Tips Mudah Mengelola Persediaan Barang Dagang untuk Usahamu

22 September 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1695369948.jpg

Salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis manajemen persediaan barang dagang yang baik. Sebab, dengan persediaan barang yang terorganisir, maka proses transaksi lain akan berjalan dengan lancar. Bagaimana cara mengelolanya dengan tepat? Yuk, kita simak bersama penjelasan lengkap tentang manajemen persediaan barang yang praktis di sini!

Pengertian Persediaan Barang Dagang

Persediaan barang dagang juga sering diketahui sebagai merchandise inventory, inventaris barang atau stok dagang yang merupakan sekumpulan persediaan produk untuk periode tertentu. Istilah ini tentunya sudah cukup umum dalam dunia bisnis. Jadi, kalau ingin memulai usaha, kamu wajib memahami pengelolaan persediaan ini.

Persediaan produk ini merupakan aset moneter yang memerlukan berbagai langkah pengelolaan, mulai dari manajemen pengadaan, penyimpanan, hingga penggunaan yang optimal. Dengan demikian, stok untuk pelanggan bisa selalu tersedia dan sesuai dengan standar. Di saat yang sama, ketersediaan ini tidak boleh menyebabkan over budget.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Pembukuan Warung Sembako yang Tepat!

Manfaat dari Mengelola Persediaan Barang Dagang

Memenuhi permintaan pelanggan adalah hal yang paling utama, terlepas dari jenis usaha yang kamu jalankan. Dengan pengelolaan yang baik, kamu bisa mendistribusikan produk kepada pelanggan dengan tepat waktu. Apabila, produk yang diterima telat, maka ada kemungkinan kamu justru akan mendapatkan ulasan negatif yang bisa berdampak pada kerugian penjualan.

Persediaan barang dagang memungkinkan kamu untuk melakukan pengelolaan biaya produksi dengan lebih efisien. Dengan begitu, kamu dapat memantau dan mengendalikan pengeluaran terkait bahan baku dan proses produksi. Selain itu, dalam mengelola bahan baku tersebut, kamu juga bisa mengidentifikasi apakah penyimpanan bahannya memerlukan perawatan tambahan. Maka dari itu, kamu sudah tahu dengan jelas berapa biaya produksi hingga penyimpanannya dengan rinci.

Selain berdampak positif pada ulasan pelanggan dan biaya produksi atau penyimpanan, pengelolaan stok dagang juga bisa membantumu dalam menyusun strategi penjualan. Misal, produk A ternyata stoknya masih banyak sedangkan periode penyimpanannya sudah melebihi target. Maka, dapat disimpulkan bahwa kamu memerlukan strategi baru untuk produk A tersebut, seperti pengembangan kualitas produk ataupun pengembangan strategi marketing.

Contoh manfaat lain dari pengelolaan persediaan barang dagang sering muncul pada usaha dagang produk Fast-Moving Consumer Goods (FMCG). Dalam ranah FMC efisiensi operasional dagang sangat penting karena perputaran stoknya sangat cepat. Apalagi, produk FMCG seringkali memiliki batas kadaluarsa yang cukup cepat. Dengan pengelolaan stok yang rutin, maka kamu bisa mencermati kualitas produk yang layak diterima pelanggan.

Cara Mengelola Persediaan Barang Dagang

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dalam mengelola persediaan barang dagang adalah mengetahui jenis barang yang akan kamu jual. Misalkan, barang mentah atau barang jadi tentunya membutuhkan perawatan dan pengelolaan yang berbeda, kan?

Setelah itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah perputaran stoknya agar kamu dapat memahamai tren pasar dan pola permintaan customer dengan efektif. Kamu bisa catat perputaran stok secara khusus di buku persediaan barang. Namun, .saat ini sudah banyak metode pencatatan persediaan barang dagang yang canggih. Contohnya melalui aplikasi atau software, seperti Zoho Inventory, Odoo, dan banyak lagi.

Kemudian, setelah memahami persediaan barang dan tren terkini, kamu dapat mengakumulasi apa barang yang harus kamu pesan dan kapan saja kamu harus memesan barang tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi biaya operasi dan pengeluaran untuk persediaan yang tidak perlu.

Tips Mengelola Persediaan Barang Dagang

Selain cara dan langkah di atas, ada beberapa tips mengelola stok dagang yang juga wajib kamu cermati supaya pengelolaan stok dagangan semakin terorganisir. Pertama, pastikan kamu mempunyai jurnal penyesuaian persediaan barang dagang. Dalma jurnal tersebut, selalu utamakan produk-produk yang sedang high demand dan stabil sehingga tidak overstocking. Selain itu, pastikan kamu menjaga komunikasi dengan pemasok dan usahakan dapat negosiasi harga yang menguntungkan.

Kesimpulan

Jadi, dapat disimpulkan bahwa mengelola stok dagang merupakan aspek vital dalam mensukseskan usaha dagang Anda. Pasalnya, pemahaman mendalam terkait pengelolaan ini bisa memberikanmu banyak manfaat sebagai pelaku usaha, mulai dari menjaga kepuasan pelanggan hingga penerapan strategi bisnis. Oleh sebab itu, wajib bagi kamu untuk terus mengelola stok secara rutin.

Baca Juga: Yuk, Menata Warung Sembako Kecil dengan 8 Tips Ini untuk Menarik Pembeli!

Dengan demikian, pastikan lakukan pengelolaan persediaan barang dagang dengan cermat, mulai dari menjaga stok hingga komunikasi dengan pemasok. Kalau kamu memiliki usaha dagang berupa alat atau keperluan dekorasi seperti tali, kamu bisa bergabung dengan pemasok terpercaya dan produk berkualitas, contohnya partnership Laksana Mas Agung (LMA). Dengan begitu, kamu berkesempatan mendapatkan harga khusus supaya usaha dagang lebih untung.