Step by Step Cara Membuat Kepang Tali Rafia yang Praktis

07 November 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667895628.jpg

Tali rafia sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis tali serbabisa yang kuat dan awet. Kamu bisa menggunakan tali rafia untuk berbagai keperluan, mulai dari keperluan dasar tali-menali sampai membuat kerajinan tangan atau karya seni.

Tali rafia terbuat dari bahan dasar plastik yang diolah dan dirajut dengan mesin untuk membuatnya menyatu menjadi seutas tali yang kuat. Penggunaan bahan dasar plastik membuat tali jenis ini lebih terjangkau, tapi bukan berarti berkualitas rendah.

Nah, meski tali rafia sudah cukup kuat, ada kalanya kamu perlu membuat kepang tali rafia. Dengan membuat kepang atau jalinan tali rafia, kamu bisa mendapatkan ukuran tali yang lebih tebal dan jelas lebih kuat untuk digunakan dalam keperluan tertentu. Teknik kepang tali rafia ini biasa digunakan untuk memperkuat jalinan tali. Sebagai contoh, untuk membawa benda berat atau mengikat benda besar, alangkah lebih baik jika kamu terlebih dahulu membuat kepang tali.

Mengepang tali pun relatif mudah, bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja. Ada beberapa teknik membuat kepang tali sesuai dengan kebutuhanmu. Yuk, simak cara membuat kepang tali rafia berikut ini!

Cara membuat kepang tali standar

Teknik kepangan pertama yang bisa kamu coba adalah kepang tali standar atau kepang tunggal. Pilih tali rafia dengan kualitas kuat dan kelenturan tinggi, seperti yang diproduksi oleh Laksana Mas Agung. Jika sudah, berikut cara membuat kepang tali standar dari tali rafia:

  1. Siapkan tali rafia Laksana Mas Agung jenis apa pun.
  2. Potong tali rafia sesuai dengan kebutuhan, atau biarkan menjuntai dan memotongnya setelah selesai.
  3. Buat simpul dengan menyelipkan dua ujung tali ke bagian tengah, salah satu sisi lebih tinggi.
  4. Masukkan salah satu ujung tali ke dalam simpul, misalnya dari sisi kanan melalui sisi kiri dengan gerakan dari atas ke bawah.
  5. Dengan demikian, simpul utama memiliki simpul yang lebih kecil di sisi kiri dan ujung tali di sisi kanan, bagian bawah simpul.
  6. Tekuk bagian atas simpul sampai menyilang di ujung bawah simpul asli.
  7. Buat persilangan di dekat kepang tali pertama, menuju ujung simpul yang tertutup.
  8. Masukkan ujung tali sisi kanan melalui lubang yang telah dibuat di langkah sebelumnya
  9. Pada tahap ini , seharusnya kamu sudah mendapatkan bentuk rantai kepang, ulangi langkah yang sama sepanjang tali.
  10. Lama-kelamaan, kepang akan terbentuk. Kamu perlu mengencangkannya untuk memastikan kepangan tersebut cukup kuat.

Cara membuat kepang 3 tali rafia

Berikutnya, teknik kepangan yang sering digunakan adalah kepang 3 tali. Teknik mengepang ini termasuk yang paling umum dan biasa digunakan dalam berbagai keperluan. Kamu mungkin sering melihatnya dalam kepang rambut anak sekolah. Teknik yang digunakan pun sama, caranya:

  1. Siapkan tiga utas tali rafia Laksana Mas Agung dengan panjang sama, bisa berbeda warna.
  2. Satukan salah satu ujung ketiga tali tersebut dan ikat menjadi satu dengan kencang.
  3. Untuk membantumu mengepang, ikatkan ujung tali yang sudah disatukan tersebut ke titik permanen, misalnya ke sebuah tiang.
  4. Setelahnya, luruskan ketiga utas tali. Pastikan ketiga utas tali berdampingan dan tidak tumpang tindih untuk posisi awal.
  5. Jika mau, kamu bisa melabeli setiap utas dengan tali A, tali B, atau tali C. Cara ini akan membantumu mengepang lebih mudah.
  6. Mulai dengan menyilangkan tali A di atas tali B yang berada di tengah. Jadi, urutannya berubah menjadi B, A, C.
  7. Selanjutnya, silangkan tali C ke atas tali A. Jadi, urutannya berubah menjadi B, C, A.
  8. Lakukan teknik tumpang tindih tersebut secara berulang, nantinya kamu akan mendapati pola kepangan terbentuk sampai ujung tali.
  9. Ikat ujung tali lainnya untuk mengamankan kepang 3 tali rafia tersebut

Cara membuat kepang 4 tali rafia

Teknik berikutnya yang bisa kamu coba adalah kepang 4 tali rafia. Cara kepang 4 tali rafia sedikit lebih lama, tapi seharusnya teknik dasar yang digunakan sama, jadi kamu nggak perlu bingung. Kepang empat utas tali juga dikenal sebagai jenis yang paling kuat. Caranya:

  1. Siapkan empat utas tali rafia Laksana Mas Agung dengan panjang sama, bisa berbeda warna.
  2. Satukan salah satu ujung keempat tali tersebut dan ikat menjadi satu dengan kencang.
  3. Jika mau, kamu bisa melabeli setiap utas dengan tali A, tali B, tali C, dan tali D. Cara ini akan membantumu mengepang lebih mudah.
  4. Silangkan tali C di atas tali B dan kembalikan ke posisi awal. Jadi, posisi awal tetap tali A, B, C, D, dengan posisi tali tengah sudah menyilang.
  5. Setelahnya, silangkan tali A di atas tali B, jadi posisi tali berubah B, A, C, D.
  6. Silangkan tali D di belakang tali C dan di atas tali A.
  7. Ambil tali C, silangkan di atas tali A, jangan silangkan tali D dengan tali B, jadi posisi tali berubah menjadi B, D, A, C.
  8. Ulangi pola yang sama. Di setiap awal putaran, kamu perlu memberi label urutan tali A, B, C, D yang baru..
  9. Lakukan langkah yang sama sampai setiap ujung tali terkepang penuh.

 

Nah, itu dia beberapa cara membuat kepang tali. Kamu bisa memilih jenis kepang sesuai dengan kebutuhan. Apa pun jenis kepang tali rafia yang kamu buat, pastikan kamu menggunakan tali rafia yang memang berkualitas kuat, seperti produk dari Laksana Mas Agung.

Bahkan Laksana Mas Agung juga menyediakan tali rafia dengan beragam jenis, warna, dan ukuran yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Tenang saja, kini tali rafia Laksana Mas Agung bisa didapatkan di ShopeeTokopedia dan juga kontak langsung melalui WhatsApp.