunardi tersebut membuktikan bawah tali rafia punya banyak kegunaan, bahkan bisa diubah menjadi karya fashion avant garde. Dengan kata lain, bisa disimpulkan bahwa kegunaan tali rafia sangat beragam. Tali rafia dapat digunakan untuk mengikat barang, menjahit karung, hingga membuat kerajinan tangan seperti produk fashion.

Untuk memenuhi kebutuhan kamu, termasuk untuk membuat baju dari tali rafia, Laksana Mas Agung menyediakan tali rafia dengan beragam jenis, warna, dan ukuran. Kini, tali rafia Laksana Mas Agung bisa didapatkan di ShopeeTokopedia dan juga kontak langsung melalui WhatsApp.