Yuk, Menata Warung Sembako Kecil dengan 8 Tips Ini untuk Menarik Pembeli!

15 Maret 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1681293940.jpg

Sebagai pemilik warung sembako, kamu pasti ingin toko kamu ramai didatangi pembeli, kan? Kalau iya, salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menata warung kamu sedemikian rupa. Memangnya, benar bahwa menata warung sembako kecil itu bisa bikin pelanggan ingin balik lagi? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Kenapa Menata Warung Bisa Berpengaruh?

Menata warung sembako sempit ternyata sangat memengaruhi minat pembeli, lho! Sebab, tampilan atau visual toko yang terlihat lebih menarik dan rapi bisa membuat pelanggan belanja lagi di tempatmu. Ditambah lagi, produk-produk yang kamu jual biasanya berhubungan dengan makanan yang akan dikonsumsi. Sehingga, menjaga kebersihan dan kerapian tempat penjualan tentunya sangat penting.

Baca Juga: Mari Menghitung Modal Warung Sembako yang Kamu Butuhkan!

Cara Menata Warung Sembako Kecil

Tenang saja, cara menata warung sembako agar terlihat menarik itu mudah banget, kok. Kamu bisa ikuti delapan cara di bawah ini supaya tak kehilangan arah!

1. Kelompokkan barang sesuai jenis

Salah satu cara menata warung sembako kecil adalah dengan mengelompokkan barang sesuai jenisnya. Contohnya, satukan rak untuk mi instan, lalu susun mi rebus dan mi goreng menjadi dua bagian yang berbeda. Selain bisa terlihat lebih rapi, cara ini juga akan memudahkan pelanggan dalam menemukan produk yang dicari. Sehingga, ia makin nyaman saat berbelanja di tempatmu, deh!

2. Susun barang dengan rapi

Menyusun barang dengan rapi juga tak boleh kamu lewatkan. Percuma, kan, kalau sudah memisahkan barang sesuai jenis, tapi penataannya berantakan? Makanya, cobalah susun barang secara vertikal agar pembeli bisa melihat barang-barang tersebut dengan jelas. Bukan cuma itu, kamu juga bisa menggunakan rak display yang mendukung agar penataan barang bisa terlihat makin rapi.

3. Buat ruang untuk membentuk lorong

Cara menata warung sembako di rumah yang tak kalah penting adalah dengan membentuk lorong. Tujuannya antara lain supaya pembeli dapat bergerak dengan mudah, baik saat ingin memilih produk, membayar, maupun meninggalkan warung. Saat area ini tersedia, pastinya pelanggan juga makin nyaman untuk berbelanja di warung sembako kecil milikmu.

4. Pergunakan dinding

Memanfaatkan dinding yang kosong juga bisa menjadi salah satu cara menata warung sembako sempit. Kamu bisa menggantung atau meletakkan barang di rak dinding, asalkan bobot barang itu tidak terlalu berat. Misalnya, letakkan minuman atau perlengkapan mandi yang beratnya relatif ringan saat ditaruh di rak atau gantungan dinding.

5. Letakkan barang yang laris di dalam

Tips berikutnya yang juga wajib kamu terapkan adalah dengan meletakkan barang yang laris di dalam warung. Cara ini bertujuan agar pembeli bisa mengetahui bahwa warungmu juga menjual barang tersebut. Selain itu, hal ini juga jadi salah satu taktik agar barang-barang yang penjualannya kurang bagus bisa lebih cepat habis.

6. Menata barang yang mendekati kadaluarsa di depan

Salah satu kebiasaan pelanggan adalah mengambil barang yang letaknya berada paling depan atau yang paling mudah dijangkau. Oleh sebab itu, kamu bisa meletakkan barang-barang yang tanggal kadaluarsanya lebih cepat ke bagian paling depan. Tujuannya antara lain supaya barang tersebut cepat laku. Cara ini biasanya dipakai oleh berbagai minimarket yang menjual produk roti.

7. Siapkan gudang penyimpanan

Cara menata warung sembako di rumah yang berikutnya adalah dengan menyiapkan gudang penyimpanan khusus. Kenapa? Dengan memiliki ruang penyimpanan, kamu jadi tak perlu meletakkan semua barang dagangan di toko. Alhasil, toko jadi terlihat lebih rapi dan minimalis tanpa mengesampingkan kesan komplet yang warungmu punya.

8. Perhatikan penerangan yang cukup

Bayangkan, siapa yang suka berbelanja di tempat gelap? Tidak ada, kan? Makanya, penerangan yang cukup juga jadi salah satu tips menata warung sembako kecil yang harus kamu ikuti. Biar lebih maksimal, usahakan untuk memilih cat tembok berwarna terang sehingga kesan luas bakal makin terpancar di warung sembako milikmu. 

Baca Juga: Ingin Buka Toko Kelontong Kecil-kecilan? Simak 7 Tipsnya di Sini!

Menata warung sembako kecil ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan pemasukan bisnis, kan? Setelah tahu manfaat dan cara menata warung sembako sempit, jangan lupa untuk sediakan produk-produk dengan harga terjangkau, langsung dari produsennya.

Kalau berencana memasok tali rafia yang harganya bersaing dan punya kualitas oke, kamu bisa pilih Laksana Mas Agung, nih! Umur perusahaannya yang sudah puluhan tahun membuat penghasil tali rafia ini tak perlu kamu ragukan lagi kualitas dan harganya. Supaya informasi yang kamu dapat bisa lebih detail, cek produk tali rafia Laksana Mas Agung di Shopee dan Tokopedia. Kamu juga bisa mendapatkan harga khusus reseller dengan mendaftar sebagai mitra Laksana Mas Agung dengan daftar di sini!