Raih Untung dengan Tali Rafia, Bagaimana Caranya?

31 Agustus 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1666954781.jpg

Saat ini membuka bisnis sendiri sangat menggiurkan. Tidak perlu repot-repot memikirkan usaha apa, kamu bahkan bisa memulainya dengan mengubah tali rafia menjadi kerajinan lain. Dibutuhkan kreatifitas untuk menghasilkan kerajinan yang unik dan bermanfaat. Ajaibnya, hasil kerajinan tersebut bisa dihargai dengan harga mahal meski dengan modal yang sedikit. Apakah kamu tertarik? Berikut ini beberapa kerajinan yang bisa kamu buat menggunakan tali rafia.

Kerajinan tali rafia

Dalam membuat kerajinan tali rafia diperlukan kreatifitas serta ketelitian saat membuatnya. Selain itu, kerajinan yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari pun memiliki nilai tambah dan dapat menaikkan daya beli dari konsumen. Kamu juga bisa memberikan inovasi dari kebutuhan sehari-hari konsumen dalam hal kerajinan ini.

Contoh kerajinan tali rafia yang dibuat berdasarkan kebutuhan sehari-hari konsumen misalnya kemoceng. Alat ini berfungsi untuk menghilangkan atau menyapu debu yang menempel pada lantai, dinding, dekorasi, dan berbagai permukaan yang berdebu. Selain itu, ada juga kerajinan seperti topi yang terbuat dari tali rafia yang berguna untuk menghindari cuaca panas saat sedang berpergian. Selain inovatif, topi yang terbuat dari tali rafia juga tergolong unik, lho.

Selanjutnya, masih terdapat banyak sekali kerajinan yang bisa dibuat menggunakan tali rafia, di antaranya keset, alas piring, dan tikar. Hal ini membuktikan bahwa kerajinan tangan tidak semata-mata sebagai hiasan rumah saja, tapi juga memiliki fungsi yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Tali rafia bisa jadi tikar lipat

Sebelumnya dijelaskan bahwa tali rafia bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan seperti tikar, ada kisah nyata seseorang yang sukses menjalankan bisnis dengan menjual tikar hasil kerajinan tangan yang dibuat menggunakan tali rafia.

Dilansir dari Tribun News, salah seorang warga Lamongan yang bernama Miftahul Ulum sukses menjual produk kerajinan tangan yang berupa tikar lipat anyam. Pada awalnya, Ulum membuat tikar hanya untuk mengisi waktu kosong dan memanfaatkan peralatan peninggalan usaha sarung milik neneknya.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat tikar lipat anyam ini adalah tali rafia dan nilon. Selanjutnya, kedua bahan tersebut dianyam menggunakan alat tenun yang dilakukan secara manual. Dari hasil kreasi kerajinan tangannya itu, Miftahul berhasil memperoleh laba sebesar Rp50 juta setiap bulannya.

Selanjutnya, dilansir dari Bappeda Jatim, seorang pengusaha asal Lamongan yang bernama Haji Badri berhasil menyerap 2000 pekerja sebagai karyawan produsen tikar lipat anyam yang telah berdiri sejak tahun 1992 itu.

Bahan baku yang digunakan untuk memproduksi tikar adalah benang PP dan tali rafia. Menurutnya, mendapatkan tali rafia begitu mudah. Sehingga, ia tidak perlu pusing dalam menambah pasokan tali rafia untuk kebutuhan produksi. Selain itu, tikar yang dijual juga memiliki berbagai macam motif. Hal tersebut turut meningkatkan minat konsumen untuk membelinya.

Sebagai seorang pengusaha, kamu tidak hanya mendapatkan keuntungan melalui penjualan saja. Hal penting lainnya adalah kamu mampu membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain dan membantu perekonomian mereka hanya dengan pengolahan limbah plastik yang seharusnya dibuang.

Pastikan menggunakan tali rafia berkualitas baik!

Terdapat berbagai macam aspek yang dapat mempengaruhi nilai jual suatu produk, di antaranya seperti fungsi, keunikan, hingga kualitas bahan baku. Produk yang memiliki bahan baku berkualitas tentunya memiliki daya tahan yang sangat baik serta memberikan kenyamanan bagi para pemakainya.

Tali rafia merupakan produk yang berasal dari sampah plastik hasil daur ulang sehingga penting untuk memilih produk tali rafia yang berkualitas agar hasil kerajinan yang dibuat tidak cepat rusak dan bisa bertahan lama.

Jika kamu berencana untuk membuat bisnis dengan bahan baku tali rafia, sebaiknya gunakan produk dari Laksana Mas Agung yang terkenal akan tali rafia berkualitas. Laksana Mas Agung merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri penjualan tali rafia dengan kualitas terbaik.

Tali rafia Laksana Mas Agung tidak hanya berkualitas, tapi juga ramah lingkungan. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung kebersihan dan merawat lingkungan hidup agar tidak tercemar dengan sampah plastik yang sulit terurai. Selain itu, kekuatan dan daya tahannya juga bisa kamu peroleh dengan harga yang ekonomis.

 

Ada berbagai macam varian dari produk tali rafia Laksana Mas Agung yang bisa kamu jadikan sebagai bahan membuat kerajinan. Produk yang dijual di antaranya Tali Super yang memiliki enam macam warna, seperti merah, biru, kuning, hijau, ungu, dan oranye yang tersedia dalam dua ukuran 5 kg dan 10 kg. Adapun berbagai jenis tali lainnya seperti Tali Warna, Tali Gudang Beras, Tali Lonceng, dan sebagainya. Informasi lebih lanjut bisa kamu cek di laksanamas.co.id dan Instagram @laksanamas.