Mengenal Jenis-jenis Plastik, Mana yang Digunakan untuk Tali Rafia?

22 September 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1666954498.jpg

Tali rafia merupakan jenis tali berbahan dasar plastik yang tidak berserabut dan tidak mudah putus sehingga sering digunakan untuk berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, di artikel ini, kamu akan mendapatkan informasi mengenai jenis-jenis plastik. Mana, sih, yang digunakan untuk tali rafia? Yuk, simak di bawah ini informasi selengkapnya!

1. Polyester

Polyester merupakan jenis plastik anti-kerut. Jenis plastik ini umumnya digunakan untuk kemasan makanan dan minuman karena mampu menjaga makanan tetap kedap udara, serta memastikan keutuhan gas karbon dioksida di dalam minuman berkarbonasi. Meski bisa didaur ulang, polyester mengandung antimony trioxide yang dianggap karsinogen (dapat memicu kanker) sehingga sebaiknya tidak disimpan dalam suhu panas, seperti di dalam mobil, garasi, dan lemari penyimpanan tertutup.


2. Polyethylene
Polyethylene (PE) merupakan jenis plastik yang banyak dipakai oleh masyarakat karena berdasarkan sifatnya menawarkan berbagai keunggulan. Misalnya, dipakai sebagai pembungkus atau pengemas makanan atau minuman. Selain mudah dibentuk, bahan plastik yang termasuk jenis termoplastik ini tahan terhadap bahan kimia, sangat halus, fleksibel, tidak mudah robek, tidak berbau, dapat digunakan pada suhu dingin, dan mempunyai resistansi yang baik.


3. Polypropylene
Polypropylene atau biasanya disingkat PP merupakan jenis plastik yang memiliki daya tahan cukup tinggi. Selain tahan lemak atau minyak, polypropylene juga tahan terhadap temperatur tinggi, tahan terhadap alkali dan asam, serta memiliki bentuk yang lebih kaku dibandingkan jenis plastik polyethylene.

Salah satu keunggulan utama polypropylene adalah permukaan yang mengkilap dan memiliki impact strength. Polypropylene biasanya digunakan sebagai bahan kemasan rokok dan makanan. Contoh barang plastik yang terbuat dari polypropylene adalah tempat makanan atau minuman, botol sirup,  sedotan plastik, selotip, kotak yogurt, dan tali berbahan plastik seperti tali rafia. Tali rafia biasanya terbuat dari bahan baku polypropylene dan campuran biji warna sesuai warna yang diinginkan.


4. Polystyrene

Polystyrene adalah jenis plastik yang terbuat dari campuran polimer dan monomer stirena. Jenis plastik ini umumnya dijual dengan harga yang cukup murah. Kegunaan utama polystyrene adalah untuk membuat tempat makan styrofoam, sendok dan garpu plastik, tempat telur, foam packaging, hingga bahan bangunan (bahan flooring).


5. PVC

Plastik yang berasal dari polyvinyl chloride (PVC) contohnya adalah plastik untuk pipa air, wrapping, ubin, kabel listrik, dan mainan anak. Berbagai barang plastik yang terbuat dari plastik PVC sering disebut “plastik beracun” karena mengandung sejumlah bahan kimia beracun yang dapat larut dan berbahaya bagi kesehatan. PVC sulit untuk didaur ulang sehingga penggunaannya tidak disarankan untuk kemasan makanan atau minuman.


6. HDPE

Jenis plastik yang terbuat dari HDPE atau  high density polyethylene biasanya digunakan untuk galon air minum, botol detergen, botol sampo, botol susu, botol sabun, dan plastik kemasan tebal lainnya. Termasuk golongan plastik yang cukup aman digunakan berulang kali, HDPE paling sering didaur ulang dengan nilai ekonomi dan proses daur ulang yang sederhana. Meskipun dapat digunakan berulang kali, kamu harus tetap memperhatikan kebersihan HDPE agar tetap terjaga.


7. LDPE

LDPE biasanya terdapat pada kantong plastik (kresek), tas belanja, kantong plastik sampah, hingga bungkus makanan. LDPE merupakan jenis plastik yang terbuat dari bahan low density polyethylene yang bersifat elastis, memiliki daya tahan yang lama, serta dan dapat digunakan untuk berulang kali. Meski begitu, ada baiknya untuk menggunakan jenis plastik ini sekali saja. Plastik LDPE bekas kemudian didaur ulang, bukan dipendam di dalam tanah karena proses penguraiannya butuh waktu yang sangat lama.


Nah, itulah informasi mengenai jenis-jenis plastik yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu sedang mencari tali rafia terbaik, dapatkan tali rafia Laksana Mas Agung yang sudah pakai bahan plastik dengan kualitas terbaik sehingga awet, warna cemerlang, dan ramah lingkungan. Kamu bisa langsung klik di sini untuk dapatkan informasi lebih lanjut mengenai berbagai produk tali rafia Laksana Mas Agung!