Tali Rafia, Apa Saja Manfaatnya?

17 Agustus 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1666953956.jpg

Tali ada beragam jenisnya di dunia ini. Salah satu tali yang mudah diperoleh dan sering digunakan adalah tali rafia. Berbahan dasar plastik, tali rafia memiliki proses pembuatan yang relatif lebih mudah dan cukup awet untuk digunakan sehari-hari. Namun, sebelum beranjak pada penjelasan lengkap seputar tali rafia, ketahui dahulu apa sebenarnya yang disebut sebagai tali.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tali adalah barang berutas-utas panjang dan terbuat dari berbagai bahan, mulai dari sabut kelapa, ijuk, plastik, dan lainnya. Ada beberapa jenis tali yang dipintal, tapi ada juga yang tidak. Fungsi dasar dari tali adalah untuk mengikat, menarik, mengebat, dan sebagainya.

Kenalan dengan tali rafia

Tali rafia merupakan salah satu jenis tali yang ada di dunia ini. Terbuat dari bahan dasar plastik, tali rafia sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Tak seperti tali-tali lainnya yang umumnya hanya tersedia dalam satu warna saja, tali rafia bahkan punya beragam pilihan warna, seperti putih, hitam, biru, kuning, hijau, abu-abu, dan masih banyak lagi lainnya.

Tali rafia juga terbagi dalam beberapa ukuran yang akan memengaruhi harga jualnya. Selain itu, kualitas tali rafia juga berpengaruh terhadap harganya. Tali rafia yang bermutu baik biasanya tidak akan memiliki tekstur berserabut. Sementara itu, rafia yang mutunya kurang baik akan menghasilkan serabut-serabut kecil pada permukaannya.

Manfaat tali rafia apa saja, sih?

Sebagai salah satu jenis tali yang terbuat dari bahan dasar plastik, tali rafia punya berbagai kegunaan, di antaranya untuk membuat kerajinan, mengikat, dan menarik barang. Bagaimana maksudnya? Nah, berikut penjelasan lengkapnya!

1. Membuat kerajinan

Manfaat tali rafia yang pertama adalah untuk membuat kerajinan. Ada berbagai macam jenis kerajinan yang bisa dibuat dari tali rafia, misalnya tikar anyaman hingga pom-pom yang biasanya digunakan untuk persyaratan Masa Orientasi Siswa (MOS) saat awal masuk ke jenjang pendidikan baru.

2. Mengikat barang

Selain dipakai sebagai bahan membuat kerajinan, manfaat tali rafia berikutnya adalah untuk mengikat barang. Anda pasti sering menjumpai kotak kardus berisi oleh-oleh atau barang apa pun, yang kemudian dibebat dengan tali rafia agar mudah ditenteng. Tali rafia juga bisa digunakan untuk mengikat barang yang akan dibawa menggunakan kendaraan bermotor.

Mengolah sampah plastik menjadi tali rafia

Dibuat dengan bahan dasar plastik, tali rafia ternyata sangat berkontribusi dalam pelestarian lingkungan, lho! Bagaimana bisa? Proses pembuatan tali rafia dilakukan dengan cara menghancurkan limbah berbahan plastik. Proses ini kemudian berlanjut hingga tali rafia bisa menjadi gulungan yang akan diedarkan ke berbagai kios dan rumah tangga.

Seperti yang kita ketahui bersama, sampah plastik merupakan limbah yang paling sulit untuk diuraikan. Ironisnya, kini sampah plastik masih menjadi persoalan yang cukup serius, khususnya di Indonesia. Maka, pembuatan tali rafia yang dilakukan dengan mendaur ulang sampah plastik tersebut menjadi sejalan dengan upaya pelestarian lingkungan.

Bisa dipilih sesuai warna

Selain unggul pada segi penyelamatan lingkungan lewat daur ulang limbah plastik, tali rafia juga tersedia dalam berbagai pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Beragam pilihan yang tersedia ini tentu membuat pemakainya bisa memilih sesuai dengan warna barang atau kerajinan yang ingin dihasilkannya.

Anda bisa memilih tali rafia berwarna putih atau hitam untuk membebat barang. Dua pilihan warna tersebut cenderung lebih netral dibandingkan dengan warna lainnya, seperti merah, hijau, kuning, dan biru. Sementara itu, untuk menghasilkan kerajinan yang menarik, Anda bisa memilih warna-warna yang mencolok tersebut.

Itulah penjelasan lengkap seputar tali rafia berikut manfaatnya. Ternyata, tak hanya bisa jadi pengikat barang dan bahan dasar kerajinan, tali rafia juga berperan penting dalam upaya pelestarian lingkungan, sebab proses pembuatannya dilakukan dengan cara mendaur ulang limbah plastik.

Dapatkan tali rafia berkualitas unggul yang tersedia dalam berbagai macam pilihan di Laksana Mas Agung. Informasi selengkapnya seputar produk tali rafia, kunjungi media sosial TikTok, Instagram, YouTube, dan Facebook Laksana Mas Agung. Anda juga bisa berkonsultasi langsung ke kontak WhatsApp melalui nomor +62 813 8888 4099.