Perhatikan 5 Hal Ini Untuk Membuat Lomba Agustusan yang Seru!

17 Agustus 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1666954269.jpg

Lomba Agustusan merupakan kegiatan yang selalu diadakan dalam rangka merayakan kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. Pandemi Covid-19 memang sempat membuat lomba 17 Agustusan pending diadakan dua tahun terakhir.

Namun, tahun ini tampaknya lomba Agustusan seru akan kembali diadakan mengingat kondisi pandemi yang semakin membaik. Sebelum itu, ada lima cara mengadakan lomba yang sebaiknya kamu perhatikan. Simak, yuk!

1. Susun panitia khusus

Untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI setiap tahunnya, biasanya masyarakat mengadakan berbagai macam kegiatan 17 Agustusan. Jika ingin membuat lomba Agustusan yang seru, maka penyusunan panitia khusus tidak bisa diabaikan. Sebab, kesuksesan lomba 17 Agustusan tidak lepas dari peran panitia pelaksananya.

Oleh karena itu, bentuklah panitia perayaan acara HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun ini. Susunan kepanitiaan biasanya akan menyesuaikan besaran kegiatan yang akan dilaksanakan. 

Contohnya, untuk tingkat desa, susunan panitia acara 17 Agustusan meliputi sesepuh desa sebagai penasihat dan ketua karang taruna sebagai penanggung jawab. Selain itu, dibutuhkan juga peran-peran penting lain seperti ketua panitia, wakil ketua, sekretaris, bendahara, serta berbagai seksi mulai dari acara, humas, dokumentasi, konsumsi, hingga keamanan.

2. Pilih perlombaan yang tepat

Jenis perlombaan yang tepat bisa disesuaikan dengan para peserta. Misalnya, jika para pesertanya mayoritas anak-anak, maka beberapa jenis lomba Agustusan bisa bervariasi mulai dari lomba makan kerupuk, balap karung, memasukkan pensil ke botol, dan lain sebagainya.

Apa pun jenis lomba Agustusan seru yang diadakan, jangan lupa untuk menyiapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan. Salah satunya tali rafia untuk menunjang lomba makan kerupuk atau memasukkan paku ke botol. 

Jangan asal pilih tali rafia, ya, gunakan tali rafia dari Laksana Mas Agung yang menyediakan varian tali warna merah dan tali putih. Tali rafia dari Laksana Mas Agung menawarkan kualitas lokal terbaik. Bukan sekadar tali biasa, tali rafia yang ditawarkan brand ini berkualitas terkemuka karena diproduksi dengan teknologi canggih dan ramah lingkungan.

3. Tentukan hadiah yang menarik

Agar peserta lomba Agustusan semangat untuk berkompetisi, hadiah menarik perlu diberikan. Pastinya, sudah bukan rahasia lagi bahwa hadiah lomba merupakan daya tarik paling ampuh untuk menarik peserta lomba Agustusan. Nilai hadiah yang tinggi akan semakin menarik lebih banyak peserta untuk turut berpartisipasi.

Untuk anak-anak, beberapa jenis hadiah yang menarik bisa berupa pensil warna, buku tulis, buku gambar, kotak pensil, kotak bekal, botol minum dan sebagainya. Sedangkan untuk ibu-ibu, segala jenis peralatan masak dan rumah tangga seperti baskom, wajan, dan lain-lain bisa jadi hadiah lomba 17 Agustusan menarik. 

Untuk bapak-bapak, barang-barang praktis seperti ikat pinggang, handuk, atau sandal juga bisa dipertimbangkan. Jenis hadiah lomba dapat ditentukan berdasarkan usia peserta yang diikutsertakan dan jumlah dana yang dimiliki.

4. Pastikan waktunya

Memastikan waktu pelaksanaan lomba 17 Agustusan akan membuat para peserta bisa menyiapkan diri. Biasanya, lomba Agustusan digelar sebelum tanggal 17 Agustus dan berlangsung sore hari sesudah jam pulang sekolah anak. Meski begitu, tidak sedikit pula yang mengadakan lomba tepat pada tanggal 17 Agustus. 

Untuk lokasi, tempat terbuka seperti lapangan atau pelataran biasanya dipilih karena cocok dengan jenis lomba. Sebagai alternatif jika tidak ada tempat terbuka, penutupan jalan juga bisa dilakukan dengan kerja sama dan kesepakatan warga sekitar.

5. Urus perizinan lomba

Cara mengadakan lomba Agustusan yang terakhir adalah mengurus perizinan lomba. Meskipun skala kegiatannya kecil, penyelenggaraan lomba Agustusan sebaiknya mendapat izin sah dari pemangku kebijaksanaan di lingkungan sekitar untuk berjaga-jaga jika terjadi suatu hal yang tidak diharapkan.

Perizinan lomba bisa berasal dari RT, RW, lurah, kepala desa, atau kepolisian setempat yang tercatat, dalam bentuk surat izin penyelenggaraan acara. Selain penting untuk faktor keamanan, perizinan juga bermanfaat sebagai lampiran proposal pekerjaan jika ada rencana untuk mengajukan permodalan ke faksi sponsor.


Itulah lima hal yang harus diperhatikan untuk lomba Agustusan seru. Agar perlombaan berjalan lancar, pastikan peralatan yang digunakan memiliki kualitas baik seperti tali rafia dari Laksana Mas Agung. Klik di sini untuk dapatkan informasi lebih lanjut mengenai berbagai produk tali rafia Laksana Mas Agung!