Mengoptimalkan Penghasilan dengan Affiliate Marketing, Apa itu?

22 September 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1695370724.jpg

Ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Tenang saja, di zaman yang serba digital ini, kesempatan mendapatkan penghasilan tambahan sudah sangat beragam dan praktis, salah satunya yaitu dengan menjadi affiliate marketing. Pekerjaan ini memungkinkan kamu untuk bekerja dari mana saja dan kapan saja hanya dengan perantara smartphone dan internet. Bagaimana cara kerjanya? Yuk, simak informasinya melalui penjelasan berikut ini!

Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah salah satu metode digital marketing dimana kamu sebagai affliliator bertugas untuk mempromosikan produk dari suatu toko. Nantinya, melalui hasil penjualan produk yang kamu promosikan akan ada komisi yang berhak kamu dapatkan.

Ada beberapa istiliah penting dalam ranah metode marketing satu ini. Pertama, merchant atau pihak yang memiliki produk atau online shop. Kedua adalah affiliator, yaitu pihak yang mempromosikan barang tersebut. Biasanya, afiliator adalah para influencer karena memiliki pengaruh besar dalam memasarkan suatu produk melalui media sosial.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa memulainya dengan akun biasa tanpa followers yang besar.

Baca Juga: Mau Memulai Bisnis? Ini 7 Ide Bisnis Online yang Sederhana!

Cara Kerja Affiliate Marketing

Cara menjadi affiliator cukup mudah, kok. Pertama, kamu bisa mendaftarkan akun di website masing-masing e-commerce atau media sosial. Kemudian, kamu biasanya akan menerima tautan afiliasi. Akun tautan tersebut bisa kamu bagikan di sosial media seperti TikTok, Instagram, atau Twitter.

Selanjutnya, jika ada orang yang klik tautanmu dan melakukan transaksi, maka kamu akan mendapatkan komisi sekian persen bergantung dari kebijakan. Tidak hanya berupa link , biasanya program affiliasi juga bisa dibagikan melalui kode, barcode, atau tautan langsung berupa ikon keranjang check out produk tersebut.

Kelebihan & Kekurangan Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah pilihan yang sangat tepat untuk pemula. Soalnya, kamu tidak perlu mengeluarkan modal sebesar produsen karena tugasmu disini hanya mempromosikan. Dengan begitu, tautan yang kamu bagikan bisa menjadi penghasilan pasif tanpa harus kamu pantau terus menerus. Di samping itu, basisnya adalah digital marketing yang memungkinkan kamu bekerja dari manapun dan kapanpun.

Namun, tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk affiliate marketing. Di samping kelebihan tersebut, ada pula beberapa kekurangan yang harus kamu antisipasi. Salah satunya ada tingkat persaingan yang tinggi. Mengingat caranya cukup mudah, wajar kalau banyak sekali orang yang bergabung dalam program ini. Selain itu, kalau kamu memulai afiliasi dari akun biasa yang followers-nya sedikit, kamu akan butuh waktu dan usaha lebih untuk membangun reputasi akun tersebut.

Channel Affiliate Marketing

Affiliate marketing bisa muncul dimana saja di berbagai platform atau channel. Contohnya, dalam konten artikel informatif atau review suatu produk. Jadi, kamu bisa memasukkan link afiliasi di dalam jenis konten artikel yang kamu tulis.

Namun, yang saat ini paling umum adalah melalui media sosial e-commerce. Kamu dapat membuat konten semenarik mungkin untuk mempromosikan produk dan cantumkan link afiliasinya. Kualitas dan kreativitas konten sangatlah penting karena konten yang menarik lebih berpotensi mendapatkan perhatian dan minat dari calon pelanggan.

Melalui media sosial dan e-commerce, kamu dapat berinteraksi secara langsung dengan audiens dan memberikan testimoni sekaligus tanya jawab produk untuk mengajak merek klik tautan afiliasi secara tersirat.

Contoh Affiliate Marketing

Contoh-contoh produk affiliate marketing mungkin sudah banyak kamu temui di berbagai channel di atas. Salah satu contoh nyata produknya ada dari Laksana Mas Agung yang menjual berbagai keperluan atau alat-alat dekorasi seperti tali. Nah, kamu bisa mengajukan program afiliasi untuk produk-produk ini. Lalu, pasarkan secara aktif melalui berbagai channel. Dengan penjualan produk Laksana Mas Agung tersebut, kamu berkesempatan mendapatkan komisi yang kompetitif.

Kesimpulan

Jadi, dapat dibilang bahwa program affiliate marketing ini adalah contoh usaha mendapatkan penghasilan yang cukup mudah kamu lakukan. Apalagi, modalnya terbilang sangat rendang. Jadi, tak heran kalau metode digital marketing ini cukup populer belakang.

Namun, perlu pemahaman dan kreatifitas supaya pelanggan tertarik untuk klik link afiliasi produk yang kamu bagikan. Dengan demikian, metode pemasaran ini membutuhkan upaya yang konsisten untuk mencapai keuntungan yang menjanjikan.

Baca Juga: Ide Bisnis Tali Rafia yang Menguntungkan

Kalau kamu ingin segera mencoba program affiliate marketing, kamu bisa mengunjungi e-commerce ternama dan daftarkan dirimu. Kemudian, cari produk yang kamu inginkan. Kalau ingin mencari produk affiliate marketing atau sekedar membeli produk berkualitas Laksana Mas Agung, kamu bisa langsung cek e-commercenya di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, yuk!