Sejarah Tali Rafia Berasal dari Jepang dan Disebut Rumput Jepang?

17 Juni 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1666955046.png

Penggunaan tali dalam kehidupan kita pasti sudah begitu erat. Tali merupakan benda yang sangat bermanfaat untuk meringankan pekerjaan. Fungsi tali begitu banyak, baik untuk mengikat, menarik, bahkan mengangkat barang. Ada bermacam-macam tali yang bisa kamu temukan di pasaran. Salah satu yang bisa kita dapati dengan mudah adalah tali rafia.

Tali rafia adalah tali serbaguna yang terbuat dari plastik. Sangat mudah ditemukan dan juga memiliki harga yang relatif murah! Lalu, bagaimana sejarah kemunculan tali rafia? Seperti apa penggunaan tali di masa lalu? Simak penjelasannya di bawah ini!

Penggunaan tali pada masa lampau

Ada beberapa pendapat para ahli mengenai bagaimana orang-orang di masa lalu menggunakan tali. Pendapat yang pertama datang dari Shaker pada 1983. Ia beranggapan bahwa orang-orang Mesir adalah orang pertama yang menggunakan tali. Perkiraannya, orang Mesir menggunakan tali pada 5000 tahun yang lalu.

Pendapat kedua datang dari Takjoedin pada 1981. Ia mengemukakan bahwa orang Yunani pada zaman pra sejarah sudah membuat dan menggunakan tali. Pada 1987, Steven Ashton, seorang ahli sejarah mengatakan bahwa tali pertama digunakan saat melakukan pendakian. Tali tersebut terbuat dari serabut tanaman hemp. Kemudian setelah Perang Dunia II, tali Hawser Laid diperkenalkan.

Sejak zaman purba, diperkirakan sudah ada penggunaan tali temali untuk memburu, mengikat, mengangkat, serta memanjat. Perkiraannya, tali tersebut diciptakan dari serat tumbuhan yang dianyam. Di China sendiri, penggunaan tali dari hemp sudah terjadi sejak 2800 sebelum masehi. Setelah itu, penggunaan tali mulai menyebar ke seluruh benua.

Pada akhir 1700-an, beberapa mesin pembuat tali mulai disempurnakan. Semakin berkembangnya zaman, tali pun dibuat dengan teknologi yang lebih modern. Pada 1950-an, orang-orang sudah bisa membuat tali dari bahan nilon. Tali dengan bahan ini menjadi populer dan banyak dicari.

Saat perang terjadi, produksi tali dengan serat sintetis semakin banyak. Akhirnya, tali yang dibuat dari tanaman semakin tergeser dan berkurang. Namun, saat Perang Dunia II berakhir, tali dari nilon menjadi langka. Pasalnya, pasukan militer banyak menggunakan tali tersebut, padahal bahannya sulit didapat.

Mengenal tali rafia

Seperti yang sudah sempat disampaikan sebelumnya, tali rafia adalah tali yang terbuat dari plastik. Tali ini tidak mudah putus dan populer karena kegunaanya. Biasanya, tali rafia hadir dalam berbagai warna. Orang-orang biasanya menggunakan rafia untuk mengikat barang yang ringan, menjahit karung, bahkan untuk membuat kerajinan tangan.

Kerajinan tangan dari tali rafia pun bisa bermacam-macam. Berbentuk tas, dompet, topi, vas bunga, dan masih banyak lagi. Kerajinan ini tentunya bisa kamu gunakan untuk menambah penghasilan jika perlu. Kamu bisa membuat sendiri kerajinan tangan dari tali rafia dengan barang-barang yang mudah didapat.

Selain banyak kegunaan, tali rafia juga hadir dengan harga yang ekonomis. Maka dari itu, banyak orang lebih mengandalkan tali rafia dibanding tali yang lain. Kekuatannya dalam mengikat benda-benda pun tak usah dikhawatirkan lagi. Tali rafia yang berkualitas pasti tidak akan mudah putus.

Sejarah tali rafia, benarkah disebut rumput Jepang?

Tak banyak orang yang mengetahui sejarah tali rafia. Ada beberapa orang yang menyebutkan bahwa tali rafia dulu disebut rumput Jepang. Pada saat zaman penjajahan Jepang, beberapa orang di Kalimantan menyebut tali rafia ini sebagai rumput Jepang. Meskipun tidak diketahui alasan pasti mengapa disebut demikian, namun itulah fakta yang ada.

Dapatkan tali rafia berkualitas di Laksana Mas Agung

Bagi yang sedang mencari tali rafia dengan berbagai warna dan tentunya berkualitas, kamu bisa membelinya di Laksana Mas Agung. Laksana Mas Agung berdiri sejak 1970 silam dengan nama awal UD. Lim.

Saat itu, perusahaan menjual barang-barang yang terbuat dari plastik. Seiring berjalannya waktu, berkembanglah perusahaan menjadi PT Laksana Mas Agung pada 2018. Laksana Mas Agung menggunakan teknologi yang maju untuk memproduksi barang-barang terbaik, termasuk tali rafia berkualitas tinggi.

Tali rafia yang dijual terdiri dari berbagai macam jenis dan juga warna. Ada tali super dengan pilihan enam warna, tali warna dengan pilihan empat warna, tali abu-abu, tali putih, tali silver, dan tali hitam. Laksana Mas Agung masih memiliki banyak pilihan tali rafia lainnya. Jika kamu tertarik, segera hubungi Laksana Mas Agung lewat WhatsApp 0813 8888 4099 atau follow Instagram @Laksanamas!