Bagaimana Peluang Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah? Ini Untungnya!

19 Maret 2024

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1710831658.jpg

Limbah yang sulit terurai memang membawa banyak masalah bagi lingkungan kalau dibiarkan menumpuk. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata semua limbah buangan tersebut bisa dimanfaatkan untuk menambah nilai ekonomi? Ya, karena kamu bisa memulai bisnis toko kerajinan dari limbah! Lalu, bagaimana peluang usaha kerajinan dari bahan limbah? Supaya bisa menemukan jawabannya, yuk, simak di sini!

3 Keuntungan Membuat Kerajinan dari Bahan Limbah

Ternyata, bisnis kerajinan dari limbah plastik maupun jenis limbah lainnya membawa banyak manfaat untuk berbagai aspek, lho. Berikut adalah beberapa keuntungan membuat kerajinan dari bahan limbah:

1. Bantu melestarikan lingkungan

Dengan membuat kerajinan tangan dari bahan limbah, pada dasarnya kamu sudah menggunakan kembali bahan-bahan yang sulit terurai hingga tuntas. Hasilnya, alih-alih menambah tumpukan sampah di tempat pembuangan akhir atau bahkan mengotori sumber air bersih, limbah tersebut pun lebih bermanfaat karena sudah beralih fungsi.

2. Menambah nilai ekonomi

Bagaimana peluang usaha kerajinan dari limbah? Sekarang, jumlah orang yang semakin menyadari pentingnya menjaga bumi dengan menggunakan barang dari bahan ramah lingkungan sudah semakin banyak. Karena itulah, kamu bisa menjaring banyak pelanggan yang sedang mencari produk sedemikian rupa. 

Lalu, semakin banyak pembeli yang berminat pada kerajinan tanganmu, kamu juga akan mendapatkan pemasukan yang lebih tinggi untuk disumbang kepada pemerintah. Jadi, selain kesejahteraan pribadimu, infrastruktur di daerahmu juga akan ikut meningkat.

3. Membuka lapangan pekerjaan baru

Di saat skala usaha kerajinan dari limbah kamu sudah semakin berkembang, bisa saja kamu mulai kewalahan mengurusi semua operasionalnya sendiri. Tapi, sebaiknya kamu tenang dulu! Justru, ini merupakan kesempatan yang bagus untuk merekrut lebih banyak pegawai dari sekitarmu, entah itu untuk membuat lebih banyak produk, memasarkan hasil kerajinanmu, atau bahkan mengurusi pembelian bahan bakunya.

Contoh Ide Usaha Kerajinan dari Limbah

Lantas, apa saja barang yang bisa kamu jual untuk usaha kerajinan dari limbah plastik atau bahan lainnya? Kamu bisa simak 3 ide berikut:

1. Tas dari limbah bekas

Kemasan sachet sekali pakai umumnya terbuat dari plastik yang susah terurai, sehingga bisa mengotori lingkungan sekitar kalau tidak diatasi lebih lanjut. Tapi, mengingat desain kemasan tersebut sangat beragam, kamu bisa menyulapnya jadi tas, lho. Caranya, jahit beberapa lembar sachet plastik dengan warna yang senada menjadi beberapa rangkaian. Lalu, bentuk menjadi tas tote bag, tas jinjing untuk belanja, atau jenis tas lainnya!

2. Hiasan dinding dan meja dari limbah bekas

Bagaimana kalau kamu ingin membuat kerajinan tangan dari limbah kayu, kaleng, atau botol kaca? Gampang, kamu bisa mengubahnya menjadi hiasan untuk dinding atau meja. Contohnya, bingkai foto dari kayu, tempat tisu dari kaleng bekas, vas bunga dari botol bekas, atau tempat alat tulis dari rangkaian limbah logam. Agar lebih menarik, kamu tinggal menghiasnya dengan cat berwarna atau pernak-pernik kecil berwarna cerah.

3. Mainan anak dari limbah tekstil

Di sekitarmu ada banyak limbah tekstil seperti kain bekas yang menumpuk? Untuk mengurangi volume sampah, kamu bisa memanfaatkan kembali kain tersebut jadi mainan anak! Caranya, susunlah potongan kain dari aneka warna dan motif hingga menjadi boneka kain perca. Mainan seperti ini tidak hanya akan berguna untuk menghilangkan rasa bosan anak, tapi juga bisa dijadikan media pembelajaran.

Baca Juga: 10 Inspirasi Kreatif Kerajinan dari Sampah Plastik

Tips Mensukseskan Usaha Kerajinan dari Limbah Plastik

Sudah tahu bagaimana peluang usaha kerajinan dari bahan limbah dan jenis barang yang akan kamu jual? Sebelum memulai bisnis utama atau sampinganmu, jangan lupa terapkan tips dan trik berikut agar tetap untung:

  • Buat konten promosi yang menarik, contohnya video proses pembuatan kerajinan tangan atau review dari influencer, dan tekankan nilai ramah lingkungan;
  • Ciptakan desain kerajinan tangan yang menarik sesuai dengan selera target pasarmu. Misalnya, kalau kamu ingin menjual mainan anak-anak, utamakan warna yang cerah dan pola yang berani;
  • Manfaatkan berbagai media untuk memperluas jangkauan bisnismu, misalnya dengan menjual barang di platform e-commerce;
  • Kalau memungkinkan, sediakan layanan tambahan seperti pembuatan kerajinan custom dengan biaya ekstra atau pengemasan hadiah.

Melihat bagaimana peluang usaha kerajinan dari bahan limbah, ide bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki skill, kreativitas, dan minat untuk melestarikan lingkungan! Tapi, sebelum mulai, pastikan kamu mendapatkan bahan-bahan yang berkualitas dulu agar hasilnya semakin bagus. 


Contohnya, kalau kamu sedang mencari tali rafia warna-warni yang kokoh dan ramah lingkungan, kamu bisa mempertimbangkan tali rafia Laksana Mas Agung. Sebab, semuanya dibuat dengan proses daur ulang, pilihan warnanya lengkap, dan kekokohannya cocok untuk dijadikan aneka ragam prakarya. Tertarik? Dapatkan produknya di Shopee atau Tokopedia Laksana Mas Agung, yuk!