Simpel, Cara Mengikat Es Batu Pakai Tali Rafia!

01 November 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667289955.jpg

Es batu adalah komponen penting untuk membuat minuman dingin secara instan, di siang hari ketika udara sedang sangat panas, minuman dingin memang jadi solusi terbaik untuk mengatasinya. Daripada ribet beli ke warung setiap ingin membuat minuman dingin, lebih baik kamu membuat stok es batu sendiri di rumah. Caranya mudah, kok!

Enggak perlu beli cetakan mahal atau menggunakan peralatan yang ribet, bermodalkan plastik es dan tali rafia, kamu sudah bisa membuat es batu sendiri dengan mudah. Kalau kamu berencana untuk membuat es batu sendiri di rumah, ini dia panduan lengkapnya, termasuk cara mengikat es batu pakai tali rafia!

Cara mengikat es batu dengan tali rafia

Cara membuat es batu sangatlah simpel. Tinggal tuangkan air ke wadah, lalu simpan di dalam freezer selama beberapa jam, maka jadilah es batu. Namun, supaya penyajiannya lebih mudah lagi, kamu bisa membuat es batu dengan ukuran satu kali pakai menggunakan plastik es yang diikat dengan tali rafia. Jadi, kamu pun lebih mudah menyajikan es batu sesuai kebutuhan.

Supaya air di dalam plastik tidak bocor, kamu bisa ikuti cara mengikat es batu pakai tali rafia berikut ini:

  1. Pertama, tuangkan air ke dalam plastik secukupnya, sisakan sedikit plastik di bagian atas.

  2. Kedua, ikat satu bagian tali rafia ke kaki meja, sedangkan bagian satunya akan digunakan untuk mengikat es batu

  3. Ketiga, bentangkan tali rafia tadi ke bagian atas plastik es batu, setelah itu lilitkan bagian belakang tali rafia ke depan dan putar kebagian atas.

  4. Keempat, jika tali rafia sudah melilit bagian atas es, tarik tali hingga plastik es lepas. Selesai.

Cara mengikat es batu tanpa karet tersebut bisa kamu terapkan untuk membuat es lilin, mengikat minyak curah, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Kegunaan lain tali rafia

Selain bisa digunakan untuk membantu kamu mengikat es batu tanpa karet, tali rafia juga punya banyak kegunaan lain yang bisa mempermudah kegiatan sehari-hari, seperti:

1. Untuk mengemas barang

Pindahan rumah yang perlu mengangkut banyak barang bawaan bisa diselesaikan dengan mudah menggunakan tali rafia. Penggunaan tali rafia sangat praktis sehingga kamu tidak perlu menggunakan alat tambahan. Cukup ikat tali rafia ke barang bawaan yang sudah dikemas, lalu sisakan sedikit untuk pegangan tangan, barang bawaan pun otomatis jadi lebih mudah untuk diangkat!

2. Untuk kerajinan tangan

Kalau kamu cukup kreatif untuk memanfaatkan barang-barang di sekitar, tali rafia juga bisa diubah menjadi kerajinan tangan yang memiliki berbagai kegunaan. Kamu bisa membuat dekorasi bonsai dari tali rafia, topi, tas, dan masih banyak lagi yang lainnya. Asalkan tali yang digunakan cukup kokoh dan memiliki warna menarik seperti tali rafia dari Laksana Mas Agung, maka kerajinan tangan yang dihasilkan pun akan terlihat lebih cantik dan unik.

3. Untuk menjahit karung beras

Ketika perlu mengirim barang menggunakan karung, bagian atasnya tentu perlu ditutup. Tali rafia biasanya banyak digunakan baik secara manual maupun otomatis untuk menjahit bagian atas karung. Dengan menjahit menggunakan tali rafia, karung pun menjadi aman, tapi tetap mudah untuk dibuka kembali.

4. Untuk berkebun

Kalau kamu hobi berkebun, tali rafia juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan di kebun. Mulai dari mengikat cangkokan, okulasi, sambung batang, hingga mengikat pot agar bisa digantung, semuanya memerlukan tali pengikat. Sifatnya yang kuat dengan harga terjangkau menjadikan tali rafia banyak dipilih untuk berbagai keperluan berkebun.


Meski tali rafia memiliki banyak manfaat seperti yang disebutkan sebelumnya, kamu juga perlu memastikan kalau tali yang digunakan tidak berbahaya untuk lingkungan. Untuk mendukung gerakan go green yang digalakkan pemerintah, kamu bisa menggunakan tali rafia dari Laksamana Mas Agung yang dibuat menggunakan bahan baku eco-friendly dan tidak merusak lingkungan. Selain itu, kekuatan tali rafia juga perlu diperhatikan agar hasil kreasi lebih awet dan tidak menghasilkan banyak limbah. Untuk pemesanan, kamu bisa klik di sini!