Punya Bisnis Online? Yuk, Simak Tips Packing Barang Berikut!

22 September 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1666953622.jpg
Sebagai pemilik bisnis online, kamu pasti sering dihadapkan dengan biaya packing barang yang mahal. Di satu sisi, kamu tidak ingin merugi, namun di sisi lain, konsumen ogah beli kalau kamu memasang harga terlalu tinggi. Tenang saja, masalah tersebut masih bisa diatasi dengan cara packing barang yang tepay.
Para pelaku bisnis online sering kali tidak cermat ketika melakukan pengemasan. Alhasil, biaya packing yang dikeluarkan adi lebih mahal. Jadi, ada baiknya kamu mempelajari bagaimana cara packing barang yang benar agar tidak mengeluarkan biaya terlalu besar untuk mengemas barang. Mari simak tips lengkapnya berikut ini.

1. Sesuaikan dengan jenis barang
Tidak semua barang bisa dikemas dengan cara yang sama. Beda jenisnya, maka beda pula cara mengemasnya. Pada jenis barang mudah pecah, kamu mungkin perlu mengemasnya menggunakan bubble wrap yang lebih tebal. Sedangkan untuk pesanan berisi cairan, kamu harus memastikan kalau wadahnya tidak mudah bocor, dan lain sebagainya.
Lalu soal ukuran kemasan, jika barang yang perlu dikirim ukurannya kecil, jangan pernah kemas dengan wadah yang terlalu besar, sesuaikan saja dengan ukuran barangnya. Sebab, kalau kamu menggunakan wadah yang terlalu besar untuk barang kecil, nantinya akan banyak tersedia ruang kosong yang justru membuat kamu harus menambahkan lebih banyak bantalan. Alhasil, biaya packing jadi lebih mahal, deh.

2. Gunakan pembungkus berlapis
Kalau produk bisnis online-mu tergolong rawan pecah, mudah penyok, atau termasuk barang elektronik, sebaiknya gunakan pembungkus berlapis. Kamu bisa menggunakan dua lapis kardus dengan bubble wrap di setiap kardus atau bahkan menggunakan peti kayu jika barang yang kamu kirim sangat sensitif terhadap guncangan. 
Untuk kardus pembungkus, pastikan juga kalau kardus yang kamu gunakan cukup kuat dan tidak mudah penyok. Untuk mengakalinya, jangan sisakan ruang kosong di dalam kardus agar tidak penyok ketika tertekan. Meskipun kelihatannya mahal, ini akan jauh lebih aman dan membuat barang yang kamu kirim bisa diterima dalam keadaan baik.

3. Manfaatkan stiker fragile
Kalau kamu mengira stiker fragile hanyalah stiker biasa, maka kamu salah. Kurir paket tentu tidak bisa mengetahui secara langsung barang apa yang terdapat di dalam kemasan. Oleh karena itu, stiker fragile diperlukan sebagai informasi tambahan agar kurir mengetahui isi paket dan lebih hati-hati dalam mendistribusikan paket yang kamu kirim. 
Biasanya, jasa pengiriman barang memiliki tanda barang mudah pecahnya masing-masing. Beritahu petugas apa isi paket dengan jelas, nantinya merekalah yang akan memberi stiker fragile pada paket yang kamu kirim.

4. Kemas dengan efisien
Untuk bisa melakukan ini, kamu harus menggunakan wadah packing yang sesuai dengan isi paket. Cobalah packing barang yang ingin dikirim menggunakan kardus dengan ukuran yang pas. Kamu mungkin berpikiran jika wadahnya semakin besar maka paket yang dikirim akan semakin aman, padahal yang terjadi tidak demikian. 
Wadah packing yang terlalu besar akan menyisakan lebih banyak ruang dan membuatnya mudah terguncang dan rentan untuk rusak ketika tertekan. Packing barang menggunakan pelapis yang tebal dan berat juga bisa membuat kamu harus membayar biaya packing lebih. Jadi sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu pembungkus mana yang paling sesuai untuk barang yang akan dikirim.

5. Tulis alamat pengiriman dengan jelas
Ketika mengirim paket, kamu harus lebih teliti saat menulis alamat pada paket yang ingin dikirim. Sebaiknya, gunakan kertas yang kontras agar alamat mudah terlihat dan terbaca. Kamu juga bisa menambahkan lakban pada bagian keterangan alamat agar tidak mudah robek atau luntur ketika terkena hujan dan cairan lain.

6. Tambahkan tali rafia
Jika kamu ternyata harus mengirim barang yang cukup besar atau berat, maka tali rafia perlu digunakan agar barang menjadi lebih mudah untuk dipindahkan. Kamu juga perlu memastikan kalau tali rafia yang digunakan memiliki kualitas tinggi, tidak berserabut dan tidak mudah putus. Dengan begitu, tali rafia bisa tetap digunakan selama paket dalam pengiriman.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa melihat katalog produk tali rafia dari Laksana Mas Agung. Dengan menggunakan teknologi tinggi, tali rafia yang dijual memiliki warna yang lebih cerah, ramah lingkungan, dan jauh lebih kuat dari kebanyakan tali rafia lainnya. Selain memudahkan pemindahan paket bisnis online milikmu, penggunaan tali rafia dari Laksana Mas Agung juga akan membuat paket terlihat profesional dan eksklusif.