Peluang Usaha Tali Rafia Menjelang 17 Agustus, Untungkah?

16 Agustus 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1692342675.jpg

Ada banyak ide bisnis yang bisa dicoba untuk menggaet pelanggan menjelang perayaan Hari Kemerdekaan di tanggal 17 Agustus nanti. Selain berjualan snack atau pernak-pernik khas HUT RI, Anda juga bisa mencoba merintis usaha tali rafia, lho! Memangnya, bisnis tali rafia seberapa menguntungkan pada momen tersebut? Yuk, kita cari tahu lebih lanjut di sini!

Menjelang perayaan Hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus nanti, ada banyak ide bisnis yang bisa segera kamu mulai. Selain berjualan aksesoris atau dekorasi khas kemerdekaan Indonesia, kamu juga bisa mencoba berjualan tali rafia, lho! Apalagi, kalau kamu sudah punya toko kelontong atau toko online yang menjual kebutuhan sehari-hari masyarakat. Memangnya, seberapa menguntungkan usaha tali rafia ini? Cari tahu di sini, yuk!

Kegunaan tali rafia untuk 17 Agustus

Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia, tali rafia menjadi salah satu komoditas yang dibutuhkan oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan tali rafia memiliki berbagai macam kegunaan pada perayaan kemerdekaan tersebut. Misalnya saja, tali rafia bisa digunakan untuk properti beberapa lomba 17 Agustus seperti makan kerupuk atau memasukkan paku dalam botol. Selain itu, tali rafia juga dibutuhkan untuk memasang dekorasi kemerdekaan seperti banner, atau gantungan berbentuk bendera merah putih.

Modal untuk bisnis tali rafia

Untuk memulai bisnis tali rafia, modal yang kamu butuhkan tergantung dari model bisnis yang kamu pilih. Misalnya saja jika kamu berencana untuk menjualnya secara offline, maka kamu perlu memiliki modal berupa toko, penjaga toko, dan beberapa kebutuhan untuk memulai toko pada umumnya. Oleh karena itu, kamu yang tidak memiliki budget besar untuk menjalankan bisnis ini bisa memulai dengan melakukannya secara online. Untuk berjualan tali rafia secara online, satu hal yang kamu butuhkan adalah supplier tali rafia. Lalu, bagaimana cara mencarinya?

Kemudahan mencari supplier

Mencari supplier tali rafia bukanlah hal yang sulit. Selain bertanya pada kawan atau kerabat, kamu juga bisa mencarinya melalui internet. Jika kamu memilih untuk mencari supplier lewat internet, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Pertama, pastikan bahwa supplier tersebut terpercaya. Kamu bisa membaca beberapa testimoni mengenai penjual lainnya yang pernah berbisnis dengan supplier tersebut, atau mencari tahu dengan bertanya di forum media sosial. Berikutnya, jangan lupa untuk selalu membandingkan harga serta keuntungan menjadi reseller dari tiap supplier tali rafia. Pastikan juga bahwa tali rafia yang akan kamu jual adalah tali yang berkualitas.

Gaji karyawan dan biaya operasional

Untuk biaya operasional bisnis, tentu saja tergantung dari model bisnis yang kamu jalankan. Misalnya jika kamu memilih menjualnya secara online, maka biaya yang dibutuhkan adalah gaji untuk admin, dan biaya paket internet. Biaya ini akan bertambah kalau kamu membeli talinya dalam bentuk rol besar. Artinya, kamu harus membayar karyawan yang bertugas mengemas tali rafia tersebut ke dalam kemasan yang lebih kecil untuk pelangganmu.

Modal untuk pemasaran usaha tali rafia

Untuk kamu yang sudah lama mempunyai toko kelontong, pasti sudah tidak perlu bingung lagi mengenai strategi pemasaran. Setiap harinya, selalu ada pengunjung langganan yang sudah loyal pada tokomu. Namun, bagaimana kalau kamu baru pertama kali memulai bisnis? Tentu saja, strategi pemasaran menjadi kunci utama agar bisnismu dapat berkembang, entah kamu menjalankannya secara offline ataupun online.

Agar tidak menghabiskan budget, solusi strategi pemasaran yang tepat adalah dengan menggunakan media sosial. Platform ini adalah salah satu tempat marketing yang efektif, apalagi jika kamu berjualan tali rafia dan barang-barang lainnya tersebut secara online. Selain itu, kamu hampir tidak perlu mengeluarkan budget sepeserpun untuk memulai pemasaran melalui media sosial. Namun agar lebih efektif, tentu saja kamu bisa memanfaatkan fitur iklan di media sosial dengan budget secukupnya.

Melihat beberapa hal di atas, memulai bisnis tali rafia menjelang hari kemerdekaan adalah hal yang cukup menguntungkan. Hal ini dikarenakan permintaan yang cukup tinggi dari konsumen. Kalau ingin memulai bisnis ini, kamu bisa coba menjadi reseller dari produsen tali rafia yang terbukti memproduksi tali berkualitas tinggi, seperti Laksana Mas Agung.

Laksana Mas Agung adalah produsen tali rafia yang memiliki berbagai macam tali berkualitas, dengan harga yang juga beragam. Kalau ingin menjadi reseller dari Laksana Mas Agung, kamu berkesempatan untuk mendapatkan harga yang lebih murah, lho! Kamu pun jadi mendapatkan margin yang besar saat menjual kembali tali rafia tersebut. Untuk informasi lebih lanjut mengenai partnership dengan Laksana Mas Agung, kunjungi website-nya di sini!