Variasi Cara Membuat Kalung dari Tali untuk Prakarya

07 November 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1667895161.jpg

Kreativitas memang tidak ada habisnya. Ketika melihat sesuatu yang menginspirasi, jiwa-jiwa kreatif seperti kamu sudah gatal untuk menciptakan sesuatu. Sejumlah produk mungkin sudah pernah kamu buat, termasuk salah satunya adalah kalung. Secara umum, kalung menjadi salah satu benda dasar yang bisa dikreasikan menjadi berbagai variasi, tentunya dengan sejumlah aksesoris unik dan cara membuat kalung yang berbeda.

Berbagai jenis aksesori bisa ditambahkan untuk menciptakan variasi kalung yang unik. Benda-benda sederhana yang biasa kita temukan di rumah bisa jadi sumber inspirasi. Pita, kancing, peniti, bahkan tali bisa jadi variasi unik dan jarang ditemukan di pasaran. Khusus buat kamu yang suka berkreasi unik, berikut ini cara membuat kalung dari tali yang bisa ditiru di rumah.

1. Kalung Kepang

Salah satu kreasi kalung tali yang bisa kamu coba adalah kalung kepang. Biasanya, kalung kepang terbuat dari berbagai jenis tali, mulai dari tali sepatu, tali benang sulam, hingga tali rafia warna-warni seperti yang diproduksi Laksana Mas Agung.

Kalung kepang dibuat dengan cara sederhana, yaitu menggabungkan tiga atau empat tali untuk dikepang menjadi satu bagian tali yang utuh. Untuk cara membuat kalung dari tali rafia ini, tali yang digunakan biasanya memiliki warna berbeda sehingga tercipta harmoni cantik dari paduan warna kepangan yang dibuat.

2. Kalung Kancing

Pada kreasi kalung satu ini, alat dan bahan yang kamu butuhkan adalah gunting, tali, dan kancing. Tali yang dipilih dapat berupa tali benang sulam atau tali nilon biasa. Pastikan tali yang dipakai dapat masuk ke dalam lubang kancing agar bisa dironce dan diikat sesuai keinginan. Bentuk dan ukuran kancing juga bisa kamu sesuaikan sendiri dengan selera. Urutan kancing bisa dari kecil hingga besar atau bisa juga dikombinasikan sesuai dengan warnanya.

3. Kalung Peniti

Bentuk peniti yang unik dan punya beragam ukuran membuatnya menjadi variasi kalung yang menarik. Saat ini, bahkan peniti memiliki sejumlah warna yang cantik. Untuk cara membuat kalung peniti bisa dibilang cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukkan tali ke dalam lubang peniti di bagian ujung bawah. Dengan susunan peniti yang sesuai serta bentuk dan warna yang harmonis, kalung pun akan terlihat cantik dan punya daya jual.

4. Kalung Pita

Apabila kamu berpikir bahwa kalung pita hanya diikat begitu saja, sepertinya kamu salah. Sebab, ada cara membuat kalung tali pita yang berbeda. Kalung pita bisa dibuat berlapis dengan cara menggabungkan beberapa pita dalam warna dan panjang yang berbeda.

Potonglah pita dengan panjang berbeda. Kemudian, susun pita dari pita terpendek hingga terpanjang. Ikat masing-masing ujung dengan tali yang berbeda untuk menjadi kalung yang siap dipakai.

5. Kalung Warna-Warni

Terakhir, cara membuat kalung tali yang unik adalah kalung warna-warni. Bahan kalung warna-warni bisa dari tali Rafia Super Laksana Mas Agung. Warna yang dimiliki tali rafia Super Laksana Mas Agung sangat berbeda sebab memiliki tampilan yang glossy, jarang ada di pasaran. Untuk cara membuat kalung dari tali rafia, kamu bisa menjalin tali warna-warni menjadi satu. Kamu juga dapat mempercantik kalung dengan menambah aksesoris liontin atau karakter dengan bahan akrilik.

 

Tali Super Laksana Mas Agung punya enam warna berbeda, yakni merah, hijau, kuning, ungu, oranye, dan biru. Setiap warna memiliki tampilan yang glossy sehingga cantik ketika dikombinasikan. Warna-warna glossy dari Tali Super Laksana Mas Agung pun awet dan tahan lama sehingga tetap cantik dipakai hingga bertahun-tahun lamanya.

Untuk mendapatkan Tali Rafia Super Laksana Mas Agung, kamu bisa mampir ke ShopeeTokopedia, serta bisa juga kontak langsung melalui WhatsApp. Jadi, cara membuat kalung tali mana yang ingin kamu coba?