Tak Perlu Beli, Begini Cara Membuat Terompet Tahun Baru Sendiri!

15 Desember 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1671180607.jpg

Meniup terompet sudah menjadi salah satu bentuk perayaan tahun baru yang dilakukan oleh sebagian besar orang setiap tahunnya. Bermula dari tradisi orang Yahudi, kini meniup terompet sudah melekat sebagai salah satu cara asyik merayakan tahun baru.

Tradisi meniup terompet tahun baru di tanah air tak ubahnya seperti memainkan alat musik tiup, misalnya sarunai bagi budaya Banjar. Nah, kalau mau meniup terompet tahun ini, kamu tak harus beli baru. Yuk, bikin sendiri dengan cara berikut ini!

Asal mula tradisi tiup terompet saat tahun baru

Berbeda dari sejumlah negara Asia lainnya seperti Jepang, Korea, dan Cina yang mengunjungi tempat ibadah untuk berdoa menjelang tahun baru, masyarakat Indonesia punya tradisi meniup terompet saat menyambut pergantian tahun.

Tradisi tiup terompet tahun baru sebetulnya merupakan budaya masyarakat Yahudi. Terompet sendiri termasuk jenis alat musik yang diperkirakan sudah ada sejak tahun 1500 sebelum Masehi yang kini masih digunakan, khususnya saat tahun baru.

Meski banyak orang yang berjualan terompet menjelang tahun baru, membuatnya sendiri di rumah bisa lebih hemat dan memastikan kebersihan terompet terjamin. Khususnya di masa-masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kamu perlu lebih ekstra dalam memperhatikan kualitas dan kebersihan terompet yang akan ditiup saat tahun baru. Kalau dibikin sendiri menggunakan alat dan bahan yang kamu ketahui, melakukan tradisi tiup terompet saat tahun baru akan lebih aman.

Cara membuat terompet tahun baru

Terompet terdiri dari banyak jenis, model, warna, dan suara—tergantung harga dan kualitasnya. Buat kamu yang malas untuk keluar rumah membeli terompet, coba bikin terompet sendiri di rumah. Mulailah dengan mencari dan menentukan gambar terompet tahun baru terlebih dahulu. Jika sudah tahu mau bikin terompet plastik tahun baru seperti apa, kamu bisa mulai menyiapkan berbagai alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya.

Biasanya, terompet terbuat dari kertas dimensi dan karton sehingga mudah dicari dan harganya murah. Aktivitas ini cocok sekali dilakukan di rumah, apalagi kalau kamu lagi mencari aktivitas seru untuk dilakukan bersama keluarga. Membuat terompet tahun baru di rumah bisa menjadi opsi yang menarik karena tidak sulit. Alat, bahan, cara membuatnya juga mudah dan tidak merepotkan. Simak cara membuat terompet tahun baru berikut ini.

Alat dan bahan

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat terompet tahun baru sangat simple, yaitu: 

  • Botol plastik kemasan minuman

  • Balon karet

  • Karet gelang

  • Gunting

  • Selotip bening dan hitam 

  • Karton atau kertas kado

  • Tali rafia warna-warni untuk menghias terompet

Langkah pembuatan

Setelah menyiapkan alat dan bahan di atas, lakukan langkah-langkah pembuatan berikut:

  1. Potong bagian tengah botol plastik kemasan hingga terbelah menjadi dua;

  2. Di bagian bawah botol, buatlah lubang berukuran dua kali lipat ukuran mulut botol;

  3. Pada bagian botol yang sudah diberi lubang, masukkan mulut botol, lalu sejajarkan;

  4. Gunakan selembar plastik untuk menutup lubang di bagian bawah botol dan mulut botol;

  5. Bisa juga dengan balon tiup (harus tertutup erat pada dasar dan mulut botol);

  6. Lanjutkan dengan menggunakan karet gelang untuk mengikat lembaran plastik atau balon tiup; 

  7. Gunakan selotip bening untuk menutup celah botol plastik;

  8. Pastikan tidak ada celah agar bunyi terompet tidak terganggu;

  9. Terakhir, hias terompet menggunakan tali rafia untuk mempercantik terompet kamu.

 

Demikian ulasan tentang cara membuat terompet tahun baru yang bisa kamu lakukan di rumah. Tradisi tiup terompet saat tahun baru memang bukan berasal dari Indonesia, tapi tidak ada salahnya kamu lakukan untuk memeriahkan suasana. Akan semakin meriah kalau kamu pakai terompet buatan sendiri dengan menyiapkan bahan-bahan dan melakukan cara pembuatan di atas.

Terompet buatan sendiri juga akan semakin menarik kalau dihias menggunakan tali rafia Laksana Mas Agung. Tali rafia dari Laksana Mas Agung menawarkan kualitas lokal terbaik karena diproduksi menggunakan teknologi canggih dan ramah lingkungan. Langsung saja klik di sini dan dapatkan produk tali rafia Laksana Mas Agung yang kamu butuhkan untuk membuat terompet tahun baru!